واول التشاجر الذى ورد *** إن حضت فيه واجتنب داء الحسد
Takwilkanlah (dengan cara berhusnu zhon) terhadap perselisihan diantara
Sahabat bila engkau mengetahuinya, dan jauhkanlah sifat dengki kepada
mereka
√ Tuhfatul Murid 'Ala Jauharoh Tauhid - Syaikhul Islam Al-Imam Al-'Alim Al-'Allaamah Syeikh Ibrohim Al-Baijuriy ra.
Hamisyi nya oleh Al-Allaamah Syeikh Ahmad Al-Ajhuriy ra [Halaman 88-89]
--------------------------------
"Apa saja yang berlaku diantara para Sahabat Nabi, mereka tetaplah Sahabat dari orang yang sangat mulia dan kita tidak ada hak untuk menurunkan derajat kemuliaan mereka. Kalau pun ada sesuatu yang berlaku diantara mereka (tentang perselisihan dan perbedaan), maka biarlah itu urusan mereka dengan Allah Swt. Dan kita harus berhusnu zhon kepada mereka."
Inilah Aqidah Ahlussunnah Waljamaah, kita wajib berbaik sangka kepada Sahabat. Mereka adalah orang mulia yang senantiasa setia berjuang bersama Nabi dalam dakwahnya. Mengikuti sunnah Nabi tidak akan sempurna tanpa mengikuti sunnah Sahabatnya, karena salah satu sunnah Nabi adalah amalan dan perintah agar kita berpegang erat pada sunnah Ashabnya, khususnya 4 orang khalifah setelahnya.
Hal senada disampaikan oleh Syekh Ibnu Ruslan dalam nazhom Matan Zubad :
Apa yang berlaku diantara para Sahabat kita lebih baik diam dan menganggap itu adalah persoalan ijtihad (diantara mereka)
والله الموفق الى اقوام الطريق
قوله واول التشاجر الذى ورد لما ذكر ان صحبه صلى الله عليه
وسلم خير القرون. احتاج للجواب عما وقع بينهم من المنازعات الموهمة قد حافى
حقهم مع انهم لا يصرون على عمد المعاصى وان لم يكونوا معصومين، وقد وقع
تشاجر بين علي ومعاوية رضي الله عنهما، وقد افترقت الصحابة ثلاث فرق : فرقة
اجتهدت فظهر لها ان الحق مع علي فقاتلت معه. وفرقة اجتهدت فظهر لها ان
الحق مع معاوية فقاتلت معه. وفرقة وقفت.
وقد قال العلماء : المصيب باجرين والمخطىء باجر، وقد شهد الله ورسوله لهم بالعدالة.
والمراد من تأويل ذلك ان يصرف الى محمل حسن لتحسين الظن بهم فلم يخرج واحد منهم عن العدالة بما وقع بينهم لانهم مجتهدون.
وقوله إن حضت فيه اى قدر انك حضت فيه فأوله ولا تنقص أحدا منهم، وانما قال المصنف ذلك لان الشخص ليس مأمورا بالحوض فيما جرى بينهم فإنه ليس من العقائد الدينية ولا من القواعد الكلامية وليس بما ينتفع به فى الدين بل ربما ضر فى اليقين فلا يباح الحوض فيه الا للرد على المتعصبين او للتعليم كتدريس الكتب التى تشتمل على الآثار المتعلقة بذلك.
واما العوام فلا يجوز لهم الحوض فيه لشدة جهلهم وعدم معرفتهم بالتأويل.
قوله واجتنب داء الحسد أى واترك وجوبا فى حوضك فيما شجر بينهم،داء هو الحسد
dan seterusnya ...وقد قال العلماء : المصيب باجرين والمخطىء باجر، وقد شهد الله ورسوله لهم بالعدالة.
والمراد من تأويل ذلك ان يصرف الى محمل حسن لتحسين الظن بهم فلم يخرج واحد منهم عن العدالة بما وقع بينهم لانهم مجتهدون.
وقوله إن حضت فيه اى قدر انك حضت فيه فأوله ولا تنقص أحدا منهم، وانما قال المصنف ذلك لان الشخص ليس مأمورا بالحوض فيما جرى بينهم فإنه ليس من العقائد الدينية ولا من القواعد الكلامية وليس بما ينتفع به فى الدين بل ربما ضر فى اليقين فلا يباح الحوض فيه الا للرد على المتعصبين او للتعليم كتدريس الكتب التى تشتمل على الآثار المتعلقة بذلك.
واما العوام فلا يجوز لهم الحوض فيه لشدة جهلهم وعدم معرفتهم بالتأويل.
قوله واجتنب داء الحسد أى واترك وجوبا فى حوضك فيما شجر بينهم،داء هو الحسد
√ Tuhfatul Murid 'Ala Jauharoh Tauhid - Syaikhul Islam Al-Imam Al-'Alim Al-'Allaamah Syeikh Ibrohim Al-Baijuriy ra.
Hamisyi nya oleh Al-Allaamah Syeikh Ahmad Al-Ajhuriy ra [Halaman 88-89]
--------------------------------
"Apa saja yang berlaku diantara para Sahabat Nabi, mereka tetaplah Sahabat dari orang yang sangat mulia dan kita tidak ada hak untuk menurunkan derajat kemuliaan mereka. Kalau pun ada sesuatu yang berlaku diantara mereka (tentang perselisihan dan perbedaan), maka biarlah itu urusan mereka dengan Allah Swt. Dan kita harus berhusnu zhon kepada mereka."
Inilah Aqidah Ahlussunnah Waljamaah, kita wajib berbaik sangka kepada Sahabat. Mereka adalah orang mulia yang senantiasa setia berjuang bersama Nabi dalam dakwahnya. Mengikuti sunnah Nabi tidak akan sempurna tanpa mengikuti sunnah Sahabatnya, karena salah satu sunnah Nabi adalah amalan dan perintah agar kita berpegang erat pada sunnah Ashabnya, khususnya 4 orang khalifah setelahnya.
Hal senada disampaikan oleh Syekh Ibnu Ruslan dalam nazhom Matan Zubad :
وما جرى بين الصحابي نسكت * عنه واجر الاجتهاد نثبت
والله الموفق الى اقوام الطريق
Tidak ada komentar:
Posting Komentar