Rabu, 26 Maret 2014

ORANG JUNUB DAN WANITA HAIDH BOLEH BERDZIKIR

Dalam kitab Al-Adzkar karangan Imam Nawawi r.a , beliau mengatakan


فصل‏:‏ أجمع العلماءُ على جواز الذكر بالقلب واللسان للمُحْدِث والجُنب والحائض والنفساء، وذلك في التسبيح والتهليل والتحميد والتكبير والصلاة على رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم والدعاء وغير ذلك‏.‏ ولكنَّ قراءة القرآن حرامٌ على الجُنب والحائض والنفساء، سواءٌ قرأ قليلاً أو كثيراً حتى بعض آية،

FASHLUN
Para Ulama telah sepakat atas bolehnya berdzikir baik dengan lisan (diucapkan) atau dalam hati bagi orang yang mempunyai hadats kecil,bagi orang yang yang junub,wanita haidh dan wanita yang dalam masa nifas,seperti membaca tasbih (subhanallahi),tahlil (laa ilaaha illallahu),tahmid (alhamdulillah),takbir (allahu akbar) dan membaca sholawat juga berdo'a dan selainnya.Akan tetapi diharamkan membaca Al-qur'an bagi yang junub dan wanita haidh dan wanita yang dalam keadaan nifas.baik yang dibacanya sedikit atau banyak bahkan walau setengah ayat

ويجوز لهم إجراءُ القرآن على القلب من غير لفظ، وكذلك النَّظَرُ في المصحف، وإمرارُه على القلب‏.‏ قال أصحابُنا‏:‏ ويجوز للجُنب والحائض أن يقولا عند المصيبة‏:‏ ‏{‏إنَّا للّه وإنَّا إليه راجعون‏}‏، وعند ركوب الدابة‏:‏ ‏{‏سبحان الذي سخَّر لنا هذا وما كُنَّا له مُقرنين‏}‏ ‏، وعند الدعاء‏:‏ ‏{‏ربنا آتنا في الدنيا حسنةً وفي الآخرة حسنةً وقنا عذاب النار‏}‏، إذا لم يقصدا به القرآن، ولهما أن يقولا‏:‏ بسم اللّه، والحمد للّه، إذا لم يقصدا القرآن، سواءٌ قصدا الذكر أو لم يكن لهما قصد، ولا يأثمان إلا إذا قصدا القرآن،

Dan boleh bagi mereka  membaca ayat al-qur'an dalam hati tanpa mengucapkannya dilisan,seperti juga boleh melihat mushaf atau qur'an dan membacanya dalam hati.
Sahabat kami dari kalangan fuqoha berkata : Boleh bagi orang junub dan wanita haidh membaca ‏kalimah "INNAA LILLAHI WA INNAA ILAHI ROJI'UN" ketika mendapat musibah,dan boleh membaca ayat "SUBHANAL LADZI SAKHKHORO LANAA HADZA WAMAA KUNNA LAHU MUQRININ" ketika akan mengendarai atau naik kendaraan,Dan boleh berdo'a dengan kalimat "ROBBANAA AATINAA FIDDUNYA HASANATAN WAFIL AKHIROTI HASANATAN WAQINAA ADZAABAN NAARI"  Dengan catatan bagi keduanya (Junub dan Haidh) tidak dimaksudkan membaca qur'an ketika membacanya (boleh dengan niat dzikir).
Dan boleh bagi keduanya membaca kalimah "BISMILLAH,WALHAMDULILLAH" juga tidak dimaksud membaca qur'an,boleh dengan niat dzikir atau secara mutlak (tidak bermaksud apa-apa),Namun tidak berdosa bagi keduanya jika bermaksud membaca qur'an.

ويجوزُ لهما قراءةُ ما نُسخت تلاوتُه ‏"‏كالشيخ والشيخة إذا زنيا فارجموهما‏"‏‏.‏ وأما إذا قالا لإِنسان‏:‏ خذ الكتاب بقوّة، أو قالا‏:‏ ادخلوها بسلام آ، ونحو ذلك، فإن قصدا غيرَ القرآن لم يحر
منين

Dan boleh bagi keduanya membaca ayat yang disalin bacaannya,seperti ‏"‏كالشيخ والشيخة إذا زنيا فارجموهما‏"‏‏
Dan apabila keduanya mengatakan pada seseorang خذ الكتاب بقوّة،‏:‏، atau mengucapkan "UDKHULUUHAA BISALAAMIN AAMINIIN dan sebagainya,maka tidak haram ketika tidak dimaksud  membaca qur'an

وإذا لم يجدا الماء تيمَّمَا وجاز لهما القراءة، فإن أحدثَ بعد ذلك لم تحرم عليه القراءة كما لو اغتسل ثم أحدث‏.‏ ثم لا فرق بين أن يكون تَيمُّمُه لعدم الماء في الحَضَر أو في السفر، فله أن يقرأ القرآن بعده وإن أحدث‏.‏ وقال بعضُ أصحابنا‏:‏ إن كان في الحضر صلَّى به وقرأ به في الصلاة، ولا يجوزُ أن يقرأ خارجَ الصلاة، والصحيحُ جوازه كما قدّمناه، لأن تيمُّمَه قام مقام الغسل‏.‏ ولو تيمَّمَ الجنبُ ثم رأى ماء يلزمُه استعمالُه فإنه يحرمُ عليه القراءة وجميع ما يحرم على الجُنب حتى يغتسل‏.‏ ولو تيمَّم وصلَّى وقرأ ثم أراد التيمّم لحدثٍ أو لفريضةٍ أخرى أو لغير ذلك لم تحرم عليه القر


Dan apabila keduanya tidak menemukan air untuk bersuci,maka boleh tayamum dan boleh bagi keduanya berdzikir.Maka apabila keduanya kembali berhadats ,maka tidak diharamkan baginya qiroat,halnya sama saja apabila ia bersuci dengan air pada awalnya kemudian berhadats.
Sama saja hukumnya tayamum yang dilakukan itu karna faktor tidak ada air ketika di rumah (tidak dalam keadaan musafir) atau ketika ia melakukan perjalanan,Hukumnya boleh membaca qur'an setelah tayamum walaupun juga hadats setelahnya.
.........................................................................................................

هذا هو المذهب الصحيح المختار، وفيه وجه لبعض أصحابنا أنه يحرمُ، وهو ضعيف‏.‏

Inilah Madzhab sohih lagi terpilih.dan pendapat yang mengatakan bahwa itu haram jika dilaksanakan,maka itu adalah pendapat yang dho'if

Wallahu A'lam

Salam : santrialit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...