PERLAKUAN BAIK ISTERI ATAS SUAMINYA
(وَيَنْبَغِيْ) أي يطلب لها (أَنْ تَعْرِفَ أَنَّهَا كَالْمَمْلُوْكَةِ) أي الأمة (لِلزَّوْجِ) وكالأسير العاجز في يد الرجل (فَلاَ تَتَصَرَّفُ) أي تنفق (فِيْ شَيْءٍ مِنْ مَالِهِ إِلاَّ بِإِذْنِهِ) أي الزوج (بَلْ قَالَ جَمَاعَةٌ مِنَ الْعُلَمَاءِ: إِنَّهَا لاَ تَتَصَرَّفُ أَيْضًا فِيْ مَالِهَا إِلاَّ بِإِذْنِهِ، لأَنَّهَا كَالْمَحْجُوْرَةِ لَهُ) أي إن المرأة لزوجها كالممنوع من تصرف المال لأجل الغرماء.
Seyogyanya
(sunah) seorang isteri mengetahui dan menempatkan dirinya seperti
seorang Amat (hamba sahaya perempuan) terhadap suaminya,atau seperti
tawanan dalam kekuasaan seseorang). Ia (isteri) tidak diperbolehkan
menafkahkan harta suaminya tanpa seizinnya.
Ulama
mengatakan : Bahkan seorang isteri tidak boleh mentashorufkan hartanya
sendiri kecuali atas izin suaminya,karena seorang isteri laksana orang
yang ditahan tashorufnya.
(وَيَجِبُ عَلَى
الْمَرْأَةِ دَوَامُ الْحَيَاءِ مِنْ زَوْجِهَا) وقلة المماراة له (وَغَضُّ
طَرْفِهَا) بسكون الراء أي خفض عينها (قُدَّامَه، وَالطَّاعَةُ) أي لزوجها
(لأَمْرِه، وَالسُّكُوْتُ عِنْدَ كَلاَمِه، وَالْقِيَامُ عِنْدَ
قُدُوْمِهِ) أي مجيئه من السفر (وَخُرُوْجِه) أي من المنزل، وإظهار الحب له
عند القرب، وإظهار السر عند الرؤية له (وَعَرْضُ نَفْسِهَا) أي إظهارها
(لَهُ) أي الزوج (عِنْدَ) إرادة (النَّوْمِ، والتَعَطُّرُ) أي طيب الرائحة
له (وَتَعَهُّدُهَا الْفَمَ) أي تجديد إصلاحه (بِالْمِسْكِ وَالطِّيْبِ)
ونظافة الثوب (وَدَوَامُ الزِّيْنَةِ بِحَضْرَتِه، وَتَرْكُهَا) أي الزينة
(عِنْدَ غَيْبَتِهِ) قال الأصمعي: رأيت في البادية إمرأةً عليها قميص
أحمرُ، وهي مختضبة، وبيدها سبحة، فقلت: “ما أبعد هذا من هذا ؟”، فقالت من
بحر الطويل:
ولله مني جانب لا أضيعه >< وللهو مني والبطالة جانب
Dan wajib kepada seorang isteri memelihara rasa malu terhadap suaminya,dan menundukkan kepala/meenurunkan pandangannya ketika berada didepan suami,dan menuruti semua perintah suami,dan diam ketika suami berbicara,dan berdiri serta menyambut ketika suami tiba dari perjalanan,Dan mengantarkan suami sampai pintu depan rumah ketika suami akan melaksanakan perjalanan,menampakkan sikap cinta ketika dekat suami,menyerahkan dirinya ketika suami hendak tidur,dan menggunakan wewangian/farfum ketika berhadapan dengan suami,selalu menjaga dan membersihkan mulutnya ketika akan berbicara dengan suami,dan mengenakan pakaian yang bersih ketika bersama suami,dan selalu berhias/mempercantik diri ketika bersama suami,dan meninggalkan berhias ketika suami sedang tidak berada dirumah/sedang bepergian,
فعلمت أنها امرأة صالحة
لها زوج تتزين له (وَتَرْكُ الْخِيَانَةِ لَهُ عِنْدَ غَيْبَتِهِ فِيْ
فِرَاشِهِ وَمَالِهِ) قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: {لاَ يَحِلُّ
لَهَا أَنْ تُطْعِمَ مِنْ بَيْتِهِ إِلاَّ بِإِذْنِهِ إِلاَّ الرَّطْبَ
مِنَ الطَّعَامِ الَّذِيْ يُخَافُ فَسَادُهُ، فَإِنْ أَطْعَمَتْ عَنْ
رِضَاهُ كاَنَ لَهَا مِثْلُ أَجْرِهِ، وَإِنْ أَطْعَمَتْ بِغَيْرِ إِذْنِهِ
كَانَ لَهُ الأَجْرُ وَعَلَيْهَا الوِزْرُ}. (وَإِكْرَامُ أَهْلِهِ) أي
الزوج (وَأَقَارِبِهِ) ولو بالكلام الجميل (وَرُؤْيَةُ الْقَلِيْلِ مِنْهُ)
أي الزوج (كَثِيْرًا) وقبولُ فعله بالشكر، ورؤيةُ حاله بالفضل (وَأَنْ لاَ
تَمْنَعَ نَفْسَهَا) منه (وَإِنْ كَانَتْ عَلَى ظَهْرِ قَتَبٍ) بفت القاف
والتاء أي سرج البعير، وذلك إذا كان التمتع مباحا، بخلاف غير المباح كوطء
حائض أو نفساء قبل لبغسل ولو بعد انقطاع الدم عند الشافعي رضي اللع عنه.
Dan tidak berkhianat kepada suaminya ketika suami sedang bepergian (menjaga farji/kehormatan serta harta suami).
Rosulullah
bersabda : "Tidak halal (haram),bagi seorang isteri memberikan makanan
dari rumah suaminya kecuali atas izinya dan kecuali memberikan makanan
yang tidak tahan lama (makanan akan terbuang mubadzir jika tidak di
berikan).Jika isteri memberikan/menshodaqohkannya dengan izin suami,maka
ia mendapat pahala seperti yang diberikan kepada suaminya,namun jika ia
memberikannya tanpa izin suaminya,maka suami mendapatkan pahala
sedangkan isteri akan mendapat dosa".
Selanjutnya yang
harus dilakukan isteri adalah,memuliakan keluarga dan kerabat
suami,walau hanya dengan bicara yang baik dan beradab.Pemberian suami
berapapun nilainya ia anggap besar karena rasa syukur.
Dan
tidak boleh menahan dirinya/melarang,mencegah suaminya untuk
bersenang-senang atas dirinya,walaupun ia sedang berada dalam punggung
unta,dengan catatan "tamattu" nya diperbolehkan agama.
Berbeda
jika dilarang agama seperti suami menginginkan senggama sedangkan
isteri dalam keadaan haidh atau nifas.Bahkan menurut Imam syafi'i r.a
walaupun darah haidh atau nifas itu telah berhenti namun belum mandi
besar
وقال ابن عباس رضي
الله عنهما، سمعت رسولَ الله صلى الله عليه وسلم: {لَوْ أَنَّ
امْرَأَةً جَعَلَتْ لَيْلَهَا قِيَامًا وَ نَهَارَهَا صِيَامًا وَ دَعَاهَا
زَوْجُهَا إِلَى فِرَاشِهِ وَ تَأَخَّرَتْ عَنْهُ سَاعَةً وَاحِدَةً
جَاءَتْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تُسْحَبُ بِالسَّلاَسِلِ وَ الأَغْلاَلِ مَعَ
الشَّيَاطِيْنَ إِلَىْ أَسْفَلِ السَّافِلِيْنَ}.
Ibnu
Abbas berkata : Aku mendengar Rosulullah bersabda : Dan bahwa
sesungguhnya jika ada seorang isteri yang seluruh malamnya ia gunakan
untuk tahajjud,dan siangnya ia berpuasa sunah,namun ketika suaminya
mengajak senggama ia mengakhirkan ajakan suaminya walau hanya satu saat
saja,maka (jika tidak bertaubat) pada hari qiamat ia akan datang dengan
digusur/di tarik dengan rantai dan seluruh badannya di belenggu,ia
bersama-sama golongan syetan menuju tempat paling bawah dari yang paling
bawah (neraka).
Na'udzu billahi min dzalika.
Wallahu A'lam
((semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya,walaupun ini ditujukan kepada isteri,namun sangat perlu diketahui juga oleh para suami agar dapat saling mengingatkan)).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar