BUGHIYATUL MUSTARSYIDIN HAL 83
FAIDAH PERTAMA
[فائدة]: المتجة
جواز ترك التعليم يوم الجمعة، لأنه يوم عيد مأمور فيه بالتبكير والتنظيف
وقطع الأوساخ والروائح الكريهة، والدعاء إلى غروب الشمس رجاء ساعة الإجابة
اهـ فتاوى ابن حجر. وفي : أن عمر رضي الله عنه طالت غيبته مدة حتى
اشتاق إليه أهل المدينة، فلما قدم خرجوا للقائه، فأول من سبق إليه الأطفال،
فجعل لهم ترك القرآن من ظهر يوم الخميس إلى يوم السبت، ودعا على من يغير
ذلك اهـ ش ق.
Ini mungkin terjadi disetiap lembaga islam baik
pondok pesantren atau tempat pengajian anak-anak disetiap tempat bahwa
jika hari kamis sore atau malam jum'at pengajian diliburkan,inilah
bedanya dengan pendidikan formal yang libur pada hari minggu,kenapa?
Menurut
pendaoat yang diunggulkan,boleh berlibur pada hari jum'at.Karena hari
tersebut adalah salasatu hari raya umat islam,dianjurkan tabkir
(berangkat untuk sholat jum'at lebih pagi),juga melakukan bersih-bersih
sprti mencukur rambut,memotong kuku dll termasuk kegiatan untuk
menghilangkan aroma atau bau yang tidak sedap baik pada badan atau
tempat,ada juga anjuran untuk memperbanyak berdo'a sampai matahari
terbenam dihari jum'at dengan harapan bertepatan dengan waktu
ijabah,Demikian tertulis dalam fatawi ibni hajar.
Dan
dalam kitab I'aab : Bahwa sayyidina umar r.a suatu ketika melakukan
perjalanan dalam waktu yang lama sehingga penduduk madinah merasa
rindu,dan ketika sayyidina Umar r.a tiba,penduduk madinah keluar untuk
menyambut beliau,dan yang pertama menyambut beliau adalah anak-anak
kecil,maka beliau meliburkan mereka untuk ta'lim al-quran mulai wakktu
dzuhur dihari kamis sampai hari sabtu
FAIDAH KEDUA
Pengetahuan dalam faidah kedua ini sangat jarang disampaikan,bahkan mungkin jarang muslimin yang tahu akan hal berikut ini
[فائدة]: يسن لمستمع الخطبة تشميت العاطس لأن سببه قهري، ويسن للعاطس الرد
عليه، وورد أن من عطس أو تجشأ فقال: الحمد لله على كل حال رفع الله عنه
سبعين داء أهونها الجذام اهـ باعشن. وقال في الدر: من سبق العاطس بالحمد
أمن من الشوص بفتح الشين وجع الضرس، وقيل: البطن واللوص بفتح اللام وسكون
الواو وجع الأذن، وقيل: البخر والعلوص بكسر العين وفتح اللام وجع البطن،
وقيل: التخمة
Disunahkan bagi yang
sedang mendengarkan khutbah jum'at menjawab hamdalah orang yang
bersin,karena bersin termasuk qohriyyun (aktifitas yang diluar
kendali),dan disunahkan juga bagi yang bersin menjawab kembali.
Dan
telah datang keterangan bahwa orang yang bersin atau sendawa,kemudian
ia membaca "ALHAMDU LILLAHI 'ALA KULLI HALIN" Maka allah mengangkat atau
menghilangkan daripadanya tujuhpuluh penyakit,dan penyakit paling
ringan dari tujuhpuluh tersebut adalah kusta,(selesai Ba'asan).
Dan
berkata pengarang kitab Al-durr : Barang siapa mendahului membaca
HAMDALAH ketika mendengar seseorang bersin,maka ia dijaga atau tidak
akan terkena sakit gusi menurut satu pendapat sakit pada organ dalam
perut.Dan tidak akan terkena sakit telinga,menurut satu pendapat adalah
sakit pada saluran pernafasan,dan tidak terkena sakit perut (lambung
atau maag atau sakit yang diakibatkan karena bertumpuk-tumpuknya
makanan).
ونظمها بعضهم فقال:
Dan sebagian ulama telah membuatkan nadzom untuk hal tersebut
من يبتدىء عاطساً بالحمد يأمن من ** شوص ولوص وعلوص كذا وردا
عنيت بالشوص داء الضرس ثم بما ** يليه داء الأذن والبطن اتبع رشدا
اهـ شرح الجامع لعلقمي.
Barangsiapa yang mendahului membaca Hamdalah ketika ada orang bersin,maka ia diamankan dari ***
sakit gusi,sakit telinga dan sakit perut,demikian telah terwarid.
(selesai Syarh Jami'i Li'ulqomiy)
Wallahu A'lamu
Semoga bermanfaat
kamis dinihari 20 maret 2014 , post 03:17
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama
MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU) Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...
-
Kitab Risalatul Mahid - PP Al Falah Ploso, Mojo-Kediri ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻯ ﺃﻧﺰﻝ ﺍلفرقاﻥ ﻋﻠﻰ ﻋﺒﺪﻩ ﻓﻴﻪ ﻳﺴﺌﻠﻮﻧﻚ ﻋﻦ ﺍﻟ...
-
Pernah mengalami kan, pakai pakaian terbalik ? dan sadar setelah selesai dipakai,atau ada orang yang memberi tau. Pakai CD terbalik,...
-
Siapakah mereka ? Terdapat beberapa tafsir dan pendapat ulama tentang siapa mereka , namun pada kesempatan ini saya kutipkan keterangan d...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar