Jumat, 03 November 2017

Kisah Abu Hanifah Kecil Menumbangkan Hujah Dan Kesombongan Tokoh Atheis/Dahriyyah

Ketika Abu Hanifah masih anak anak dan belajar pada syeikh Hamad, saat itu ada seorang tokoh dahriyyah/atheis yang dengan hujahnya banyak mengalahkan hujah para ulama saat itu, ia berkeyakinan "Allah itu tidak ada".
 
Ia (dahriyyah/atheis) bahkan mengajukan tantangan pada khalifah yang berkuasa saat itu.
Atheis : "apakah masih tersisa ulama kalian untuk berdebat denganku ?".
Khalifah : "Ya ... beliau syeikh Hamad"
Atheis : "datangkan ia untuk berdebat denganku".

Khalifah pun menyampaikan undangan debat terbuka tersebut kepada syekh Hamad, dan syeikh Hamad berkata : "tunggulah satu malam".

Maka ketika pagi hari, datanglah Abu hanifah yang usianya memang masih anak anak menemui syeikh hamad, dan abu hanifah melihat mimik muka gurunya yang sedang kebingungan, ia pun bertanya : Ada apa syeikh, hingga anda seperti orang yang kebingungan?
Syeikh Hamad : "bagaimana aku tak bingung, aku mendapat undangan debat terbuka dengan seorang atheis yang telah banyak mengalahkan hujjah ulama kita. Namun tadi malam aku bermimpi ?!".
Abu Hanifah : "Mimpi apakah itu syeikh?"
Syeikh Hamad : Aku bermimpi sebuah rumah yang luas dan besar serta penuh hiasan dan dalamnya ada sebuah pohon yang berbuah, namun datanglah seekor babi yang memakan seluruh buah, daun dan dahan pohon tersebut hingga hanya tersisa batang pohonnya saja, kemudian keluarlah seekor macan dari pohon tersebut dan membunuh babi itu".

Abu Hanifah : "Allah memberiku pengetahuan tentang ta'bir mimpi, dan mimpi syeikh pertanda baik buat kita dan buruk bagi musuh kita, jika syeikh berkenan aku akan menerangkan ta'bir mimpi itu".
Syeikh Hamad : "silahkan...sampaikanlah wahai Nu'man...".
Abu Hanifah : "Rumah besar penuh perhiasan itu adalah agama islam, Pohon yang berbuah itu adalah ulama, Batang pohon yang tersisa itu adalah anda wahai syeikh, Babi itu adalah tokoh atheis dan macan yang membinasakan babi itu adalah Aku. bawa sertalah aku bersamamu, dengan berkah darimu aku akan melayani tantangan debat itu".

Syeikh Hamad gembira mendengar hal itu dan mereka berdua pun berangkat ke masjid jami' dan khalifah serta manusia telah berkumpul di majlis syeikh hamad dalam masjid itu. Abu hanifah berdiri disamping gurunya sambil mengangkat sandalnya dan sandal gurunya. Tak lama datanglah Atheis dan dengan sombongnya ia langsung naik mimbar dan berkata;
Atheis : "siapa yang akan menjawab pertanyaanku?".
Abu Hanifah : "ajukan saja pertanyaanmu dan orang yang mengetahui akan menjawabnya".
Atheis : "siapakah engkau wahai anak kecil ? berani berkata denganku ... banyak orang yang telah berumur dan menjadi pembesar menggunakan imamah besar memgenakan pakaian keagungan, tumbang menghadapiku. Engkau hanya bocah kecil yang belum cukup umur".

Abu Hanifah : "Allah tidak meletakkan kemulian dan derajat yang tinggi pada imamah yang besar dan pada pakaian yang mentereng, namun ia meletakkannya pada ULAMA".

Atheis : "apakah engkau akan menjawab pertanyaanku".
Abu Hanifah :"iya ... dengan taufiq Allah aku akan menjawabnya".

Atheis : "Apakah Allah ada ?".
Abu Hanifah : "Iya, ada !!!".
Atheis : "dimana Ia berada?"
Abu Hanifah : "Ia tidak bertempat"
Atheis : "Bangaimana mungkin sesuatu yang ada tidak mempunyai tempat/betempat?".
Abu Hanifah : "dalilnya ada pada dirimu".
Atheis :"apakah itu?"
Abu Hanifah : "Apakah dalam jasadmu ada ruh?".
Atheis : "iya !
Abu Hanifah : "dimana RUH mu berada? apakah dalam kepalamu atau dalam perutmu atau diam di kakimu ?".

Atheis bingung dan diam seribu bahasa karena tidak bisa menjawab pertanyaan balik Abu hanifah.
Kemudian Abu hanifah meminta agar didatangkan padanya segelas susu. Kembali Abu hanifah bertanya kepada atheis

Abu Hanifah : "Apakah dalam susu ini ada lemak?".
Atheis : "iya !"
Abu Hanifah : "dimanakah letak lemak dalam susu ini, apakah di bagian atasnya atau di bagian bawahnya ?".

Kembali si atheis dibuat kebingungan oleh abu hanifah.

Abu Hanifah : "seperti itulah, tidak di temukan tempat bagi Allah".
Atheis : "Ada apa sebelum Allah dan ada apa setelah Allah ?".
Abu Hanifah : "tidak ada sesuatu pun sebelum Allah dan setelahNya".
Atheis : "bagaimana penjelasannya. sesuatu yang ada tidak ada sesuatu yang mendahuluinya dan tidak ada sesuatu setelahnya?".
Abu Hanifah :"dalilnya ada pada dirimu".
Atheis : "apakah itu ?"
Abu Hanifah : "Ada apa sebelum ibu jarimu, dan ada apa setelah jari kelingkingmu ?".
Atheis : "tidak ada sesuatupun sebelum ibu jariku dan setelah jari kelingkingku !".
Abu Hanifah : "seperti itu bagi Allah, tiada yang mendahuluiNya, tiada pula setelahNya".

Atheis : "Tersisa satu pertanyaan lagi "
Abu Hanifah : "katakanlah, aku akan menjawabnya, insyaAllah !".
Atheis : "Sedang apa Allah sekarang ?"
Abu Hanifah : "Sebenarnya, engkau telah membalikkah perkara, biasanya yang di atas mimbar yang menjawab pertanyaan dan yang bertanya orang di bawah mimbar. Aku akan menjawab pertanyaanmu jika engkau turun dari mimbar itu !".

Atheis pun turun dan Abu hanifah naik mimbar dan menjawab pertanyaan atheis tersebut.

Abu Hanifah : "Yang Allah lakukan sekarang adalah menjatuhkan orang yang bathil seperti anda dari atas ke bawah dan mengangkat yang haq sepertiku dari bawah ke atas !!!".

Semoga dapat di petik hikmahnya, di sarikan dari kitab FATHUL MAJID halaman 7, karya Mbah Nawawi al-Bantani
Dan berikut teks ibarah selengkapnya

حكي ان دهريا جاء فى زمان حماد شيخ ابى حنيفة ولزم جميع العلماء من جهة وجود الله بلا مكان وقال هل بقي من علمائكم احد، قالوا بقي حماد فقال الدهري للخليفة اخضره ايها الخليفة ليتكلم معى فدعاه فقال امهلونى الليلة فلما اصبح الصباح جاء ابو حنيفة وكان صغيرا ليتكلم معه فرآه مغموما فسأله عن ذلك فقال كيف لا اغتم وقد دعيت الى التكلم مع الدهرى وقد لزم جميع العلماء ورأيت البارخة رؤيا منكرة ، فقال ما هي ؟ قال رايت دارا واسعة مزينة وفيها شجرة مثمرة فخرج من ركن الدار خنزير فأكل الثمر والورق والاغصان حتى لا يبقى الا اصل تلك الشجرة فخرج من اصلها أسد فقتل الخنزير ، فقال ابو خنيفة ان الله علمنى علم التعبير فهذه الرؤية خير لنا ، شر لأعدائنا فلو أذنت لى فى تعبيرها لعبرتها ، فقال حماد عبر يا نعمان. فقال الدار الواسعة المزينة دار الاسلام والشجرة المثمرة العلماء واصلها الباقى أنت والخنزير الدهري والاسد الذى يهلكه أنا، فأذهب انا معك فببركة همتك وحضرتك أتكلم معه وألزمه ففرح حماد ثم قاما من ساعتهما الى مسجد الجامع فجاء الخليفة واجتمع الناس بمجلس حماد فى ذلك المسجد ووقف ابو حنيفة بحذائه تحت سريره رافعا نعله ونعل شيخه فحضر الدهري وصعد المنبر وقال من المجيب لسؤالى ؟ وقال ابو حنيفة ما هذا القول سل فمن يعلم يجيبك ، قال ومن انت يا صبي تتكلم معى كم من ذوى الأسنان الكبار والعمائم العظيمة وأصحاب الثياب الفاخرة والأكمام الواسعة قد عجزوا فكيف انت تتكلم معى مع صغؤ سنك وحقارة نفسك . فقال ما وضع الله العز والرفعة للعمائم العظيمة والثياب الفاخرة والأكمام الواسعة ولكن وضعها للعلماء . قال هل انت تجيب سؤالى قال نعم اجيبك بتوفيق الله ، فقال هل الله موجود ؟ قال نعم قال أين هو؟ قال لا مكان له ، قال وكيف يكون موجود بلا مكان له ، قال لهذا دليل فى بدنك قال ما هو؟ قال هل فى جسدك روح قال نعم قال اين روحك أفى رأسك ام فى بطنك ام فى رجلك فتحير الدهرى. ثم دعا ابو حنيفة بلبن وقال أفى هذا اللبن سمن قال نعم قال اين مكان سمنه أفى أعلاه ام فى اسفله فتحير الدهرى . فقال ابو حنيفة كما لا يوجد للروح مكان ولا للسمن مكان فى اللبن كذلك لا يوجد لله فى الكون مكان ، ثم قال الدهرى فما كان قبل الله وما بعده ؟ قال ابو حنيفة لاشيء قبله ولا شيء بعده ، قال كيف يتصور موجود لا شيء قبله ولا شيء بعده ، قال لهذا دليل فى بدنك أيضا ، قال فما هو ؟ قال فما قبل ابهامك وما بعد خنصرك قال لا شيء قبل ابهامى ولا شيء بعد خنصرى ، قال كذلك الله لا شيء قيله ولاشيء بعده . قال بقيت مسئلة واحدة قال أجيب عنها ان شآء الله تعالى قال ما شأن الله الآن قال انك عكست الامر ينبغى ان يكون المجيب فوق المنبر والسائل تحت المنبر فأجيب سؤالك ان نزلت فنزل الدهرى وصعد ابو حنيفة على المنبر فلما جلس عليه سأله فأجابه بقوله شأن الله الآن اسقاط المبطل مثلك من الأعلى الى الادنى واصعاد المحق مثلى من الادنى الى الأعلى

فتح المجيد شرح الدر الفريد فى عقائد أهل التوحيد
المؤلف الشيخ محمد نووى بن عمر الجاوى البنتنى
صحيفة ٧

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...