Minggu, 03 September 2017

Kitab Risalatul Mahid - PP Al Falah Ploso, Mojo-Kediri

Kitab Risalatul Mahid - PP Al Falah Ploso, Mojo-Kediri



ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻯ ﺃﻧﺰﻝ ﺍلفرقاﻥ ﻋﻠﻰ ﻋﺒﺪﻩ ﻓﻴﻪ ﻳﺴﺌﻠﻮﻧﻚ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺤﻴﺾ. ﻗﻞ ﻫﻮ ﺃﺫﻯ ، ﻭﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻟﻪ ﺍﻟﻘﺎﺋﻞ : ﻫﺬﺍ ﺷﺊ ﻛﺘﺒﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺑﻨﺎﺕ ﺍﺩﻡ ﻭﺍﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﺍﻟﻰ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺪﻳﻦ

 

Segala puji hanya milik Allah semata, yang telah menurunkan Al Quran pada hambanya yang didalamnya terdapat firmanNya yang berbunyi; "Mereka menanyakan padamu (Nabi Muhammad) tentang darah haidl, jawablah bahwa haidl adalah darah kotor”. Sholawat dan salam mudah-mudahan senantiasa tercurah limpahkan pada Nabi yang bersabda; "Haidl adalah darah yang telah Allah taqdirkan pada wanita keturunan Nabi Adam", dan mudah-mudahan juga terlimpahkan pada keluarga, sahabat Nabi sampai hari pembalasan.

 

BAB 1. HAIDL


A. Definisi Haidl


ﺍﻣﺎ ﺑﻌﺪ : ﻓﺎﻟﺤﻴﺾ ﻫﻮ ﺍﻟﺪﻡ ﺍﻟﺨﺍﺮﺝ ﻓﻰ ﺳﻦ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﻭﻫﻮ ﺗﺴﻊ ﺳﻨﻴﻦ ﻗﻤﺮ ﻳﺔ ﻣﻦ ﻓﺮﺝ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻋﻠﻰ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﺼﺤﺔ ﻭﻣﺎ ﺩﻭﻧﻪ ﻓﻬﻮ ﺩﻡ ﻓﺴﺎﺩ . إه ) حاشية الباجوري على ابن القاسم الغزي ج ١ ص ١٠٨(

 

Definisi haidl berdasrkan terminologi fiqh adalah darah yang keluar dari kemaluan wanita (otot pangkal rahim) karena pembawaannya, artinya bukan karena sakit atau melahirkan, serta keluarnya diusia haidl (yakni minimal usia 9 tahun kurang 15hari 23jam 59 menit 59 detik), sedangkan darah yang keluar diselain masa-masa haidl adalah darah fasad ( rusak).



APAKAH ORANG HAMIL MENGALAMI MENSTRUASI ?

 

Ulama berbeda pendapat dalam memberikan hukum darah yang di keluarkan oleh wanita hamil:

·        Menurul qoul Ashoh dari syafiiyah dan malikiyah, darah yang ia keluarkan dihukumi haidl jika memenuhi kriterianya.

·        Menurut muqobilul Ashoh, menyatakan bahwa darah yang di keluarkan bukanlah haidl.

 

Referensi :

الفقه الإسلامي وأدلته ج١ ص ٥٢٥ دار الفكر

وهل تحيض الحامل? للفقهاءفيه رأيان:

فذهب الملكية ,والشافعية في الاظهرالجديد: إلى ان الحامل قد تحض , وقد يعتريها الدم أحيانا ولو في اخر ايام الحمل , والغالب عدم نزول الدام بها, ودليلهم اطلاق الاية السابقة, والأخبار الدالة على ان الحيض من طبيعة المرأة, ولأنه دم صادف عادة , فكان حيضا كغير الحامل. وذهب الحنفية والحنابلة : إلى أن الحامل لا تحبض, ولو قبل خروج أكثر الولد عند الحنفية , أما عند الحنابلة : فما تراه قبل ولادتها بيومين أو ثلاثة , يكون دم نفاس. ودليلهم : قول النبي صلى الله عليه وسلم في سبي أو طاس (( لاتوطأ حامل حتى تضع, ولا غير ذات حمل حتى تحيض)) فجعل وجود الحيض علما على براءة الرحم, فدل على أنه لا يجتمع معه. وقال صلى الله عليه وسلم فى حق ابن عمر - لما طلق زوجته وهي حائض- ((ليطلقها طاهرا,أو حاملا)) فجعل علما على عدم الحيض, كما جعل الطهر علما على الحيض ولأنه زمن لا تعتاد المرأة فيه الحيض غالبا , فلم يكن ما تراه فيه حيضا كا لآ يسة . والطب والواقع يؤيد هذا الرأي . و عليه : لا تترك الحامل الصلاة لما تراه من الدم , لأنه دم فساد , لا حيض, كما لا تترك الصوم والا عتكاف والطواف ونحوها من العبادات , ولا يمنع زوجها من وطئها; لأنها ليس حئضا , وتغسل الحامل إذا رأت دما زمن حملها عند انقطاعه استحبابا, خروجا من الخلاف.


B. USIA HAIDL


Darah yang keluar dari rahim wanita, bisa dikategorikan darah haidl jika keluar di usia haidl. Sehingga jika keluarnya darah sebelum usianya, maka statusnya bukanlah darah haidl namun darah fasad (rusak).

·        1 Tahun Qomariyah(Hijriyah) adalah 354 hari lebih 8 jam lebih 48 menit.

·        1 Tahun Syamsiah (Masehi) adalah 365 hari lebih 5jam lebih 49 mnit.

·        Usia haidl kurang lebih 3174 hari(1thn qomariyah dikalikan 9 thn - 15hari (masa yang tidak muat terhadap minimal haidl dan minimal masa suci) = kurang lebih 3174 hari, lebih 7 jam 2 menit.

 

Jika seorang wanita mengeluarkan darah sebagian di usia haidl(telah berusia 3174 hari) dan sebagian di usia sebelumnya, maka darah yang ia keluarkan di usia haidl dihukumi haidl, sedangkan darah sebelumnya dihukumi darah istihadhoh.

Contoh:

 

Seorang wanita mengeluarkan darah ketika ia berusia 3170 hari - 3180 hari. Maka hukumnya :

·        Darah yang keluar mulai 3170-3174 adalah darah istihadhoh.

·        Darah yang keluar berikutnya adalah darah haidl.



Referensi:


حاشية الجمل على المنهج الجزء الأول ص ٢٣٥-٢٣٦ دار الفكر

)اقل سنه تسع سنين)قمرية(تقريبا)فلو رأت الدم قبل تمام التسع بمالا يسع حيضا وطهرا فهو حيض وإلا فلا. (فرع) لو رأت الدم أياما بعضها قبل زمن الإمكن و بعضهافيه فالقياس كما قال الأسنوي جعل الممكن حيضا . اهى أقول فلو رأت الدم عشرة أيام من أول المشرينالباقية من التاسعة فالخمسة الثانية من العشرة المرتبة واقعة فى زمن الإمكان لأنها مع ما بعدهالا تسع حيضا وطهرا فهي حيض والخمسة الأولى مما ذكر واقعة قبل زمن الإمكان لأنها مع ما بعدها تسع ما ذكر فليست حيضا نعم ينبغي أن يقال بعضها حيض وهو اليوم الأخير بليلتها ناقصا شيأ بحيث يكون الباقي مع ما بعده لا يسع حيضا وطهرا بأن ينقص عن ستة عشر يوم بلياليها وهى أقل الطهر والحيص. ولو رأت دما جميع العشرين التي هي تمام التاسعة فقياس ما ذكر ان يقال الخمسة الأولى مع القدر الذى ينقص به بعدها عن كمال ستة عشر يوما بلياليها دم فساد والباقي بعد ذلك واقع في زمن الإمكان وهو أكثر من أكثر الحيض فيكون بعضه حيضا وبعضه طهرا علما يعلم من أقسام المستحاضة الآتية فإذا كانت مبتدءة غير مميزة فحيصها يوم وليلة من أول ذلك فليحرر اهى سم



STATUS DARAH YANG KURANG DARI 24 JAM

 

Jika wanita mengeluarkan darah kurang dari 24 jam, maka status darahnya adalah darah fasad bukan haidl dan bukan istihadhoh. Namun sebenarnya konsekuensinya darah istihadhoh dan darah fasad adalah sama, sehingga dalam permasalahn seperti ini hnyalah ‘khilaf lafdzi’.



Referensi :

الترمسي من موهبة ذي الفصل ج ١ ص ٥٤٩

)والإستحاضة دم علة يخرج من عرق فمه في أدنى الرحم ) وقيل هي المتصلة بدم الحيض خاصة (وغيره) أي غير الدم المتصلة بالحيص من الدم الذي تراه سابق ( دم فساد) اي ولا يسمى دم استحاضة , والخلاف لفظي أي إذ لا خلاف في أن دم الفساد المذكور حكمه حكم الإستحاضة اه


KEWAJIBAN WANITA DISAAT MENGELUARKAN DARAH DI USIA HAIDL

 

Jika wanita di usia yang memungkinkan haidl mengeluarkan darah, maka ia harus menjalani apa yang semestinya di jalani wanita haidl, seperti meninggalkan sholat, keharaman bagi suami untuk menjatuhkan thalaq dan lain lain, karena secara zhohir di saat darah keluar di hukumi haidl, namun jika darah tiba-tiba berhenti, sementara belum mencapai 24 jam, maka darah yang keluar dihukumi darah fasad. Sebaliknya jika berhentinya darah setelah mencapai 24 jam dan tidak melebihi 15 hari berarti semua darah adalah haidl meskipun keluarnya darah dengan beberapa warna.



Referensi :

المهذب الجزء الأول ص ٣٩ طه فوترا

)فصل) إذا رأت المرأة الدم لسن يجوز أن تحيض فيه أمسكت عما تمسك عنه الحائض فإن انقطع لدون اليوم والليلة كان ذلك دم فساد فتتوضأ و تصلي وإن انقطع ليوم وليلة إو لخمسة غشر يوما أو لما بينهما فهو حيض فتغتسل عند انقطاعه سواء كان الدم على صفة دم الحيض أو على غير صفته وسواء كان لها عادة فخالف عادتها أو لم يكن

 

KELUARNYA BEBERAPA DARAH DALAM LINGKUP 15 HARI

 

Jika wanita di usia yang memungkinkan haidl mengeluarkan darah, dan mencapai 24 jam, apapun warnanya, baik mubtadiah atau mu’tadah, semua di hukumi darah haidl asalkan tidak melebihi 15 hari.

 

HUKUM DARAH YANG DIRAGUKAN APAKAH MENCAPAI 24 JAM ATAU BELUM

 

Menyikapi wanita yang ragu apakah darah yang ia keluarkan mencapai 24 jam atau belum?. Dalam hal ini Imam Romli tidak sependapat dengan Imam Ibnu Hajar. Imam Romli menghukumi haidl karena menimbang asal, bahwa darah yang dikeluarkan oleh wanita adalah darah haidl, sebaliknya Imam Ibnu Hajar berpendapat bahwa darah yang di keluarkan statusnya bukanlah darah haidl.

 

Referensi :


حاشية الشيخ سليمان الجمل ج ١ ص ٢٤٧ دار الفكر

واما إذا شكت في أنه يبلغ ذلك فهل يحكم عليه بأنه حيض لأنه الأصل فيما تراه أو لا فيه نظر والأقرب الأول لأنهم صر حوا بأنه يحكم على ما تراه المرأة أنه حيض إه.

إثمد العينين ص ١٤ طه فوترا

)مسئلة ) ما شك في بلوغه يوما وليلة من الدم ليس بحيض عند حج وحيض عند م ر قاله في العدد ولومفرقا في خمسة عشر يوما ولو بألوان إه.

 

C. NAMA-NAMA DARAH HAIDL

 

Darah haidl mempunyai 15 nama, sebagaimana di nadzomkan oleh sebagian Ulama:



وللحيض خمسة عشر اسما نطمها بعضهم بقوله :

للحيض خمسة أسماء وخمستها # حيض محيض مخاض طمث إكبار

طمس عراك فراك مع اذى ضحك # درس دراس نفاس قرء إعصار

 

Nama-nama haidl adalah: Haidl, Mahidl, Mukhodl, Thomts, Ikbar, Thoms,'Irok, Firok, Adza`, Dlohk, Dars, Diros, Nifas, Qur'un dan I'shor.

 

D. MAHLUK-MAHLUK YANG MENGELUARKAN DARAH HAIDL

 

Hewan-hewan yang mengalami haidl menurut sebagian Ulama ada 8, seperti dalam Nazhomnya yang berbunyi:


والذي يحيض الحيوانات ثمانية نظمها بعضهم بقوله:

يحيض من ذي الروح ضبع مرأة # وأرنب وناقة وكلبة

خفاس الوزعة والحجر فقد # جأت ثمانيا وهذا المعتمد

 

Hewan bernyawa yang mengalami haidl adalah: Dlob’u (sejenis anjing hutan /serigala/hyena), Wanita, Kelinci, Unta, Anjing, Kelelawar, Cicak, Kuda.


Apakah Jin juga mengalami Menstruasi ?

 

Wanita yang mengalami menstruasi secara syar'i hanyalah Manusia dan Jin.

Sedangkan darah yang keluar dari anjing betina dan lain-lain, tidak dihukumi darah haidl menurut syar'i

Referensi:

حاشية الباجوري على ابن القاسم الغزي ج ١ ص ١٠٨

وشملت المرأة الجنية فحكمها حكم الأدمية على الصحيح وأما غيرها من الحيوانات فلا حيض لها شرعا . إه

E. WARNA DAN SIFAT DARAH

 

ولونه أسود محتدم لذاع و الحاصل أن الأولوان خمية أقواها السواد ثم الحمرة ثم الشقرة ثم الصفرة ثم الكدرة

 

Warna darah haidl(yang terkuat) adalah hitam, dan disaat keluar terasa perih dan sakit, walhasil warna darah ada 5 sebagaimana urutan berikut:

1.Hitam

2.Merah

3.Merah kekuning kuningan

4.Kuning

5.Keruh

حاشية الباجوري على ابن القاسم الغزي ج ١ص ١٠٨

قوله أسود كان الأول أن يقال السواد لأن الاسود وهو الشئ المتصف بالسواد فا للون ليس باسود وإنما اللون هو السواد ويرد عليه أن لونه لا ينحصر في السواد ويجاب بأن المراد اللون الأقوى أو الأصلي إه

 

Mencermati ibarat diatas bisa diambil kesimpulan bahwa maksud darah haidl warna hitam adalah darah haidl yang terkuat atau yang asal. Sehingga tidak mengesampingkan warna warna darah haidl lain selain warna hitam.


وأن الصفات غير الألوان أربعة الثخين أو النتن أو هما أو التجرد عنهما فالأسود الثخين أقوى من غير الثخين والمنتن منه أقوى من غير المنتن والثخين المنتن أقوى من الثخين فقط او المنتن فقط وكذا يقال في بقية الألون وإن استوت الصفات كأسود رقيق وأحمر ثخين قدم السابق منهما لقوته بالتقدم.

Sedangkan sifat darah selain warna adalah:

·        Kental

·        Berbau anyir

·        Kental dan berbau anyir

·        Tidak berbau dan tidak kental.

 

Dari keterangan tersebut bisa ditarik kesimpulan :

·        Darah hitam kental lebih kuat dibandingkan darah yang hitam dan tidak kental

·        Hitam berbau lebih kuat daripada hitam tidak berbau anyir

·        Hitam kental dan berbau anyir lebih kuat dibandingkan hitam yang hanya kental saja atau hitam berbau anyir saja.

 

Begitupun juga dengan kemungkinan-kemungkinan darah lain selain hitam.

Jika sifat-sifat darah yang di keluarkan sama(dari segi kuat dan lemahnya, seperti hitam tidak kental(encer) dengan merah kental, maka yang dijadikan acuan dalam menghukumi haidl adalah yang keluar terlebih dulu(yang awal).


Tanbih :

Fungsi mengetahui kuat dan lemahnya darah adalah untuk menentukan masa haidl disaat terjadi istihadhoh.

 

F. MINIMAL HAIDL

 

Minimal darah haidl adalah satu hari satu malam atau 24 jam jika keluarnya terus menerus(mulai dari subuh sampai subuh), hal ini semata karena tidak mungkin bisa tercapai minimalnya haidl saja(tanpa di embel-embeli yang lain, misal minimal plus umumnya haidl, dll) sebab andaikan di sela-sela oleh masa berhentinya darah, maka seluruhnya dianggap haidl. Dengan catatan keluarnya darah tidak melebihi 15 hari serta tidak kurang dari minimal masa haidl (24jam). Ketentuan ini berdasarkan qoul shahbi(pendapat muktamad). Dan menurut qoul laqti masa dimana wanita tidak mengeluarkan darah dianggap suci.

Darah dianggap ittishol(terus menerus), ukurannya jika dalam vagina diberi kapas, maka pada kapas tersebut masih tampak bercak darah.

 

ﻭﺃﻗﻞ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﺯﻣﻨﺎ ﻳﻮﻡ ﻭﻟﻴﻠﺔ ﺍﻯ ﻣﻘﺪﺍﺭ ﺫﻟﻚ ﻭﻫﻮ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ ﺳﺎﻋﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﺗﺼﺎﻝ ﻣﻌﺘﺎﺩ ﻓﻰ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﺍﺫﻟﻮ ﺗﺨﻠﻠﻪ ﻧﻘﺎﺀ ﻓﻜﻞ ﺣﻴﺾ ﺍﺫﺍﻟﻢ ﻳﺠﺎﻭﺯ ﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ ﻳﻮﻣﺎ ﻭﻟﻢ ﻳﻨﻘﺺ ﺍﻟﺪﻡ ﻋﻦ ﺍﻗﻞ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺴﺤﺐ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ، ﻭﻗﻴﻞ ﺍﻥ ﺍﻟﻨﻘﺎﺀ ﻃﻬﺮ ﻭﻳﺴﻤﻰ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻘﻂ-المعتاد- اي بحيث يكون لو وضعت قطنة او نحوها لتلوثت- في الحيص.

 

Aqollul haidl terklarifikasi menjadi 3:

·        Aqoll Wahdah (minimal haidl yang tidak bersamaan dengan umum dan maksimal haidl) jika wanita mengeluarkan darah selama 24 jam secara terus menerus (seperti mulai dari subuh sampai subuh).

·        Aqoll ma'al Gholib (minimal haidl yang disertai umumnya haidl) jika keluarnya 24 jam secara terpisah dan itu dalam lingkup 6 atau 7 hari.

·        Aqoll ma'al Aktsar (minimal haidl yang disertai dengan paling banyaknya haidl) jika keluarnya 24 jam secara terpisah dalam lingkup 15 hari.

 

حاشية الشيخ سليمان الجمل ج ١ ص ٢٣٧ دار الفكر

)قوله : أي قدرهما متصلا) قيد في تحقق الأقل فقط أي لا يتقور الأقل فقط إلا إذا رأت أربعة وعشرين ساعة على الإتصال وأما لو رأتها متفرفة في أيام لا تكون أقل فقط ولا ينافي هذا قول شيخنا رأت دما متقطعا ينقص كل منه عن يوم وليلة وإإذا جمع بلغ يوما و ليلة على الاتصال فبكون كافيا في حصول أقل الحيض لأن الأقل له صورتان أقل فقط وأقل مع غيره إما مع الغالب أو مع الأكثر ح ل إه

 

ULAMA YANG MENTASHIH QOUL SAHBI ATAU SEBALIKNYA

 

Diantara Ulama yang memilih qoul sahbi (hari-hari tidak mengeluarkan darah masuk kategori haidl) adalah : Imam Ghozaliy, Imam Rofi'i, Imam Mutawalliy, Imam Sarokhsi dan masih banyak ulama-ulama tersohor lainnya yang lebih cenderung pada pendapat ini. Sedangkan Ulama-ulama yang memilih qoul talfiq(qoul laqti) adalah Imam Ruyani, Imam Abu Hamid, Imam Muslim Al-Roziy dan masih banyak Ulama lain yang tidak diragukan kealimannya.

 

الحاوي الكبير للامام أبي الحسن علي ابن محمد بن بن حبيب الماوردي الجزء الاول ص ٥٢٠- ٥٦١ دار الفكر

واختلفوا في الأصح منهما فصحح قول التلفيق الشيخ أبو حامد والبندنجي ولمملي ومسلم الرازي والجرجاني والروياني في الحلية وصاحب البيان وهو اختيار أبي إسحاق المروزي وصحح الأكثرون قول السحب وممث صححه القضاة الثلاثة أبو حامد وأبو الطيب وحسين والسرخسي وأبو علي السنجي والغزالي والمتولي والبغوي والرافعي وهواختيار ابن سريج وقال صاحب الحاوي الذي صرح به الشافعي في كل كتبه أن الجميع حيض إهى

حاشية الباجوري على ابالقاسم الغزي ص ١١١

فلو حاضت امرأة خمسة أيام أو ثلاثة أو ثمانية أو عشرة مثلا لم يكن من الاقل ولا من الاكبر ولامن الاغلب كما قرره بعضهم

 

G. MAKSIMAL HAIDL

 

Sedangkan maksimal haidl adalah 15 hari 15 Malam, sehingga jika darah yang keluar melebihi batasnya, maka status darah kelebihan dari darah yang di hukumi haidl adalah darah istihadhoh.

ﻭﺍﻛﺜﺮﻩ ﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ ﻳﻮﻣﺎ ﺑﻠﻴﺎﻟﻴﻬﺎ ﻓﺈﻥ ﺯﺍﺫ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻓﻬﻮ ﺍﺳﺘﺤﺎﺿﺔ

 

JADWAL DARAH YANG TERPUTUS PUTUS

 

Mubtada'ah disaat darahnya terhenti, maka ia harus menjalankan rutinitas / aktifitas sebagaimana biasanya, baik shalat, puasa, atau yang lain dan wajib mandi terlebih dahulu bila darah yang ia keluarkan sudah mencapai 24 jam, kemudian jika darahnya keluar lagi, maka ia harus meninggalkan apa sja yang semestinya ditinggalkan orang haidl.

 

Contoh :

Mubtadiah dihari ke-3, jam 11:30 darahnya berhenti dan darah yang ia keluarkan sudah mencapai 24jam, maka ia wajib untuk mandi dan melaksanakan shalat zhuhur, serta kewajiban lain selama darahnya belum keluar lagi. Bila darahnya keluar lagi ia harus meninggalkan segala rutinitas dan kewajibannya.

Mengenai shalat yang ia telah lakukan hukumnya tidak sah menurut Qoul Sahby, dan tidak dihukumi berdosa meskipun mengerjakan di waktu haidl. Sedangkan hukumnya sah menurut Qoul Laqti, sebab naqo` ( masa berhentinya darah) hukumnya suci menurt Qoul ini. Begitu untuk berhentinya darah selanjutnya selama masih dalam lingkup 15 hari. Sebaliknya jika darah belum mencapai minimal haidl, maka ia hanya berkewajiban wudhu.


روضة الطالبين وعمدة المفتين ج ١ ص ١٩٠ دار الفكر

إذا انقطع دم المبتدأة فعند انقطاعه وهو بالغ أقل الحيض يلزمها على القولين الغسل والصلاة والصوم ولها الطواف والجماع وفي وجه لا يحل الجماع إذا قلنا بالسحب ثم إذا عاد الدم تركت الصوم والصلاة والجماع وغيرها وبينا على قول السحب وقوع العبادات والجماع في الحيض لكن لا تأثم وتقضي الصوم والطواف دون الصلاة وعلى قول التلفيق ما مصى صحيح ولا قصاء وهكذا حكم الانقطاع الثاني والثالث وما بعدهما في الخمسة عشر وفيه وجه ساذ ضعيف أن ما سوى الانقطاع الأول يبنى على أن العادة بماذا ثبتت فإذا ثبتت توقفنا في الغسل وسائر العبادات ارتقابا للعود وأما الشهر الثاني وما بعده فعلى قول التلفيق لا يختلف الحكم وعلى السحب في الدور الثاني

طريقان أصحهما يبنى على الخلاف في العادة إن أثبتناها بمرة فقد عرفنا التقطع بالشهر الأول فلاتغتسل ولاتصلي ولاتصوم حملا على عود الدم فإن لم يعد بان أنها كانت طاهرة فتقصي الصوم والصلاة وإن لم نثبتها بمرة فحكمها كما مضى في الشهر الأول وفي الشهر الثالث وما بعده تثبت العادة بالمرتين السابقتين فلا تغتسل عندالانقطاع ولاتصلي وإذا قلنا لا تثبت العادة إلابثلاث مرات لم يخف قياسه والطريق الثاني أن التقطع وإن تكرر مرات كثيرة فحكم المرة الأخيرة حكم الأول قاله أبو زيد قلت قطع بالطريق الثاني الشيخ أبو حامد وصاحب الشامل وغيرهما وهو ظهر نصه في الأم وهو الأصح والله أعلم. هذا كله إذاكان الانقطاع بعد بلوغ الدم أقل الحيض فإن رأت المبتدأة نصف يوم دما وانقطع وقلنا بطرد القولين فعلى قول السحب لا غسل عليها عند الانقطاع الأول أيضا على الأصح لشكنا في الحيض وفي سائر الانقطاعات إذا بلغ ما سبق من الدم وحده أقل الحيض يلزمها الغسل وقضاء الصوم والصلاة وحكم الدور الثاني والثالث على القولين جميعا كما ذكرنا في الحالة الأولى.

 

H. PERHITUNGAN DARAH YANG KELUAR SAAT WANITA TIDUR

 

Jika wanita tidur dalam keadaan suci dan bangun telah mengeluarkan darah, maka penghitungan keluarnya darah dimulai dari ia bangun, begitu juga sebaliknya.

Contoh : wanita mulai tidur jam 01:00 malam dalam keadaan suci kemudian bangun jam 04:00 pagi dan darah telah keluar maka keluarnya darah terhitung mulai jam 04:00 pagi bukan jam 01:00 dini hari.

 

Referensi :

ردالمحتار ج ٢ ص ٣٨٥ مكتبة دار الباز

وفي الفيص: لونامت طاهرة وقامت حائضة حكم بحيصها منذ قامت وبعكسه منذ نامت احتياطا.

 

I. HAL HAL YANG DI HARAMKAN WANITA HAID

 

1.     SHOLAT (baik fardhu atau sunnah)

 

Bagi wanita haid diharamkan melakukan shalat, karena memang pada dasarnya ia tidak di wajibkan untuk melakukannya, dan setelah ia suci tidak diwajibkan untuk meng-qodho, karena andaikan diwajibkan meng-qodho hal tersebut akan memberatkan. Namun bukan berarti dengan ia meninggalkan shalat berakibat ia tidak mendapatkan pahala, sebab pahala bisa ia dapatkan jika niat menuruti perintah syari' (Allah Swt ddan Nabi Muhammad Saw).

 

Referensi :

 

المحلي بحاشية القليوبي الجزء الأول ص ٩٩-١٠٠ دار الفكر

(ويحرم به) أي بالحيض (ماحرم بالجنابة ) من الصلاة وغيرها (وعبور المسجد إن خافت تلويثه) بالمثلثة بالدم لغلبته أو عدم إحكامها الشد فإن أمنت جاز لهاالعبور كالجنب (والصوم ويجب قضاؤه بخلاف الصلاة) فلا يجب قضاؤها للمشقة فيه بكثرتها . (قوله من الصلاة إلخ) وتثاب الحائض على ترك ما حرم عليها إذا قصدت امتثال الشارع في تركه لا على العزم على الفعل لولا الحيض بخلاف المريض لأنه أهل لما عزم عليه حالة عزمه.

بغية المستر شدين ص ٣١ دار الفكر

(فائدة) قوله صلى الله عليه وسلم " النساء ناقصات عقل ودين " المراد بالعقل الدية وقال بعضهم هو العقل الغزيزي وهو المناسب للمقام وبنقص الدين بالنسبة للرجال من حيث عدم تعبدهن في بعد الأوقات وإن كن يثبن على الترك إن قصدن امتثال أمر الشارع كترك المحرمات. اهى بجيرمي

 

2.     PUASA (baik fardhu atau sunnah)

 

Hal ini karena syarat sahnya puasa harus suci dari haid, namun jika haid terjadi di bulan ramadhan, ia harus meng-qodho pada bulan-bulan lainnya. Alasan di wajibkan mengqodho' karena puasa tidak sering dilakukan, sehingga tidak dirasa begitu berat oleh mereka, beda halnya dengan shalat.

 

3.     MEMBACA ALQURAN

 

Keharaman membaca Al-quran bagi orang yang sedang haidl, didasari dari sabda Nabi Saw, yang artinya: " bagi orang yang masih menjalani haidl dan junub tidak di perkenankan membaca Al-quran".

 

4.     MENYENTUH ATAU MEMBAWA ALQURAN

 

Bagi orang yang menjalani haidl, haram untuk menyentuh Al-quran, di dasari dari Firman Allah Swt yang artinya: "Tidak boleh untuk menyentuh Alquran kecuali bagi yang suci ".

 

5.     BERDIAM DIRI DI MASJID

 

Jika sekedar lewat ia di perbolehkan dengan catatan tidak ada kehawatiran mengotori masjid, sedangkan dasar keharaman berdiam diri di masjid bagi wanita haidl  adalah sabda Nabi Saw yang berbunyi: "masjid tidak halal bagi orang junub dan orang haidl".

 

6.     MELAKUKAN HUBUNGAN SUAMI ISTRI

 

Wanita yang sedang haidl diharamkan bersenggama, dikarenakan firman Allah Swt yang artinya: "jauhilah wanita yang sedang menjalani haid".

 

Menurut para ulama, menyetubuhi istri saat haid termasuk dosa besar, meskipun tidak sampai menyebabkan kafarat. Dan banyak dari kalangan dokter maupun ulama mengungkapkan bahwa bersetubuh disaat istri haidl atau darah sudah berhenti namun belum mandi, akan berakibat buruk pada kesehatan. Diantaranya komentar Imam Ghozali menyebutkan bahawa hal tersebut dapat menimbulkan penyakit kulit yang dahsyat pada diri suami, dan mungkin pada anak yang akan lahir kelak.

 

Referensi :

 

الباجوري الجزء الأول ص ١١٥ دار إحياء الكتب العر بية

)و) السابع (الوطء) ويسن لمن وطئ في إقبال الدم التصدق بدينار ولمن وطئ في أدباره التصدق بنصف دينار (قوله والسابع الوطء) ولو في الدبر ولو بعد انقطاع الدم وقبل الغسل وحكى الغزالي أن الوطء قبل الغسل يورث الجذام ,قيل في الوطئ وقيل في الولد وأما بعد الغسل فله أن يطأها في الحال من غير كراهة إن لم تخف عوده.

البجيرمي على الخطيب الجزء الأول ص ٣٢٣- ٣٢٥ دار الفكر

)و)السابع (الوطء)ولو بعد انقطاعه وقبل الغسل لقوله تعالى " ولا تقربوهن حتى يطهرن" ووطؤها في الفرج كبيرة من العامد العالم بالتحريم المختار ويكفر مستحلة كما في المجموع عن الأصحاب وغيرهم بخلاف الناسي والجاهل والمكره لخبر " إن الله تجاوز عن أمتي الخطأوالنسيان وما استكرهوا عليه " رواه البيهقي وغيره. ويسن للوطئ المعثمد المختار العالم بالتحريم في أول الدم وقوته التصدق بمثقال إسلامي من الذهب الخالص وفي آخر الدم وضعفه بنصف مثقال لخبر " إذا واقع الرجل أ هله وهي حائض إن كان دما أ حمر فليتصدق بدينار وإن كان أ صفر فليتصدق بنصف دينار". رواه أبو داود والحاكم وصححه . ويقاس النفاس على الحيض ولا فرق في الواطئ بين الزوج وغيره فغير الزوج مقيس على الزوج الوارد في الحديث والوطء بعد انقطاع الدم إلى الطهر كالوطء في اخر الدم ذكره في النجموع . ويكفي التصدق ولو على فقير واحد. (قوله الوطء) ولوبحائل ثخين كأنبوبة ، ومحل المنع إذا لم يخف الزنا ، فإن خافه جاز إن تعين طريقالدفعه كما قاله م ر. بل ينبغي وجوبه لأنه يرتكب أخف المفسدتين وقياسه حل الاستمناء إن تعين للدفع سم فلو كان يندفع بكل من الزنا والاستمناع تعين الاستمناع لخفته اج. ولو تعارض الوطء في الحيض والاستمناع بيده قدم الوطء لأن المرأة حل له في الجملة ولأن حرمته لعارض وهو محاورته للنجاسة وكونه يورث علة مؤلمة للمجامع وإجذام الولد ليس أمرا محققا بخلاف الاستمناء بيده فإنه حرام لذاته.

 

Kemudian bagi orang yang terlanjur menggauli istrinya disaat haidl, disunahkan untuk sodakoh satu dinar(3,88 gr emas), jika saat bersetubuh darah haidl keluar dengan deras. Dan sodakoh setengah dinar jika saat bersetubuh darah haidl menjelang berhenti(tidak deras).

 

Referensi :

 

الفقه الإسلامي الجزء الأول ص ٥٤٠ دار الفكر

وقال الشافعية : يسن لمن وطئ في إقبال الدم التصدق بدينار ولمن وطئ في إدباره التصدق بنصف دينار لخبر ابن عباس السابق عند الترمذي : إذا كان دم أحمر فدينار وإن كان دما أصفر فنصف دينار ". ونصف في صحيفة ٧٢ : الدينار المثقال من الذهب أو ٢٥ ،ّ٤ غم أو ٧٢ حبة من الشعير المتوسط.

 

7.     BERMESRAAN DENGAN BERSENTUHAN KULIT ANTARA PUSAR DAN LUTUT

 

Keharaman ini berdasarkan hadis Nabi Saw yang di riwayatkan dari sahabat Mu'adz, yang pernah bertanya pada beliau sebenarnya sebatas manakah anggota yang dihalalkan untuk suami disaat istrinya menjalani haidl, dari pertanyaan itu Rasulullah Saw menjawab: "bahwa yang halal bagi sang suami adalah anggota yang diatas jarik(bahasa jawa). Keharaman ini karena mendorong suami untuk melakukan persetubuhan dengan sang istri.

 

Referensi :

 

الباجوري الجزء الأول ص ١١٥ دار إحياء الكتب العربية

)و) الثامن (الاستمتاع بما بين السرة والركبة) من المرأة فلا يحرم الاستمتاع بهما ولا بما فوقها على المختار في المهذب (قوله بما بين السرة و الركبة ) أي بوطء أو غيره لأن الغير ولو بلا شهوة ربما يدعو إلى الجماع فحرم لخبر "من حام حول الحمى يوشك أن يقع فيه"

 

8. THAWAF (baik fardhu atau sunnah)

 

Ibadah thowaf haram dilakukan bagi orang haid, berdasarkan dari sabda Nabi Saw pada Sayidah Aisyah yang artinya: "lakukanlah apa saja yang di lakukan oleh orang yang haji hanya saja kamu jangan melakukan thawaf”.

 

J. MONOPAUSE

 

Menurut kalangan syafi’iyah, selama hayat masih dikandung badan, darah yang keluar dari rahim wanita dihukumi haidl. Ketentuan ini jika darah yang keluar telah memenuhi kriteria dalam haidl, namun umumnya monipouse terjadi setelah wanita berusia 62 tahun.

 

Referensi :

 

الشرقاوي الجزء الأول ص١٤٨ دار الفكر

)وسن اليأس)من الحيض (اثنان وسنون سنة(

)قوله اثنان وستون ) هو المعتمد وهذا باعتبار الغالب فلا ينافى ما صرحوا به من أنه لا آخر لسن الحيض فهو ممكن ما دامت حية .

 

K. BATASAN MASA SUCI YANG MEMISAHKAN ANTARA SATU HAID DENGAN HAID BERIKUTNYA

 

·        Minimal Suci : 15 hari 15 malam

·        Maximal Suci : Tidak ada batasannya

·        Umumnya Suci : 23 atau 24 hari

Melihat paparan diatas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa : jika wanita mengeluarkan darah kedua diluar lingkup 15 hari , namun masa berhentinya darah(pemisah antara darah pertama dan kedua ) belum mencapai 15 hari , maka status darah kedua bukanlah haid, namun darah fasad. Dan jika keluarnya darah kedua masih dalam lingkup 15 hari dan tidak melewari hari ke-15, maka semuanya di hukumi haidl.

 

Contoh :

Seorang wanita mengeluarkan darah tanggal 1-5, kemudian suci, dan darah keluar kembali pada tanggal 16-26, maka hukum darah yang keluar pada tanggal 1-5 adalah darah haidl. Sedang tanggal 16-20, hukumnya istihadhoh dan darah berikutnya adalah darah haidl.

 

Contoh :

Seorang wanita mengeluarkan darah mulai tanggl 1-5, kemudian suci, dan darah keluar kembali tanggal 10-15, maka hukumnya semua dianggap haidl(haidnya 15 hari).

 

Referensi :

 

المجموع الجزء الثاني ص ٥١٢-٥١٣ المكتبة السلفية

)فرع) إذا رأت ثلاثة أيام دما ثم اثني عشر نقاء ثم ثلاثة دما ثم انقطع فالثلاثة الأولى حيض لأنه في زمان الإمكان و الثلاثة الأخيرة دم فساد ولا يجوز أن تجعل حيضا مع الثلاثة الأول وما بينهما لمجاوزته خمسة عشر يوما ولايجوز أن تجعل حيضا ثانيا لأنه لم يتقدمه أقل طهر وهكذا لو رأت يوماوليلة دما أو يومين أو ثلاثة أو أربعة أو خمسة أو ستة أو غير ذلك ثم رأت النقاع تمام خمسة عشر ثم رأت يوما وليلة فأكثر دما فالأول حيض والآخر دم فساد ولا خلاف في شيء من هذا ولو رأت دما دون يوم وليلة ثم رأت النقاع تمام خمسة عشر ثم رأت الدم يوما وليلة أو ثلاثة أيام أو خمسة أو نحو ذلك فالأول دم فساد والثاني حيض لوقوعه في زمن الإمكان ولا يضم الأول إليه المجاوزة الخمسة عشر ولا يستقل بنفسه ولو رأت نصف يوم دما ثم تمام خمسة عشر نقاء ثم نصف يوم دما فالدمان جميعا دم فساد ولا حيض لها بلا خلاف لأن كل دم لا يستقل ولا يمكن ضمه إلى الآخر المجاوزة خمسة عشر. ولو رأت المبتدأة يوما بلا ليلته دما ثم ثلاثة عشر نقاء ثم أيام دما فقد رأت في الخمسة عشر يومين دما في أولها يوما وفي آخرها يوما فإن قلنا لا تلفق فحيضها الدم الثاني وأما الأول فدم فساد وإن لفقنا من العادة فحيضها أيضا الثاني وأما الأول فدم فساد لأن المبتدأة ترد إلى يوم وليلة أو ست أو سبع وليس في هذا الزمان ما يمكن جعله حيضا وإن لفقنا في مدة الإمكان وهي الخمسة عشر فإن قلنا المبتدأة ترد يوم وليلة حيضناها اليوم الأول ومن الخامس عشر مقدار ليلة فيتم لها يوم وليلة وإن قلنا ترد الى ست أو سبع فحيضها الأول من الخامس عشر بليلته لأنه المكان ويكون الدم بعد الخمسة عشر دم فساد.

 

L. STATUS KEPUTIHAN YANG KELUAR SETELAH BERHENTINYA DARAH

 

Cairan berwarna putih(keputihan) yang keluarnya setelah berhentinya darah menurut Imam Syafi'i dihukumi suci dan bukan darah haidl sehingga tidak mengharuskan mandi. Dan keputihan atau getah vagina dalam istilah fiqh dikategorikan sebagai ‘rothubatul farji’ dan hukumnyaa sebagai berikut;

        i.            Bila keluar dari balik lubang farji(anggota farji bagian dalam yang tidak terjangkau penis(saat bersenggama), maka hukumnya najis dan menyebabkan batalnya wudhu, sebab keluar dari dalam tubuh.

      ii.            Bila keluar dari lubang farji(anggota farji yang tidak wajib dibasuh ketika istinja` dan masih terjangkau penis(saat bersenggama), maka hukumnya suci menurut sebagian Ulama.

    iii.            Bila keluar dari luar lubang farji(anggota farji yang tampak saat jongkok), maka hukumnya suci.

 

Referensi :

 

اعانة الطالبين الجزء الأول ص ٨٢. الحرمين.

)قوله وهي) أي رطوبة الفرج الطاهرة على الأصح (قوله متردد بين المذي والعرق) أي ليس مذيا محضا ولا عرقا كذلك (قوله الذي لا يجق غسله) خالف في ذلك الجمال الرملي وقال إنها إن خرجت من محل لا يجب غسله فهي نجسة لأنها حينئذ رطوبة جوفيه وحاصل ما ذكره الشارح فيها إنها ثلاثة أقسام طاهرة قطعا وهي ما تخرج مما يجب غسله في الاستنجاء وهو ما يظهر عند جلوسها ، ونجسة قطعا وهي ما تخرج من وراء باطن الفرج وهو ما لا يصله ذكر المجامع، وطاهرة على الأصح وهي ما تخرج مما لا يجب غسله ويصله ذكر المجامع وهذا التفصيل هو ملخص ما في التحفة وقال العلامة الكردي أطلق في شرحي الإرشاد نجاسة ما تحقق خروجه من الباطن وفي شرح العباب بعد كلام المجموع أنها متى خرجت مما لا يجب غسله كانت نجسة اهى.

حاشية القليوبي على المحلي الجزء الأول ص ٧١ دار الفكر

)قوله والثالث)وهو رطوبة الفرج وإن انفصلت عنه وهي ماء أبيض يخرج مما بين ما يجب غسله في الاستنجاء والآخر ما يصله ذكر المجامع المعتدل فما وراء ذلك نجس قطعا وما قبله طاهر قطعا . وفي كلام الشارح وغيره كشيخنا الرملي وابن حجر وغيره أن هذه الاقسام الثلاثة في فرج الآدمي لا في فرج البهيمة وهو المعروف المشاهد ثم رأت عن البلقيني أنه ليس للبهيمة إلا منفذ واحد للبول والجماع فراجعه.

 

BAB II. MUSTAHADHOH DALAM HAID

 

A.   DEFINISI ISTIHADHOH

 

Definisi istihadhoh adalah darah yang keluar selain dimasa haidl dan nifas.

 

Contoh:

·        Darah keluar sementara usia wanita belum genap 9 tahun kurang 15 hari 23jam 59menit 59detik.

·        Darah yang dikeluarkan tidak mencapai 24 jam.

·        Darah yang keluar melebihi 15 hari 15 Malam.



Referensi :

 

حاشية اعانة الطالبين للسيد أبي بكر المشهور بالسيد البكري بن محمد شطا الدمياطي المصري ج ١ ص ٧٤ الحرمين

وحاصل ذلك أن الاستحاضة الدم الخرج في غير أوقات الحيض والنفاس بأن خرج قبل تسع سنين أو بعدها ونقص عن قدر يوم وليلة وبأن زاد على خمسة عشر يوما بليالها أو قبل تمام أقل الطهر أو مع الطلق ولم بتصل بحيض قبله وهي حدث دائم فلا تمنع شيئا مما تمنع بالحيض من نحو صلاة ووطء ولو مع جريان الدم. اه

 

B.    HAL HAL YANG HARUS DILAKUKAN MUSTAHADHOH APABILA AKAN SHALAT

 

1. Membersihkan kemaluan.

2. Membalut kemaluan dengan kapas atau yang lainnya, hal ini bertujuan agar darah yang ada di dalam tidak keluar atau setidak tidaknya bisa meminimalisir keluarnya darah, dan dalam menyumbat harus sampai pada kemaluan yang tidak wajib dibasuh ketika istinja', dengan catatan setatusnya bukanlah orang yang berpuasa, sebab kalau hal ini dilakukan sementara ia dalam keadaan puasa, maka puasanya dihukumi batal.

3. Setelah ia menyumbat kemaluan, dan darah tetap keluar maka ia harus membalutnya dengan semisal kain atau yang lainnya.

4. Setelah kemaluam terbalut, lalu ia harus segera bersuci dengan wudhu atau tayamum dan secepatnya melakukan shalat.

 

Referensi :

 

البجيرمي على المنهج الجزء الأول ص ١٣٤-١٣٥ دار الفكر

)والاستحاضة كسلس) أي كسلس بول أو مذي فيما يأتي (فلا تمنع ما يمنعه الحيض) من صلاة وغيرها للضرورة وتعبيري بذلك أعم من قوله فلا تمنع الصوم والصلاة وإن كان في المتحيرة تفصيل يأتي ( فيجب أن تغسل مستحاضة فرجها فتحشوه) بنحو قطنة (فتعصبه) بأن تشده بعد حشوه بذلك بخرقة مشقوقة الطرفين تخرج أحدهما أمامها والآخر وراءها وتربطهما بخرقة تشد بها وسطها كالتكة. (بشرطهما) أي الحشو والعصب أي بشرط وجوبهما بأن احتاجتها ولن تتأذ بهما ولم تكن في الحشو صائمة وإلا فلا يجب بل يجب على الصائمة ترك الحشو نهارا ولو خرج الدم بعد العصب لكثرته لم يضر أو لتقصيرها فيه ضر (فتتطهر ) بأن تتوضأ أو تتيمم وتفعل جميع ما ذكر ( لكل فرض) وإن لم تزل العصابة عن محلها ولم يظهر الدم على جوانبها كالتيمم في غير دوام الحدث في التطهر وقياسا عليه في الباقي (وقته) لا قبله كالتيمم-إلى أن قال- (و) إن ( تبادر به) أي بالفرض بعد التطهر تقليلا للحدث بخلاف المتيمم في غير دوام الحدث (ولا يضر تأجيرها) الفرض(لمصلحة كستروانتظار جماعة) وإجابة مؤذن واجتهاد في قبله لأنها غير مقصرة بذلك والتصريح بالوجوب في غير الوضوء والعصب من زيادتي. قوله(فتحشوه) ويجب في الحشو أن يكون داخلا عن محل الاستنجاء لابارزا عنه لئلاتصيرحاملة لمتصل بنجس اهى برماوي.

تحفة المحتاج الجزء الأول ص ٤١٨ دار الفكر

)والاستحاضة)كأن يجاوز الدم خمسة عشر و يستمر (حدث دائم كسلس) بفتح اللام أي دوام بول أو نحوه فإنه حدث دائم أيضا فهو تشبيه لبيان حكمها الإجمالي لاتمثيل لها فلهذا فرع عليه قوله (فلا تمنع الصوم والصلاة) وغيرهما مما يحرم بالحيض كالوطء ولو حال جريان الدم والتضمخ بالنجاسة للحاجة جائز بيانا لذلك الحكم الإجمالي

 

Muhimmatun :

·        Niat mustahadhoh dalam melakukan bersuci, bukanlah untuk menghilangkan hadats, namun niatnya adalah supaya ia di perbolehkan untuk melakukan shalat atau yang lainnya.

·        Jika ia punya anggapan kuat(dzon) bahwa darahnya akan berhenti di akhir waktu, maka ia harus menanti sampai pada waktu itu.

·        Satu kali bersuci hnya bisa digunakan untuk satu fardhu, sedangkan untuk shalat sunnah bisa ia lakukan dengan berulang kali meskipun hanya dengan satu kali bersuci.

 

C.   KLASIFIKASI MUSTAHADHOH

 

Untuk menetapkan masa haidl dari mustahadhoh, perlu diketahui terlebih dahulu kategori mustahadhoh yang secara global hanya ada dua yaitu:

 

1. Mubtada'ah : perempuan yang baru pertama kali mengeluarkan darah (belum punya adat haidl).

2. Mu'taadah : perempuan yang sudah mempunyai masa kebiasaan haidl.

 

Sedangkan keterangan secara rinci insya Allah akan di uraikan di bawah ini;

 

Bentuk Mustahadhoh ada 7 (tujuh):

 

1. Mubtada'ah mumayizah

2. Mubtada'ah ghoiru mumayizah

3. Mu'tada’ah mumayizah

4. Mu'tadah ghoiru mumayizah yang ingat kadar dan waktu haidl yang pernah ia alami.

5. Mu'tadah yang lupa kadar dan waktu keluarnya darah yang pernah ia alami.

6. Mu'tadah yang hanya ingat kadar lamanya keluar darah namun lupa waktunya.

7. Mu'tadah yang ingat waktu namun ia lupa kadarnya, dan wanita yang lupa dikatakan wanita mutahayyiroh.

 

Referensi :

 

وصورها سبعة لأنها إما مبتدأة مميزة أو مبتدأة غير مميزة وإما معتادة مميزة أو معتادة غير مميزة ذاكرة لعادتها قدرا ووقتا أو ناسية لها قدر ووقتا أو ذاكرة للقدر دون الوقت أو العكس وتسمى هذه المرأة الناسية متحيرة.

 

 

I.                   MUSTAHADHOH MUBTADA`AH MUMAYYIZAH

 

الصورة الأول هي المبتدأة أي أول ما ابتدأها الدم المميزة وهي التي ترى قويا وضعيفا كاالأسود والأحمر فالضعيف وإن طال استحاضة والقوي حيض بشرط ان لاينقص القوي عن أقل الحيض وأن لا يعبر اكثره وأن لاينقص الضعيف عن أقل الطهر وأن يكون ولاء بأن يكون خمسة عشر يوما فأكثر متصلة.

 

Mustahadhoh pertama adalah mubtada'ah mumayizah yaitu wanita pemula mengeluarkan darah, dan dapat membedakan darah antara darah kuat dan lemah, mengenai hukumnya wanita seperti ini ketika keluar darah lemah meskipun lama dihukumi istihadoh, sedangkan darah kuat dihukumi haidl dengan catatan sebagai berikut :

·        Darah kuat tidak kurang dari 24 jam.

·        Darah kuat tidak lebih dari 15 hari.

·        Darah lemah yang keluar diantara dua darah kuat tidak kurang dari 15 hari.

Syarat ini diberlakukan jika ada darah kuat yang sama dengan darah yang pertama keluar. Sebab syarat ini hanya untuk menentukan darah kuat yang kedua dihukumi darah haidl(bukan untuk menentukan haidl terhadap darah kuat pertama) dan masa keluar darah lemah dihukumi sebagai pemisah antara dua haidl. Sedangkan jika tidak ada darah kuat kedua, maka syarat ke-3 ini tidak diberlakukan(wanita seperti ini masih dihukumi mumayizah dengan hanya membutuhkan syarat 1 dan 2.

·        Darah lemah yang keluar diantara dua darah kuat harus terus menerus dalam arti keluarnya tidak silih berganti.

 

Referensi :

 

حاشية الشربني على شرح البهجة الأول ص ٢٢٠-٢٢١ الميمنية بمصر

)قوله فحيضها السواد الأول مع الحمرة ) اعلم أنه تقدم في كلام الشارح أن اشتراط بلوغ الضعيف خمسة عشر ليمكن جعله طهرا أي فيمكن جعل ما بعده حيضا فقد صرح الشيخان بأن هذا الاشتراط ليمكن جعل القوي بعده حيضا كما نقله الشيخ عميرة على المنهج ونقل سم في حاشية الشارح عن المتولي أنه قال إنه إنما يفتقر إلى القيد الثالث إذا استمر للاحتراز عما لو رأت عشر سوادا ثم عشر حمرة أو نحوهما وانقطع الدم فإنها تعمل بتمييزها فالمراد بالاستمرار في كلام المتولي أن يأتي بعد الضعيف قوي مماثل للأول إذ لو استمر الضعيف كانت مميزة وليسد المراد استمرار القوي دائما قطعا فإن إمكان جعل القوي حيض ثابت وإن لم يستمر القوي وحينئذ فمثال المجموع الذي هو السبعات المذاكرة مما نقص الضعيف فيه عن أقل الطهر واستمر الدم فتكون فاقدة لشرط التمييز وحيضها يوما وليلة.

حاشية الشربن على شرح البهجة الجزء الأول ص ٢١٧ الميمنيةبمصر

قوله(ليمكن جعله طهرا) أي لاشيئ أخر فلا ينافي أن يكون مع ما قبله حيضا تدبر . قوله(أيضا ليمكن جعله طهرا) أي فيمكن ما بعد حيضا لا لكون ما قبله حيضا فإنه ليس شارطا في ذلك انتهى.

غرر البهية مع حاشية الشربني الجزء الأول ص ٢١٧ الميمنية بمصر.

فإن فقدت شرطا مما ذكر فهي كغير المميزة وستأتي وذلك بأن يكون القوي دون يوم وليلة أو فوق خمسة عشر أو يبلغ يوما وليلة وينقص الضعيف عن خمسة عشر أو يبلغها غير متصلة كأن رأت يوما أسود ويومين أحمر وهكذا إلى آخر الشهر. قوله(وينقص الضعيف)أي وجاء بعده قوي انتهى.

 

Contoh I :

Seorang wanita belum pernah haidl dan di usia memungkinkan haidl mengalami pendarahan sebagai berikut:

·        Tanggall 1 keluar darah hitam selama 24jam

·        Tanggall 2-22 keluar darah merah (lewat 15hr)

Maka yang di hukumi haidl adalah darah hitam. Dan darah merah dihukumi istihadhoh.

 

Contoh II :

Wanita belum pernah haidl dan di usia yang memungkinkan haidl ia mengalami pendarahan sebagai berikut:

·        Tanggal 1-10 keluar darah hitam

·        Tanggal 11-31 keluar darah merah

Maka haidlnya 10 hari. Sisanya istihadhoh

 

Contoh III :

Wanita belum pernah haidl dan di usia yang memungkinkan haidl ia mengalami pendarahan sebagai berikut:

·        Tanggal 1-10 keluar darah hitam

·        Tanggal 11-25 keluar darah merah

·        Tanggal 26-28 keluar darah hitam

Maka tanggal 1-10 dihukumi haidl. Tanggal 11-25 dihukumi istihadhoh. Tanggal 26-28 dihukumi haidl ke-2 karena sudah dipisah oleh minimal suci 15hr.

 

فإن نقص القوي عن اقل الحيض أو عبر أكثره أو نقص الضعيف عن اقل الطهر أو لم يكن ولاء كما لو رأت يوما أسود ويوما أحمر وهكذا فهي فاقدة سرط من سروط التمييز وسيأتي حكمها اهى. (حاسية الباجوري على ابن القاسم الغزي الجزء الأول ص ١١٠(

 

Melihat kriteria diatas, wanita masuk kategori tidak memenuhi syarat tamyiz jika :

 

1.     Darah kurang dari 24 jam

Contoh : seorang wanita belum pernah haidl, di usia memungkinkan haidl ia mengalami pendarahan sebagai berikut: tanggal 1 keluar darah warna hitam selama 15 jam, dan selanjutnya mengeluarkan darah warna merah sampai tanggal 20.

2.     Darah kuat melebihi 15 hari.

Contoh : seorang wanita belum pernah haidl, di usia memungkinkan haidl, ia mengalami pendarahan sebagai berikut: tanggal 1-16 mngeluarkan darah warna hitam, kemudian disusul darah merah sampai tanggal 25.

3.     Darah lemah yang diapit oleh dua darah kuat kurang dari minimal masa suci.

Contoh : seorang wanita belum pernah haidl, di usia memungkinkan haidl, ia mengalami pendarahan sebagai berikut: tanggal 1 mengeluarkan darah warna hitam, tangggal 2-15 keluar darah warna merah dan berikutnya ia keluar darah hitam sampai tanggal 20.

4.     Darah Lemah yang diapit dua darah kuat keluarnya secara silih berganti

Contoh : seorang wanita belum pernah haidl, di usia memungkinkan haidl, ia mengalami pendarahan sebagai berikut: keluar darah sehari warna hitam, dan sehari warna merah dan kejadian ini berlanjut hingga lebih dari 15 hari.

 

Dari ke-4 contoh diatas yang dihukumi haidl adalah 1(satu) hari saja. Selebihnya istihadhoh.

 

Referensi :

التهذيب الجزء الأول ص :٤٤٧ دار الكتب العلمية

وإنما يعمل بالتمييز بثلاثة شرائط : أحدها الاينقص الدم القوي عن يوم وليلة . والثاني الاتزيد عن خمسة عشر يوما . والثالث : الاينقص الدم الضعيف بين الدمين القوي عن خمسة عشر يوما لأنه طهر في حق المميزة ، والطهر لا ينتقص عن خمسة عشر يوما فإن انتقض الدم القوي عن يوم وليلة أو زاد على خمسة عشر يوما انتقص الدم الضعيف عن خمسة عشر يوما وهي كمن رأت الكل على لون واحد. ولوكانت ترى يوما وليلة دما أسود ثم يوما وليلة أحمر ثم أسود ثم أحمر فإن انقطع على خمسة عشر يوما فالكل حيض وإن جاوز فهو كما لو رأت الدم كله على لون واحد لأن الدم الضعيف لم يبلغ أقل الطهر وإذا اجتمع دمان قويان ومجموعهما لا يزيد على خمسة عشر يوما تجعل الكل حيضا مثل إن رأت خمسة أيام دما أسود ثم خمسة دما أحمر ثم أصفر واستمر وزاد على خمسة عشر فأيام السواد والحمرة حيض وما بعدهما استحاضة.

 

Tanbih:

Wanita mustahadhoh mumayizah dibulan awal harus tarobbush(menanti) dengan meninggalkan apapun yang merupakan rutinitasnya, seperti shalat, puasa, sampai lewat 15 hari di hitung mulai pertama kali mengeluarkan darah, sebab kemungkinan darah berhenti sebelum lewatnya 15hri, yang tentunya semua darahnya dihukumi haidl.

Sedangkan dibulan kedua, kewajiban untuk mandi dalam rangka melakukan shalat adalah setelah pergantian darah dari kuat ke lemah.

 

Referensi :

روضة الطالبين الجزء الأول ص ٢٧٥ دار الفكر

واعلم أن المبتدئة المميزة لا تشتغل بالصوم والصلاة عند انقلاب الدم من القوة الى الضعيف لاحتمال إنقطاع الضعيف قبل مجاوزة خمسة عشر فيكون الجميع حيضا فتتربص الى انقضاء الخمية عشر فإن انقضت والدم مستمر عرفنا أنها مستحاضة فتقضي صلوات ما زاد على الدم القوي هذا حكم الشهر الأول . وأما الثاني وما بعده فبانقلاب الدم تغتسل وتصلي وتصوم ولايخرج ذلك على الخلاف في ثبوت العادة بمرة.

 

Jika darah yang di keluarkan wanita adalah darah kuat, lemah dan terlemah. Maka darah kuat dan darah lemah dihukumi haidl, dengan catatan memenuhi kriteria berikut:

·        Darah kuat keluar terlebih dulu

·        Darah kuat bersambung langsung dengan darah lemah

·        Keduanya keluar dalam lingkup 15hari.

 

Referensi :

 

 

حاشية الشيخ سليمان الجمل الجزء الأول ص ٢٤٨-٣٤٩ دار الفكر

ولو اجتمع قوي وضعيف وأضعف فالقوي مع ما يناسبه في القوة من الضعيف حيض بثلاثة شروط أن يتقدم القوي وأن يتصل به المناسب الضعيف وأن يصلحا معا للحيض بأن لايزيد مجموعهنا على أكثر كخمسة سوادا ثم خمسة حمرة ثم أطبقت الصفرة فالأولان حيض، فإن لم يصلحا معا للحيض كعشرة سوادا وستة حمرة ثم أطبقت الصفرة أو صلحا لكن تقدم الضعيف كخمسة حمرة ثم خمسة سوادا ثم أطبقت الصفرة أو تأخر لكن لم يتصل الضعيف بالقوي كخمسة سوادا ثم خمسة صفرة ثم أطبقت الحمرة فالحيض الأسود فقط اهى شرح

 

Contoh :

Seorang wanita mengalami pendarahan mulai tanggal 1-5 berwarna hitam, tanggal 6-10 berwarna merah, tanggal 11-17 berwarna kuning. Maka haidl-nya adalah tanggal 1-10.

Note:

Jika tidak memenugi 3 kriteria diatas maka yang dihukumi haidl adalah darah kuat saja.

 

Pengertian ‘Asy-Syahru’ Menurut Fuqoha'

 

Ketika dalam redaksi fuqoha terdapat kalimat ‘asy-syahru’, maka yang dimaksud oleh beliau adalah bulan hijriyah, kecuali dalam 3 permasalahan yang dalam hal ini yang dimaksudkan adalah 30 hari;

1.     Wanita mumayizah yang tidak memenuhi kriteria

2.     Wanita mutahayyiroh

3.     Wanita hamil

 

Referensi :

 

حاشية الشيخ سليمان الجزء ١ ص٢٥٠

واعلم أن الشهر متى أطلق في كلام الفقهاء فالمراد به الهلالي إلا في ثلاثة مواضع في المميزة الفاقدة شرطا وهي المذكورة هنا وفي المتحيرة وفي الحمل بالنظر لأقله وغالبه، فإن الشهر في هذه المواضع الثلاث عددي أعني ثلاثين يوما اهى. شيخنا ح ف نقلا عن الشوبري على التحرير

 

Ragam Perubahan Siklus Wanita

 

1. Adat Maju

Contoh : seorang wanita mengalami menstruasi di bulan january tanggal 5-12, kemudian dibulan berikutnya menstruasi terjadi mulai tanggal 1-7.

 

2. Adat Mundur

Contoh: seorang wanita mengalami menstruasi di bulan january tanggal 1-7, kemudian dibulan berikutnya menstruasi terjadi mulai tanggal 5-12.

 

3. Adat Bertambah

Contoh: seorang wanita mengalami menstruasi di bulan january tanggal 5-12, kemudian dibulan berikutnya menstruasi terjadi mulai tanggal 5-15.

 

4. Adat Berkurang

Contoh: seorang wanita mengalami menstruasi di bulan january tanggal 5-12, kemudian dibulan berikutnya menstruasi terjadi mulai tanggal 5-10.

 

Referensi

البيان ج ١ص٤٧٤ 

)فرع) وقد تنتقل العادة ، فتتقدم، فتتأخر، وتزيد ، وتنقص اه

 

Tatimmatun:

Jika adat wanita berkurang dibulan atau daur kedua dan seterusnya, maka setelah darah berhenti ia harus melakukan apa saja yang harus dilakukan oleh orang suci ini menurut qoul laqti atau talfiq(qoul dhoif). Dan hanya untuk bulan atau daur kedua saja menurut qoul syahbi yang menyatakan adat belum bisa diterapkan jika baru sekali terjadi.

 

Contoh : seorang wanita mengalami menstruasi dibulan januari tanggal 1-7, kemudian dibulan berikutnya menstruasi terjadi mulai tanggal 1-3, maka ia harus melakukan apa saja yang harus dilakukan orang suci setelah hari ke 3 (tidak perlu menunggu tanggal 7).

Sedang untuk bulan atau daur ketiga dan seterusnya, menurut qoul syahbi jika darahnya berhenti sebelum adatnya, maka ia tidak wajib mandi dan sholat, sebab kemungkinan besar darahnya akan kembali keluar lagi, yang otomatis masa berhentinya darah juga di hukumi haidl bila darah yang kedua tidak melewati 15 hari terhitung dari hari pertama mengeluarkan darah.

 

Referensi :


روضة الطالبين وعمدة المفتين ج ١ ص ١٩٥ دار الفكر

إذا انقطع دم المبتدأة فعند انقطاعه وهو بالغ أقل الحيض يلزمها على القولين الغسل والصلاة والصوم ولها الطواف والجماع وفي وجه لايحل الجماع إذا قلنا بالسحب ثم إذا عاد الدم تركت الصوم والصلاة والجماع وغيرها وبيان على قول السحب وقوع العبادات والجماع في الحيض لكن لا تأثم وتقضي الصوم والطواف دون الصلاة وعلى قول التلفيق ما مضى صحيح ولا قضاء وهكذا حكم الانقطاع الثاني والثالث وما بعدهما في الخمسة عشر وفيه وجه شاد ضعف أن ما سوى الانقطاع الأول يبنى على أن العادة بماذا ثبتت فإذا ثبتت توقفنا في الغسل وسائر العبادات ارتقابا للعود وأما الشهر الثاني وما بعده فعلى قول التلفيق لا يختلف الحكم وعلى السحب في الدور الثاني طريقان اصحهما يبنى على الخلاف في العادة إن اثبتناها بمرة فقد عرفنا التقطع بالشهر الأول فلاتغتسل ولا تصلي ولا تصوم حملا على عود الدم فإن لم يعد بان انها كانت طاهرة فتقضي الصوم والصلاة وإن لم نثبتها بمرة فحكمها كما مضى في الشهر الأول وفي الشهر الثالث وما بعده تثبت العادة بالمرتين السابقتين فلا تغتسل عند الانقطاع ولا تصلي وإذا قلنا لا تثبت العادة إلا بثلاث مرات لم يخف قياسه والطريق الثاني أن التقطع وإن تكرر مرات كثيرة فحكم المرة الأخيرة حكم الأولى قاله أبو زيد قلت قطع بالطريق الثاني الشيخ أبو حامد وصاحب الشامل وغيرها وهو ظاهر نصه في الأم وهو الاصح وآلله أعلم. هذا كله إذا كان الانقطاع بعد بلوغ الدم أقل الحيض فإن رأت المبتدأة نصف يوم دما وانقطع وقلنا بطرد القولين فعلى قول السحب لا غسل علبها عند الانقطاع الأول وتتوضأ وتصلي وفي سائر الانقطاعات إذا بلغ مجموع ما سبق دما ونقاء أقل الحيض صار حكمها ما سبق في الحالة الأول وعلى قول التلفيق لا غسل في الانقطاع الأول أيضا على الأصح لشكنا في الحيض وفي سائر الانقطاعات إذا بلغ ما سبق من الدم وحده أقل الحيض يلزمها الغسل وقضاء الصوم والصلاة وحكم الدم الثاني والثالث على القولين جميعا كما ذكرنا في الحالة الأول.

 

2. MUSTAHADHOH MUBTADA'AH GHOIRU MUMAYYIZAH

 

ﺍﻟﺼﻮﺭﺓ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻫﻰ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﺃﺓ ﺍﻯ ﺍﻭﻝ ﻣﺎ ﺍﺑﺘﺪﺃﻫﺎ ﺍﻟﺪﻡ ﻛﻤﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻤﻤﻴﺰﺓ ﻭﻫﻰ ﺍﻟﺘﻰ ﺗﺮﺍﻩ ﺑﺼﻔﺔ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﻭﻣﺜﻠﻬﺎ ﺍﻟﻤﻤﻴﺰﺓ ﺍﻟﺘﻰ ﻓﻘﺪﺕ ﺷﺮﻃﺎ ﻣﻦ ﺷﺮﻭﻁ ﺍﻟﺘﻤﻴﻴﺰ ﻓﺤﻴﻀﻬﺎ ﻳﻮﻡ ﻭ ﻟﻴﻠﺔ ﻭﻃﻬﺮﻫﺎ ﺗﺴﻊ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ ﺍﻥ ﻋﺮﻓﺖ ﻭﻗﺖ ﺍﺑﺘﺪﺍﺀ ﺍﻟﺪﻡ ﻭﺍﻻ ﻓﻤﺘﺤﻴﺮﺓ ﻭﺳﻴﺄﺗﻲ ﺣﻜﻤﻬﺎ . (حاشية الشيخ إبراهيم الباجوري ج ١ ص ١١١(

 

Wanita kedua dari mustahadhoh, adalah mubtada'ah ghoiru mumayyizah yakni wanita pemula yang mengalami pendarahan, dan tidak bisa membedakan warna darah yang ia keluarkan atau darah yang ia keluarkan hanya dengan satu sifat, untuk wanita ini hukumnya sama dengan wanita yang berstatus mumayyizah, namun tidak memenuhi kriteria, dalam arti haidlnya adalah sehari semalam dan sucinya 29 hari. Demikian, namun jika ia bisa mengetahui waktu awal mengeluarkan darah, sehingga jika wanita tersebut tidak mengetahui maka hukumnya seperti wanita mutahayyiroh sebagaimana keterangan yang insyaAllah akan di terangkan di pembahasan berikutnya :

 

Contoh : seorang wanita mengeluarkan darah pada tanggal 1,3,5,7,9,11,13,15,16,17,18

 

Untuk perempuan ini, pada bulan pertama mandinya harus menanti 15 hari 15 malam. Dan ia harus mengqodho'i sholat yang ia tinggalkan selama 14 hari (mulai hari ke 2-15). Dan untuk bulan selanjutnya(jika darah keluar berbulan bulan) mandinya tidak usah menunggu 15 hari, namun pada saat keluarnya sudah mencapai sehari semalam(24jam) sehingga ia tidak punya hutang dibulan bulan berikutnya.

 

Referensi :

 

روضة الطالبين الجزء الأول ص ١٧٩ دار الفكر

)فرع) غير المميزة كالمميزة في ترك الصوم الصلاة في الشهر الأول الى تمام خمسة عشر يوما فإن جاوزها الدم تبينا الاستحاضة فإن رددناها إلى أقل الحيض قضت صلوات أربعة عشر يوما وإن رددناها إلى الست أو السبع قضت صلوات تسعة أيام أو ثمانية وأما الشهر الثاني وما بعده فإن وجدت فيه تمييزا بشرطها قبل تمام المرد أو بعد فهي في ذلك الدور مبتدأة مميزة وإن استمر فقد التمييز وجب عند مجاوزة المرد الغسل والصوم والصلاة فإن شفيت في بعض الشهور قبل مجاوزة خمسة عشر بان أنها غير مستحاضة في ذلك الشهر وجميع دمها فيه حيض فتقضي ما صامته في أيام الدم وتبينا أن غسلها لم يصح ولا تأثم بالصوم والصلاة والوطء فيما وراء المرد وإن كان قد وقع في الحيض لجهلها.

 

Mubtada'ah ghoiru mumayyizah menurut pendapat ashoh, hukum haidlnya di kembalikan ke umumnya haidl, yakni enam atau tujuh hari. Dan tentunya ia harus mengqodho sholat yang di tinggalkan mulai hari ke-7 sampai hari ke-15. Pada bulan awal ia wajib mandi setelah melewati 15 hari, sedangkan pada bulan ke-2 dan seterusnya ia wajib mandi di hari ke-6 atau ke-7.

 

Referensi :

 

المحلي الجزء الأول ص ١٠٤ دار الفكر

)أو مبتدأة لا مميزة بأن رأته بصفة أو) بصفتين مثلا لكن (فقدت شرط تمييز) من شروطه السابقة (فالأظهر ان حيضها يوم وليلة وطهرها تسع و عشرون) بقية الشهر. والثاني تحيض غالب الحيض ستة أو سبعة، وقيل : تتخين بينهما ،والأصح النظر إلى عادة النساء إن كانت ستة فستة أو سبعة فسبعة ،وبقية الشهر طهرها. والعبرة بنساء عشيرتها من الأبوين ، وقيل : بنساء عصباتها خاصة ، وقيل: بنساء بلدها وناحيتها ، كذا في الروضة كأصلها ومعنى من الأبوين ، بقرينة الثاني المعتبر في مهر المثل ما في الكفاية أنه لافرق بين الأقارب من الأب أو الأم (قوله المتن فالأظهر أن حيضها الخ)-إلى أن قال -محل هذا إذا علمت وقت ابتداء الدم وإلا فمتحيرة.

المهذب للإمام أبي إسحاق إبراهيم بن علي بن يوسف الفيروزبادي الشيروزي ج ١ص٤٠ طه فوترا

فإن كانت المبتدأة غير مميزة وهي التي بدأ بها الدم وغيرالخمسة عشر والدم على صفة واحدة ففيها قولان أحدهما إنها تحيض أقل الحيض لأنه يقين وما زاد مشكوك فيه والثاني أنها ترد الى غالب عادة النساء وهي ست أو سبع وهو الأصح

 

3.     MUSTAHADHOH MU'TAADAH MUMAYYIZAH

 

ﺍﻟﺼﻮﺭﺓ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﻫﻰ ﺍﻟﻤﻌﺘﺎﺩﺓ ﻭﻫﻰ ﺍﻟﺘﻰ ﺳﺒﻖ ﻟﻬﺎ ﺣﻴﺾ ﻭﻃﻬﺮ ﺍﻟﻤﻤﻴﺰﺓ ﻭﻫﻰ ﺍﻟﺘﻰ ﺗﺮﻯ ﻗﻮﻳﺎ ﻭﺿﻌﻴﻔﺎ ﻛﻤﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻓﻴﺤﻜﻢ ﻟﻬﺎ ﺑﺘﻤﻴﻴﺰ ﻻﻋﺎﺩﺓ ﻣﺨﺎﻟﻔﺔ ﻟﻪ ﺍﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﺨﻠﻞ ﺑﺒﻨﻬﻤﺎ ﺍﻗﻞ ﺍﻟﻄﻬﺮ ﻓﻠﻮ ﻛﺎﻧﺖ ﻋﺎﺩﺗﻬﺎ ﺧﻤﺴﺔ ﻓﻰ ﺍﻭﻝ ﺍﻟﺸﻬﺮ ﻭﺑﻘﻴﺘﻪ ﻃﻬﺮ ﻓﻠﻤﺎ ﻧﺰﻝ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺍﻟﺪﻡ ﻭﺍﺳﺘﻤﺮ ﺭﺃﺕ ﻋﺸﺮﺓ ﺍﺳﻮﺩ ﻣﻦ ﺍﻭﻝ ﺍﻟﺸﻬﺮ ﻭﺑﻘﻴﺘﻪ ﺍﺣﻤﺮ ﻛﺎﻥ ﺣﻴﻀﻬﺎ ﺍﻟﻌﺸﺮﺓ ﻻ ﺍﻟﺨﻤﺴﺔ ﻓﻘﻂ . ﻷﻥ ﺍﻟﺘﻤﻴﻴﺰ ﺃﻗﻮﻯ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺎﺩﺓ ﻻﻧﻪ ﻋﻼﻣﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺪﻡ ﻭﻫﻰ ﻋﻼﻣﺔ ﻓﻰ ﺻﺎﺣﺒﺘﻪ ﻓﻠﻮﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻌﺎﺩﺓ ﻏﻴﺮ ﻣﺨﺎﻟﻔﺔ ﻟﻠﺘﻤﻴﻴﺰ ﻛﻤﺎ ﻟﻮﻛﺎﻧﺖ ﻋﺎﺩﺗﻬﺎ ﺧﻤﺴﺔ ﺍﻳﺎﻡ ﻓﻰ ﺍﻭﻝ ﺍﻟﺴﻬﺮ ﻓﺠﺎﺀ ﺍﻟﺘﻤﻴﻴﺰ ﻛﺬﻟﻚ ﺣﻜﻢ ﻟﻬﺎ ﺑﻬﻤﺎ ﻣﻌﺎ ﻭﻟﻮ ﺗﺨﻠﻞ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺍﻗﻞ ﺍﻟﻄﻬﺮ ﻛﺄﻥ ﺭﺃﺕ ﺑﻌﺪ ﺧﻤﺴﺘﻬﺎ ﻋﺸﺮﻳﻦ ﺿﻌﻴﻔﺎ ﺛﻢ ﺧﻤﺴﺔ ﻗﻮﻳﺎ ﻗﻢ ﺿﻌﻴﻔﺎ ﻓﻘﺪﺭﺍﻟﻌﺎﺩﺓ ﺣﻴﺾ ﻟﻠﻌﺎﺩﺓ ﻭﻗﺪﺭﺍﻟﺘﻤﻴﻴﺰ ﺣﻴﺾ ﺍﺧﺮ ﻟﻠﺘﻤﻴﻴﺰ .(حاشية الباجوري على ابن القاسم الغزي ج ١ ص ١١١(

 

Bagian ketiga dari mustahadhoh, adalah mu'taadah mumayyizah, artinya wanita yang pernah mengalami haidl dan suci sekaligus, mampu membedakan warna darah yang ia keluarkan, hukum wanita seperti ini yang di jadikan acuan untuk menghukumi haidl dalam tamyiz, bukan adat yang tidak sesuai dengan tamyiz, dengan catatan antara adat dan tamyiz tidak dipisah oleh minimal suci(15hari15malam).

Sehingga apabila kebiasaan haidlnya diawal bulan 5 hari(di bulan januari misalnya), dan bulan berikutnya ia mengeluarkan darah 10 hari dengan warna hitam dan di iringi warna merah sampai melebihi maksimal haid(15hari), maka haidlnya adalah 10 hari, bukan 5 hari. Karena tamyiz lebih kuat dijadikan acuan daripada adat. Karena tamyiz merupakan alamat bagi darah sedangkan adat merupakan alamat bagi yang mengeluarkannya, dengan demikian jika adat sama dengan tamyiz tentunya keduanya yang di jadikan acuan, juga andaikan adat dan tamyiz dipisah oleh minimal masa suci, maka masing-masing punya hukum tersendiri.

 

Contoh :

Ketika bulan januari ia mengalami haid 5 hari, dibulan berikutnya ia mengeluarkan darah selama 25 hari darah lemah, kemudiam 5 hari berikutnya darah kuat dan di 5 hari berikutnya darah lemah. Maka untuk tanggal 1-5 dihukumi haidl karena adat. Tanggal 6-20 dihukumi suci. Tanggal 21-25 dihukumi haidl lagi karena tamyiz. Sedangkan darah berikutnya adalah darah istihadhoh.

 

Referensi :

القليوبي الجزء الأول ص ١٠٥ دار الفكر

قوله (بالتمييز لا العادة) أي إن لم يتخلل بينهما نقاء أو ضعف قدر أقل الطهر وإلا عمل بهما فلو كانت عادتها خمسة من أول الشهر ثم رأت في شهر عشرين ضعفا ثم خمسة قويا فهذه الخمسة حيض لقوتها والخمسة الأول من العشرين حيض أيضا لوقوعها في محل العادة وقد أشار إلى ذلك في المنهج بقوله أما إذا تخلل بينهما أقل طهر كأن رأت بعد خمستها أي السابقة التي تثبت بها العادة عشرين ضعيفا ثم خمسة قويا ثم ضعيفا فقدر العادة أي من أول العشرين وهو خمسة حيض أي لوقوعة في محل العادة والقوي حيض آخر أي لقوته فراجعه.

روضة الطالبين الجزء الأول ص ١٨٣ دار الفكر

أما إذا تخلل بينهما أقل الطهر بأن رأت عشرين فصاعدا دما ضعيفا ثم خمسة يوما ثم ضعيفا وعادتها القادمة خمسة فقدر العادة حيض للعادة والقوي حيض آخر لأن بينهما طهرا كاملا هذا هو الصحيح.

 

Menurut Muqobilul Ashoh mu'taadah mumayyizah haidlnya di kembalikan ke adat.

Menurut Abu Said Al-Ushtuhri dan Abu 'Ali bin Khoiron, hukum haidlnya mu'taadah mumayyizah di kembalikan ke adat, atau haid yang pernah ia alami, bahkan inilah yang banyak di pahami oleh wanita, dan kita tidak masalah mengikuti pendapat ini karena bagaimanapun beliau juga termasuk santri-santri senior dari kalangan Syafi'iyah.

 

Referensi :

هامس الحاوي الكبير ج ١ ص٤٩٣

أبو سعيد الأصطخري منسوب إلى اصطخر المدنية واسمه الحسن بن أحمد (٢٤٤-٣٢٨) من كبار أصحابنا وأئمتهم وعبادهم وأخبارهم كما في المجموع ج٢ص٣٨٩

التهذيب في فقه الإمام الشافعي للإمام أبي محمد بن مسعود بن محمد بن الفراء البغوي ج١ص٤٥٢

وقال ابن خيران : أبو علي الحسين بن صالح بن خيران كان من أئمة مذهب الشافعي قال الخطيب كان من افاضل الشيوخ واماثل الفقهاء مع حسن المذهب وقوة الورع واراد السلطان أن يولية القضاء فامتنع واستتر ومر بابه لامتناعه.

الحاوي الكبير ج ١ص٤٩٨

فمذهب الشافعي أنها ترد إلى تمييزها دون عادتها وقال أبو سعيد ألأصطخري وأبو علي بن خيران بل ترد إلى عادتها دون تمييزها إستدلالا بأمرين : أحدهما أن العادة تأتلف والتمييز يختلف والمؤتلف أولى بالإعتبار من الإختلاف والثاني أن العادة متكررة والتمييز منفرد وما تكرر أولى إعتبارا انفرد وهذا خطاء لأمرين : أحدهما أن التمييز صفة محل حيض الإشكال والعادة في غيره والدلالة على الشيئ بصفة أولى من الدلالة عليه لغيره، والثاني أن التمييز دلالة حاضرة والعادة دلالة ماضية والدلالة الحاضرة أول من الدلالة الماضية

 

Bagi Mu'tadah mumayyizah,  pada daur atau bulan-bulan sebelum istihadhoh, ketika darah yang di keluarkan melebihi adatnya maka ia harus tetap menunggu sampai 15 hari, hal ini di karenakan darah yang di keluarkan memungkinkan berhenti sebelum 15 hari, yang tentunya semua akan dihukumi haidl.

