Semakin tinggi, semakin besar terpaan angin.
Semakin tinggi , semakin kurang kadar O2 nya
Akan teruji oleh seberapa kokoh akar menancap kebumi
Seberapa alot tempaan pada batang dan rantingnya.
Semakin tinggi , semakin kurang kadar O2 nya
Akan teruji oleh seberapa kokoh akar menancap kebumi
Seberapa alot tempaan pada batang dan rantingnya.
QS Ar-Ra’d Ayat 17
"Allah telah
menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah air di
lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang
mengambang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk
membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti buih arus
itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang
bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada
harganya; adapun yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap di
bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan".
Lihatlah proses EMAS
Dia dibakar dengan suhu api yang sangat tinggi/panas, untuk memisahkannya dari bahan campuran yang mengotorinya.
Ketika proses itu dilewati, tinggallah EMAS MURNI yang berkwalitas dan bernilai tinggi.
~ Tafsir Ibnu Katsir
وقوله : ( ومما يوقدون عليه في النار ) هذا هو المثل الثاني ، وهو ما يسبك في النار من ذهب أو فضة ( ابتغاء حلية ) أي : ليجعل حلية أو نحاسا أو حديدا ، فيجعل متاعا فإنه يعلوه زبد منه ، كما يعلو ذلك زبد منه . ( كذلك يضرب الله الحق والباطل ) أي : إذا اجتمعا لا ثبات للباطل ولا دوام له ، كما أن الزبد لا يثبت مع الماء ، ولا مع الذهب ونحوه مما يسبك في النار ، بل يذهب ويضمحل; ولهذا قال : ( فأما الزبد فيذهب جفاء ) أي : لا ينتفع به ، بل يتفرق ويتمزق ويذهب في جانبي الوادي ، ويعلق بالشجر وتنسفه الرياح . وكذلك خبث الذهب والفضة والحديد والنحاس يذهب ، لا يرجع منه شيء ، ولا يبقى إلا الماء وذلك الذهب ونحوه ينتفع به
~ Al-dha`u Al-muniru 'ala Al-tafsir
وقوله : (ومما يوقدون عليه في النار ابتغاء حلية أو متاع زبد مثله)
يعنى ان مما يوقدون عليه بنو آدم من الذهب والفضة والنحاس والحديد يخرج منه خبثه وهو الزبد الذى تلقيه النار وتخرجه من ذلك الجوهر بسبب مخالطتها فانه يقذف ويلقى به ويستقر الجوهر الخالص وحده.
Anugrahi kami ke-istiqomahan dalam meraih ridho-Mu, amin
QS Ar-Ra’d Ayat 17
أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَسَالَتْ أَوْدِيَةٌ بِقَدَرِهَا
فَاحْتَمَلَ السَّيْلُ زَبَدًا رَابِيًا ۚ وَمِمَّا يُوقِدُونَ عَلَيْهِ
فِي النَّارِ ابْتِغَاءَ حِلْيَةٍ أَوْ مَتَاعٍ زَبَدٌ مِثْلُهُ ۚ
كَذَٰلِكَ يَضْرِبُ اللَّهُ الْحَقَّ وَالْبَاطِلَ ۚ فَأَمَّا الزَّبَدُ
فَيَذْهَبُ جُفَاءً ۖ وَأَمَّا مَا يَنْفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِي
الْأَرْضِ ۚ كَذَٰلِكَ يَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ
Lihatlah proses EMAS
Dia dibakar dengan suhu api yang sangat tinggi/panas, untuk memisahkannya dari bahan campuran yang mengotorinya.
Ketika proses itu dilewati, tinggallah EMAS MURNI yang berkwalitas dan bernilai tinggi.
~ Tafsir Ibnu Katsir
وقوله : ( ومما يوقدون عليه في النار ) هذا هو المثل الثاني ، وهو ما يسبك في النار من ذهب أو فضة ( ابتغاء حلية ) أي : ليجعل حلية أو نحاسا أو حديدا ، فيجعل متاعا فإنه يعلوه زبد منه ، كما يعلو ذلك زبد منه . ( كذلك يضرب الله الحق والباطل ) أي : إذا اجتمعا لا ثبات للباطل ولا دوام له ، كما أن الزبد لا يثبت مع الماء ، ولا مع الذهب ونحوه مما يسبك في النار ، بل يذهب ويضمحل; ولهذا قال : ( فأما الزبد فيذهب جفاء ) أي : لا ينتفع به ، بل يتفرق ويتمزق ويذهب في جانبي الوادي ، ويعلق بالشجر وتنسفه الرياح . وكذلك خبث الذهب والفضة والحديد والنحاس يذهب ، لا يرجع منه شيء ، ولا يبقى إلا الماء وذلك الذهب ونحوه ينتفع به
وقوله : (ومما يوقدون عليه في النار ابتغاء حلية أو متاع زبد مثله)
يعنى ان مما يوقدون عليه بنو آدم من الذهب والفضة والنحاس والحديد يخرج منه خبثه وهو الزبد الذى تلقيه النار وتخرجه من ذلك الجوهر بسبب مخالطتها فانه يقذف ويلقى به ويستقر الجوهر الخالص وحده.
https://books.google.co.id/books?id=kRI8CwAAQBAJ&pg=PT562&lpg=PT562&dq=%D8%A7%D9%84%D8%B0%D9%87%D8%A8+%D8%AA%D8%AD%D8%B1%D9%82+...+%D8%A7%D9%84%D8%AE%D8%A7%D9%84%D8%B5&source=bl&ots=M-3GApgHMO&sig=006NQ-oFOmVlq0TYRkOcVRIDySs&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=%D8%A7%D9%84%D8%B0%D9%87%D8%A8%20%D8%AA%D8%AD%D8%B1%D9%82%20...%20%D8%A7%D9%84%D8%AE%D8%A7%D9%84%D8%B5&f=false
Anugrahi kami ke-istiqomahan dalam meraih ridho-Mu, amin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar