Kamis, 20 Maret 2014

DUA FAIDAH YANG AGUNG

BUGHIYATUL MUSTARSYIDIN  HAL 83

FAIDAH PERTAMA

[فائدة]: المتجة جواز ترك التعليم يوم الجمعة، لأنه يوم عيد مأمور فيه بالتبكير والتنظيف وقطع الأوساخ والروائح الكريهة، والدعاء إلى غروب الشمس رجاء ساعة الإجابة اهـ فتاوى ابن حجر. وفي : أن عمر رضي الله عنه طالت غيبته مدة حتى اشتاق إليه أهل المدينة، فلما قدم خرجوا للقائه، فأول من سبق إليه الأطفال، فجعل لهم ترك القرآن من ظهر يوم الخميس إلى يوم السبت، ودعا على من يغير ذلك اهـ ش ق.


Ini mungkin terjadi disetiap lembaga islam baik pondok pesantren atau tempat pengajian anak-anak disetiap tempat bahwa jika hari kamis sore atau malam jum'at pengajian diliburkan,inilah bedanya dengan pendidikan formal yang libur pada hari minggu,kenapa?
Menurut pendaoat yang diunggulkan,boleh berlibur pada hari jum'at.Karena hari tersebut adalah salasatu hari raya umat islam,dianjurkan tabkir (berangkat untuk sholat jum'at lebih pagi),juga melakukan bersih-bersih sprti mencukur rambut,memotong kuku dll termasuk kegiatan untuk menghilangkan aroma atau bau yang tidak sedap baik pada badan atau tempat,ada juga anjuran untuk memperbanyak berdo'a sampai matahari terbenam dihari jum'at dengan harapan bertepatan dengan waktu ijabah,Demikian tertulis dalam fatawi ibni hajar.
Dan dalam kitab I'aab : Bahwa sayyidina umar r.a suatu ketika melakukan perjalanan dalam waktu yang lama sehingga penduduk madinah merasa rindu,dan ketika sayyidina Umar r.a tiba,penduduk madinah keluar untuk menyambut beliau,dan yang pertama menyambut beliau adalah anak-anak kecil,maka beliau meliburkan mereka untuk ta'lim al-quran mulai wakktu dzuhur dihari kamis sampai hari sabtu

FAIDAH KEDUA
Pengetahuan dalam faidah kedua ini sangat jarang disampaikan,bahkan mungkin jarang muslimin yang tahu akan hal berikut ini

[فائدة]: يسن لمستمع الخطبة تشميت العاطس لأن سببه قهري، ويسن للعاطس الرد عليه، وورد أن من عطس أو تجشأ فقال: الحمد لله على كل حال رفع الله عنه سبعين داء أهونها الجذام اهـ باعشن. وقال في الدر: من سبق العاطس بالحمد أمن من الشوص بفتح الشين وجع الضرس، وقيل: البطن واللوص بفتح اللام وسكون الواو وجع الأذن، وقيل: البخر والعلوص بكسر العين وفتح اللام وجع البطن، وقيل: التخمة

Disunahkan bagi yang sedang mendengarkan khutbah jum'at menjawab hamdalah orang yang bersin,karena bersin termasuk qohriyyun (aktifitas yang diluar kendali),dan disunahkan juga bagi yang bersin menjawab kembali.

Dan telah datang keterangan bahwa orang yang bersin atau sendawa,kemudian ia membaca "ALHAMDU LILLAHI 'ALA KULLI HALIN" Maka allah mengangkat atau menghilangkan daripadanya tujuhpuluh penyakit,dan penyakit paling ringan dari tujuhpuluh tersebut adalah kusta,(selesai Ba'asan).

Dan berkata pengarang kitab Al-durr : Barang siapa mendahului membaca HAMDALAH ketika mendengar seseorang bersin,maka ia dijaga atau tidak akan terkena sakit gusi menurut satu pendapat sakit pada organ dalam perut.Dan tidak akan terkena sakit telinga,menurut satu pendapat adalah sakit pada saluran pernafasan,dan tidak terkena sakit perut (lambung atau maag atau sakit yang diakibatkan karena bertumpuk-tumpuknya makanan).

ونظمها بعضهم فقال:

Dan sebagian ulama telah membuatkan nadzom untuk hal tersebut

 من يبتدىء عاطساً بالحمد يأمن من ** شوص ولوص وعلوص كذا وردا
عنيت بالشوص داء الضرس ثم بما ** يليه داء الأذن والبطن اتبع رشدا
اهـ شرح الجامع لعلقمي.


Barangsiapa yang mendahului membaca Hamdalah  ketika ada orang bersin,maka ia diamankan dari ***
sakit gusi,sakit telinga dan sakit perut,demikian telah terwarid.

(selesai Syarh Jami'i Li'ulqomiy)

Wallahu A'lamu

Semoga bermanfaat

kamis dinihari 20 maret 2014 , post 03:17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...