Bid’ah
saat ini menjadi sebuah bahasa yang menyeramkan karena sebagian
kelompok menilainya sebagai kesesatan, seluruhnya tanpa terkecuali. Bagi
mereka, setiap amalan dalam agama yang tidak dilakukan oleh Nabi, atau
menentukan waktu ibadah dengan cara-cara tertentu adalah bid’ah yang
sesat dan pelakunya akan masuk neraka.
7. Basyar bin Manshur (500 rakaat)
Namun pernahkah terlintas dalam
pikiran bahwa para ahli hadis yang meriwayatkan hadis tentang bid’ah,
ternyata juga melakukan bid’ah. Apakah ahli hadis itu melakukan
bid’ahnya tanpa sadar? Tidak tahukah kalau semua bid’ah adalah sesat?
Kalaulah mereka mengaku bahwa semua bid’ah sesat, sementara para ahli
hadis melakukan perbuatan bid’ah, seperti Imam Bukhari yang salat saat
setiap menulis hadisnya di dalam kitab Sahih (padahal tidak ada perintah
dari Nabi dan Imam Bukhari menentukan sendiri tidak berdasarkan
tuntunan Syar’i), lalu mengapa sampai saat ini mereka sering memakai
hadis-hadis riwayat Imam Bukhari? riwayat Imam Ahmad, Imam Malik dan
sebagainya?
Jika para ahli hadis banyak yang
melakukan bid’ah, berarti ada kesalahan dalam memahami semua bid’ah
sesat. Sebab diakui atau tidak, para ahli hadis lebih mengetahui makna
bid’ah yang mereka riwayatkan dalam hadis-hadisnya, bahwa ‘Tidak semua
bid’ah sesat’.
Contohnya adalah beberapa penentuan
waktu salat yang dilakukan oleh ulama Ahli Hadis, mulai yang melakukan
ratusan rakaat dalam sehari, hingga yang salat sampai ribuan rakaat
dalam tiap harinya:
1. Imam al-Bukhari (15126 rakaat)
وقال الفربري قال لي البخاري: ما وضعت في كتابي الصحيح حديثاً إلا اغتسلت قبل ذلك وصليت ركعتين
(طبقات الحفاظ - ج 1 / ص 48 وسير
أعلام النبلاء 12 / 402 وطبقات الحنابلة 1 / 274، وتاريخ بغداد 2 / 9،
وتهذيب الاسماء واللغات 1 / 74 ووفيات الاعيان 4 / 190، وتهذيب الكمال
1169، وطبقات السبكي 2 / 220، ومقدمة الفتح 490 وتهذيب التهذيب 9 / 42)
“al-Farbari berkata bahwa al-Bukhari
berkata: Saya tidak meletakkan 1 hadis pun dalam kitab Sahih saya,
kecuali saya mandi terlebih dahulu dan saya salat 2 rakaat”
(Diriwayatkan oleh banyak ahli
hadis, diantaranya dalam Thabaqat al-Huffadz, al-Hafidz as-Suyuthi,1/48,
Siyar A’lam an-Nubala’, al-Hafidz adz-Dzahabi 12/402, Thabaqat
al-Hanabilah, 1/274, Tarikh Baghdad 2/9, Tahdzib al-Asma, Imam
an-Nawawi, 1/74, Wafayat al-A’yan 4/190, Tahdzib al-Kamal, al-Hafidz
al-Mizzi 1169, Thabaqat as-Subki 2/220, dan al-Hafidz Ibnu Hajar dalam
Muqaddimah al-Fath 490 dan at-Tahdzib 9/42)
Sedangkan hadis yang tertera dalam
Sahih al-Bukhari berjumlah 7563 hadis. Maka salat yang beliau lakukan
juga sesuai jumlah hadis tersebut atau 15126 (lima belas ribu seratus
dua puluh enam) rakaat.
وروينا عن عبد القدوس بن همام، قال: سمعت عدة من المشايخ يقولون: حول
البخارى تراجم جامعه بين قبر النبى - صلى الله عليه وسلم - ومنبره، وكان
يصلى لكل ترجمة ركعتين (تهذيب الأسماء - (1 / 101)
“Kami meriwayatkan dari Abdul Quddus bin Hammam, bahwa ia mendengar dari
para guru yang berkata seputar al-Bukhari ketika menulis bab-bab salam
kitab Sahihnya diantara makam Nabi dan mimbarnya, dan al-Bukhari salat 2
rakaat dalam tiap-tiap bab” (Tahdzib al-Asma’, an-Nawawi, 1/101)
2. Imam Malik bin Anas (800 rakaat)
حدثنا أبو مصعب و أحمد بن إسماعيل قالا مكث مالك بن أنس ستين سنة يصوم
يوماً ويفطر يوماً وكان يصلي في كل يوم ثمانمائة ركعة (طبقات الحنابلة 1 /
61)
“Abu Mush’ab dan Ahmad bin Ismail berkata: Malik bin Anas berpuasa
sehari dan berbuka sehari selama 60 tahun dan ia salat setiap hari 800
rakaat” (Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Abi Ya’la, 1/61)
3. Imam Ahmad Bin Hanbal (300 rakaat)
- قال ابو يحي وسمعت بدر بن مجاهد يقول سمعت أحمد بن الليث يقول سمعت أحمد
بن حنبل يقول إنى لأدعو الله للشافعى فى صلاتى منذ أربعين سنة يقول اللهم
اغفر لى ولوالدى ولمحمد بن إدريس الشافعى (طبقات الشافعية الكبرى للسبكي ج 3
/ ص 194 ومناقب الشافعي للبيهقي 2-254)
“Sungguh saya berdoa kepada Allah untuk Syafii dalam salat saya sejak 40
tahun. Doanya: Ya Allah ampuni saya, kedua orang tua saya dan Muhammad
bin Idris asy-Sfafii” (Thabaqat al-Syafiiyah al-Kubra, as-Subki, 3/194
dan Manaqib asy-Syafii, al-Baihaqi, 2/254)
- قال عبد الله بن أحمد: كان أبي يصلي في كل يوم وليلة ثلاث مئة ركعة. فلما
مرض من تلك الأسواط أضعفته، فكان يصلي في كل يوم وليلة مئة وخمسين ركعة،
وقد كان قرب من الثمانين (مختصر تاريخ دمشق لابن رجب الحنبلي ج 1 / ص 399)
“Abdullah bin Ahmad berkata: Bapak saya (Ahmad bin Hanbal) melakukan
salat dalam sehari semalam sebanyak 300 rakaat. Ketika beliau sakit
liver, maka kondisinya melemah, beliau salat dalam sehari semalam
sebanyak 150 rakaat, dan usianya mendekati 80 tahun” (Mukhtashar Tarikh
Dimasyqa, Ibnu Rajab al-Hanbali, 1/399)
جعفر بن محمد بن معبد المؤدب قال: رأيت أحمد بن حنبل يصلي بعد الجمعة ست ركعات ويفصل في كل ركعتين (طبقات الحنابلة 1 / 123)
“Jakfar bin Muhammad bin Ma’bad berkata: Saya melihat Ahmad bin Hanbal
salat 6 rakaat setelah Jumat, masing-masing 2 rakaat” (Thabaqat
al-Hanabilah, Ibnu Abi Ya’la, 1/123)
4. Imam Basyar bin Mufadlal (400 rakaat)
بشر بن المفضل بن لاحق البصري الرقاشي أبو إسماعيل. قال أحمد: إليه المنتهى
في التثبت بالبصرة وكان يصلى كل يوم أربعمائة ركعة ويصوم يوماً ويفطر
يوماً وكان ثقة كثير الحديث مات سنة ست وثمانين ومائة (طبقات الحفاظ 1 /
24)
“Imam Ahmad berkata tentang Basyar bin Mufadzal al-Raqqasyi:
Kepadanyalah puncak kesahihan di Bashrah. Ia salat setiap hari sebanyak
400 rakaat, ia puasa sehari dan berbuka sehari. Ia terpercaya dan
memiliki banyak hadis, wafat 180 H” (Thabaqat al-Huffadz, al-Hafidz
as-Suyuthi,1/24)
5. Cucu Sayidina Ali (1000 rakaat)
ذو الثفنات علي بن الحسين بن علي بن أبي طالب زين العابدين سمي بذلك لأنه
كان يصلى كل يوم ألف ركعة فصار في ركبتيه مثل ثفنات البعير (تهذيب الكمال -
35 / 41)
“Ali bin Husain bin Ali bin Abi Thalib, hiasan ahli ibadah, disebut
demikian karena ia salat dalam sehari sebanyak 1000 rakaat, sehingga di
lututnya terdapat benjolan seperti unta” (Tahdzib al-Asma’, al-Hafidz
al-Mizzi, 35/41)
وقال مالك بلغني أنه (علي بن الحسين بن علي بن أبي طالب) كان يصلي في اليوم
والليلة ألف ركعة إلى أن مات (تذكرة الحفاظ للذهبي 1 / 60)
“Malik berkata: Telah sampai kepada saya bahwa Ali bin Husain salat
dalam sehari semalam 1000 rakaat sampai wafat” (Tadzkirah al-Huffadz,
al-Hafidz adz-Dahabi, 1/60)
6. Maimun bin Mahran (17000 rakaat)
ويروى ان ميمون بن مهران صلى في سبعة عشر يوما سبعة عشر الف ركعة (تذكرة الحفاظ 1 / 99)
“Diriwayatkan bahwa Maimun bin
Mahran salat dalam 17 hari sebanyak 17000 rakaat” (Tadzkirah al-Huffadz,
al-Hafidz adz-Dahabi, 1/99)
7. Basyar bin Manshur (500 rakaat)
قال ابن مهدى ما رأيت أحدا أخوف لله منه وكان يصلي كل يوم خمسمائة ركعة وكان ورده ثلث القرآن (تهذيب التهذيب 1 / 403)
“Ibnu Mahdi berkata: Saya tidak
melihat seseorang yang paling takut kepada Allah selain Basyar bin
Manshur. Ia salat dalam sehari 500 rakaat, wiridannya adalah 1/3
al-Quran” (Tahdzib at-Tahdzib, al-Hafidz Ibnu Hajar, 1/403)
8. al-Harits bin Yazid (600 rakaat)
الحارث بن يزيد قال احمد ثقة من الثقات وقال العجلي والنسائي ثقة وقال الليث كان يصلي كل يوم ستمائة ركعة (تهذيب التهذيب 2 / 142)
“Ahmad berkata: Terpercaya diantara orang-orang terpercaya. Laits
berkata: al-Harits salat dalam sehari 600 rakaat” (Tahdzib at-Tahdzib,
al-Hafidz Ibnu Hajar, 2/142)
9. Ibnu Qudamah (100 rakaat)
ولا يسمع ذكر صلاة إلا صلاها، ولا يسمع حديثاً إلا عمل به. وكان يصلَّي
بالناس في نصف شعبان مائة ركعة، وهو شيخ كبير (ذيل طبقات الحنابلة ابن رجب 1
/ 203)
“Ibnu Qudamah tidak mendengar tentang salat kecuali ia lakukan. Ia tidak
mendengar 1 hadis kecuali ia amalkan. Ia salat bersama dengan orang
lain di malam Nishfu Sya’ban 100 rakaat, padahal ia sudah tua” (Dzail
Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali, 1/203)
وكان يصلِّي بين المغرب والعشاء أربع ركعات، يقرأ فيهن السَّجدة، ويس،
وتبارك والدخان. ويصلَّي كل ليلة جمعة بين العشاءين صلاة التسبيح ويطيلها،
ويصلَّي يوم الجمعة ركعتين بمائة " قل هو الله أحد " الإخلاص، وكان يصلي في
كل يوم وليلة اثنتين وسبعين ركعة نافلة، وله أوراد كثيرة. وكارْ يزور
القبور كل جمعة بعد العصر (ذيل طبقات الحنابلة - 1 / 204)
“Ibnu Qudamah salat antara Maghrib dan Isya’ sebanyak 4 rakaat, dengan
membaca surat Sajdah, Yasin Tabaraka dan ad-Dukhan. Beliau salat Tasbih
setiap malam Jumat antara Maghrib dan Isya’ dan memanjangkannya. Di hari
Jumat ia salat 2 rakaat dengan membaca al-Ikhlas 100 kali. ia salat
sunah sehari semalam sebanyak 72 rakaat. ia memiliki banyak wiridan. Ia
melakukan ziarah kubur setiap Jumat setelah Ashar” (Dzail Thabaqat
al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali, 1/204)
10. Umair bin Hani’ (1000 sujud)
كان عمير بن هانئ يصلي كل يوم الف سجدة ويسبح مائة الف تسبيحة (تهذيب التهذيب 8 / 134)
“Umair bin Hani’ salat dalam sehari sebanyak 1000 sujud dan membaca
tasbih sebanyak 100.000” (Tahdzib at-Tahdzib, al-Hafidz Ibnu Hajar,
8/134)
11. Murrah bin Syarahil (600 rakaat)
قلت: هو قول ابن حبان في الثقات زاد وكان يصلي كل يوم ستمائة ركعة وقال
العجلي تابعي ثقة وكان يصلي في اليوم والليلة خمسمائة ركعة (تهذيب التهذيب
10 / 80)
“Ibnu Hibban menambahkan bahwa Marrah bin Syarahil salat dalam sehari
600 rakaat. al-Ajali berkata, ia tabii yang tsiqah, ia salat dalam
sehari 500 rakaat” (Tahdzib at-Tahdzib, al-Hafidz Ibnu Hajar, 10/80)
12. Abdul Ghani (300)
وسمعت يوسف بن خليل بحلب يقول عن عبد الغني: كان ثقة، ثبتاً، ديناً
مأموناً، حسن التصنيف، دائم الصيام، كثير الإيثار. كان يصلي كل يوم وليلة
ثلاثمائة ركعة (ذيل طبقات الحنابلة 1 / 185)
“Abdul Ghani, ia terpercaya, kokoh, agamis yang dipercaya, banyak
karangannya, selalu puasa, selalu mendahulukan ibadah. Ia salat dalam
sehari semalam 300 rakaat” (Dzail Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab
al-Hanbali, 1/185)
13. Abu Ishaq asy-Syairazi (Tiap bab dalam kitab)
وقال أبو بكر بن الخاضبة سمعت بعض أصحاب أبي إسحاق ببغداد يقول كان الشيخ
يصلي ركعتين عند فراغ كل فصل من المهذب (طبقات الشافعية الكبرى 4 / 217)
“Abu Bakar abin Khadhibah berkata: Saya mendengar dari sebagian santri
Abu Ishaq di Baghdad bahwa Syaikh (Abu Ishaq) salat 2 rakaat setiap
selesai menulis setiap Fasal dalam Muhadzab” (Thabaqat asy-Syafiiyat
al-Kubra, as-Subki, 4/217)
14. Qadli Abu Yusuf (200 rakaat)
وقال ابن سماعة كان أبو يوسف يصلي بعد ما ولي القضاء في كل يوم مائتي ركعة (تذكرة الحفاظ للذهبي 1 / 214)
“Ibnu Sama’ah berkata: Setelah Abu
Yusuf menjadi Qadli, ia salat dalam sehari sebanyak 200 rakaat”
(Tadzkirah al-Huffadz, al-Hafidz adz-Dzahabi, 1/214)
15. Ali bin Abdillah (1000 rakaat)
وقال أبو سنان: كان على بن عبد الله يصلى كل يوم ألف ركعة (تهذيب الأسماء 1 / 492)
“Abu Sanan berkata: Ali bin Abdillah salat dalam sehari 1000 rakaat” (Tahdzib al-Asma’, an-Nawawi, 1/492)
16. al-Hafidz ar-Raqqasyi (400 rakaat)
الرقاشي الإمام الثبت الحافظ أبو عبد الله محمد بن عبد الله بن محمد بن عبد
الملك البصري: أبو حاتم وقال: ثقة رضا وقال العجلي: ثقة من عباد الله
الصالحين وقال يعقوب السدوسي: ثقة ثبت قال العجلي: يقال: إنه كان يصلي في
اليوم والليلة أربعمائة ركعة (تذكرة الحفاظ للذهبي – 2 / 37)
“ar-Raqqasyi, terpercaya, ia salat dalam sehari semalam 400 rakaat” (Tadzkirah al-Huffadz, al-Hafidz adz-Dzahabi, 2/73)
17. Abu Qilabah (400 rakaat)
وقال أحمد بن كامل القاضي: حكي أن أبا قلابة كان يصلي في اليوم والليلة أربعمائة ركعة (تذكرة الحفاظ للذهبي 2 / 120)
“Qadli Ahmad bin Kamil berkata: Diceritakan bahwa Abu Qilabah salat
dalam sehari semalam sebanyak 400 rakaat” (Tadzkirah al-Huffadz,
al-Hafidz adz-Dzahabi, 2/120)
18. Cucu Abdullah bin Zubair (1000 rakaat)
مصعب بن ثابت بن عبد الله بن الزبير وكان مصعب يصلي في اليوم والليلة ألف
ركعة ويصوم الدهر (صفة الصفوة 2 / 197- والإصابة في تمييز الصحابة 2 / 326)
“Mush’ab bin Tsabit bin Abdillah bin Zubair, ia salat dala sehari
semalam 1000 rakaat” (Shifat ash-Shafwah, Ibnu Jauzi, 2/197 dan
al-Ishabah, al-Hafidz Ibnu Hajar, 2/326)
19. Malik Bin Dinar (1000 rakaat)
وروى بن أبي الدنيا من طرق انه كان فرض على نفسه كل يوم ألف ركعة (الإصابة في تمييز الصحابة 5 / 77)
“Ibnu Abi Dunya meriwayatkan dari beberapa jalur bahwa Malik bin Dinar
mewajibkan pada dirinya sendiri untuk salat 1000 rakaat dalam setiap
hari” (al-Ishabah, al-Hafidz Ibnu Hajar, 5/77)
20. Bilal Bin Sa’d (1000 rakaat)
وقال الاوزاعي كان بلال بن سعد من العبادة على شئ لم يسمع باحد من الامة
قوى عليه كان له في كل يوم وليلة الف ركعة (تهذيب التهذيب 1 / 441)
“Auzai berkata: dalam masalah ibadah
tidak didengar 1 orang yang lebih kuat daripada Bilal bin Sa’d, ia
salat 1000 rakaat setiap hari” (Tahdzib al-Asma’, an-Nawawi, 1/441)
Wallohu a'lam
Sumber :
http://www.scc-kepri.com/2016/01/ketika-ahli-hadis-melakukan-bidah.html?showComment=1454501853519#c5050490943065793621
Tidak ada komentar:
Posting Komentar