Sedangkan untuk daur atau bulan ke-2 setelah istihadohnya, ia harus melakukan ibadah-ibadah seperti shalat, puasa dan lain lain. Sedangkan kewajiban mandinya saat pergantian darah kuat ke lemah sebagaimana mubtada'ah mumayyizah.

 

Referensi :

شرح روضة الطالب الجزء الأول ص ٣٠٣ دار الكتب العلمية

)فرع)المبتدءة المميزة وغير المميزة والمعتادة يتركن الصلاة بمجرد رؤية الدم فإن انقطع لدون يوم وليلة فليس بحيص في حقهن او انقطع لدون خمسة عشر يوما فالكل حيض فإن جاوز الخمسة عشر ردت كل إلى مردها ) وهو للأول الدم القوي وللثانية يوم وليلة وللثالثة دمها القوي أو عادتها (وقضت) كل منهن صلاة وصوم (ما زاد) على مردها (ثم في الشهر الثاني) وما بعده (يتركن التربص ويصلين ) ويفعلن ما تفعله الطاهرة فيما زاد على مردهن لأن الايتحاضة علة مزمنه فالظاهر دوامها . اهى بحذف

فتح الجواد الجزء الأول ص ٨٤-٨٥ مصطفى البابي الحلي

)وتحيض) أي يحكم بحيض المبتدأة والمعتادة (إن عبر) أي جاوز الدم (المرد) وهو يوم وليلة للمبتدأة غير المميزة وأيام العادة للمعتادة غير المميزة (أو ضعف ) الدم في المميزة معتادة كانت أو مبتدأة فلا تصوم ولا تصلي لا حتمال ان لايعبر الخمسة عشر فيكون الجميع حيضا فتتربص لتبين الحال (فإن استمر ) وجاوز الخمسة عشر(بان) الزمن الذي حيضناها فيه (طهرا) فتقضي صومه وصلاته (وفي الدور الثاني تطهر) أي يحكم بأنها طاهرة بمجرد المجاوزة والضعف فتصوم وتصلي ويغشاها الحليل لأن الإساحاضة علة مزمنة فالظاهر بقاؤها اهى.

 

4.     MUSTAHADHOH MU'TADAH GHOIRU MUMAYYIZAH

الصورة الرابعة هي المعتادة بأن سبق لها حيض وطهر كما مر غير المميزة بأن تراه بصفة كما مر أيضا الذكرة لعادتها قدرا ووقتا فترد اليها قدرا ووقتا فلو حاضت في شهر خمسة أيام من أوله مثلا ثم استحيضت فحيضها هو الخمسة في أول الشهر وطهرها بقية الشهر عملا بعدتها وإن لم تتكرر لأن العادة تثبت بمرة إن لم تختلف فإن اختلفت فلا تثبت بمرة (حاشية الباجوري ج ١ ص ١١١(

 

Mustahadloh keempat adalah Mu'taadah Ghoiru Mumayyizah yang ingat kebiasaan haidlnya baik dari segi kadar lamanya ia mengeluarkan darah atau waktu dimulainya keluar darah, wanita yang mengalami seperti ini, haidlnya di kembalikan ke kebiasaanya. Sehingga seandainya kebiasaan haidlnya 5 hari di awal bulan, dibulan berikutnya ia mengalami istihadloh, maka haidlnya adalah 5 hari diawal bulan. Sedangkan hari berikutnya dihukumi suci sesuai dengan adatnya, walaupun adatnya belum terulang karena adat bisa dijadikan acuan meskipun baru sekali, demikian tadi, jika adatmya sama,sehingga ketika adatnya berbeda maka tidak cukup hanya sekali.

 

Wanita ini di bulan pertama dari istihadlohnya, sebelum ia melewati 15 hari, dihitung dari ia mengeluarkan darah, ia tidak diperbolehkan untuk mandi, karena memungkinkan darah terhenti sebelum 15 hari yang tentunya semua akan dihukumǐ haidl. Dan ia harus mengqodlo sholat dihari-hari yang tidak dihukumi haidl, sedangkan di bulan berikutnya, kewajiban shalat, puasa dan mandinya setelah ia melewati adat yang ia alami sebelumnya, karena bulan pertama dari ia mengalami istihadhoh sudah bisa dijadikan acuan untuk bulan berikutnya.

 

فإن تكرر الدور وانتظمت عادتها ونسيت انتظامها أولم تنتظم أولم يتكرر الدور ونسيت النوبةالأخيرة فيهما حيضت اقل النوبة واحتاطت في الزائد كما يعلم مما سيأتي أولم تنسها ردت إليها واحتاطت في الزائد إن كان أولم تنس انتظام العادة لم تثبت إلا بمرتين ، فلو حاضت في شهر ثلاثة وفي ثانيةخمسة وفي ثالثة سبعة ثم عاد دورها هكذا ثم استحيضت في شهر السابع ردت فيه إلى ثلاثة وفي الثامن إلى خمسة وفي التاسع إلى سبعة وهكذا اهى ( بجيرمي على المنهج ج ١ ص ١٢٩(

 

حاشية الشيخ سليمان الجمل جـ اصـ٢٥٠ دارالفكر

)واعلم) أن المعتادة إذاجاوز دمها عادتا أمسكت عما تمسك عنه الحائض قطعا لاحتمال انقطاعه

على رأس خمسة عشر فالكل حيض وإن عبرها قضت ما وراء عادتها وفي الدور الثاني وما بعده إذا عبر أيام عادتا اغتسلت وصامت وصلت لظهور الإستحاضة لأنها تثبت بمرة جزما اهى

 

المجموع شرح المهذب جـ ٢ ص٤١٧

فان استمر بها الدم في الشهر الثاني وجاوز العادة اغتسلت عند مجاورة العادة لانا علمنا بالشهر الاول أنها مستحاضة فتغتسل في كل شهر عند مجاوزة العادة وتصلي وتصوم.

الشرح هذا الذى ذكره متفق عليه ولم يذكروا فيه الخلاف في ثبوت العادة بمرة وقد سبق في الفصل الماضي دليله وهو ان الاستحاضة علة مزمنة فالظاهر دوامها

وقوله علما بالشهر الاول انها مستحاضة يعنى والظاهر بقاء الاستحاضة وقوله وتصلي وتصوم يعنى تصير طاهرا في كل شئ من الصوم والصلاة والوطئ والقراءة وغيرها وانما

اقتصر المصنف على ذكر الصوم والصلاة تنبيها بهما علي ما سواهما: وقوله تغتسل وتصلي وتصوم يعني يجب عليها ذلك وهكذا تفعل في كل شهر فان انقطع دمها في بعض الشهور على خمسة عشر فما دونها علمنا أنها ليست مستحاضة في هذا الشهر وان جميع ما رأته فيه حيض فتدارك ما يجب تدركه من الصوم وغيره وكذا ان كانت قضت في هذه الايام صلوات أو طافت أو اعتكفت تبينا بطلان جميع ذلك لمصادفته الحيض: قال أصحابنا وإذا صامت بعد أيام العادة في الشهر الثاني وما بعده وطافت وفعلت غير ذلك مما تفعله الطاهر المستحاضة صح ذلك ولا قضاء عليها بلا خلاف قالوا ولا يجئ فيه القول الضعيف الذى سبق في المبتدئة فانها تؤمر بالاحتياط الي خمسة عشر وفرقوا بأن العادة قوية والله أعلم.

 

Sebelum kita membahas klasifikasi Mu'tadah Ghoinu Mumayizah berikut hukumnya, ada baiknya kita mengetahui maksud dari istilah-istilah yang terkait erat denganya :

 

)تنبيه) والمراد بالدور فيمن لم تختلف عادتها هو المدة التي تشتمل على حيض وطهر وفيمن اختلفت عادتها هو جملة الأشهر المشتملة على العادات المختلفة كثرت الاشهر أو قلت ع ش على م ر إهى (حاشية الشيخ سليمان الجمل ج ١ ص ٢٥١(

 

A. Daur

 

Pengertian ‘daur’ bagi wanita yang siklusnya sama adalah masa yang mencakup masa haidl dan suci, sedangkan bagi wanita yang siklusnya berbeda, adalah jumlah bulan yang mencakup terhadap adat-adat yang berbeda baik sedikit atau banyak.

 

Contoh: Wanita yang siklusnya sama : Bulan Januari dan Februari ia mengalami haidl selama 7 hari(contoh dua daur).

 

Contoh: Wanita yang siklusnya berbeda : (Daur pertama) bulan Januari 3 hari, Februari 5 hari. (Daur kedua) bulan Maret 3 hari, April 5 hari.

 

و معنى التكرار عود الدور مرة أو أكثر ولو على غير نظم الأول ومعنى الإنتظام كون كل شهر اكثر مما قبله فلو رأت في شهر خمسة ثم في شهر ستة ثم في شهر سبعة أو عكسه فهذا انتظام فإن عاد الدور كذلك فهو تكرار أيضا ولو رأت في شهر ستة ثم شهر خمسة ثم شهر سبعة فهذا عدم انتظام فإن عاد الدور كذلك فهو تكرار أيضا ،وادعي بعدهم أن هذين من الإنتظام أيضا لتوافق الدورين ( قليوبي على الجلال ج ١ ص ١٠٥(

وهذا الإدعاء موفق لما ذكر من التمثيل المذكور في البجيرمي في قوله ( قوله ونسيت انتظامها) أي لم تعرف كيفية دوران الدور بأن لم تدر هل ترتب الدور في نحو المثال الآتي،هكذا الثلاثة ثم الخمسة ثم السبعة أو بالعكس أو الخمسة ثم الثلاثة ثم السبعة أو بالعكس وغير ذلك من الوجوه الممكنة تأمل ع ش . إلخ.....ومال شيخنا المكرم المرحوم أحمد جزولي بن عثمان بن سهل إليه فقال في تمثيلة اثنين ثم خمسة ثم ثلاثة في الدور الأول ثم اثنين ثم خمسة ثم ثلاثة في الدور الثاني هذا انتظام إهى قال ذلك يوم ثاني عشر ذي الحجة سنة ١٣٩٣ هجرية.

 

B. INTIZHOM

 

‘Intizhom’ adalah haidl yang di alami pada bulan ini lebih banyak atau lebih sedikit dari pada bulan sebelumnya. Sehingga jika seorang wanita mengeluarkan darah di bulan Januari 5 hari, Februari 6 hari, Maret 7 hari, atau sebaliknya maka contoh yang demikian dikategorikan intizhom. Kemudian jika adat ini terulang maka ia juga disebut ‘tikror’.

 

Jika di bulan Januari ia mengeluarkan darah 6 hari, Februari 5 hari, Maret 7 hari, maka contoh yang demikian tidak masuk kategori ‘intizhom’, kemudian jika daur seperti ini terulang kembali, maka masuk kategori ‘tikror’, namun sebagian ulama' ada yang berpendapat bahwa dua contoh di atas (5, 6, 7 dan 6, 5, 7) masuk kategori ‘intizhom’. Pernyataan seperti ini selaras dengan contoh yang terdapat dalam kitab Bujayromi 'ala al-Manhaj (atau urutannya 5 hari, 3hari ,7hari) bahkan beliau Al-mukarrom Syaikhuna Almarhum Achmad Djazuly lebih cenderung pada pendapat yang mengatakan ‘intizhom’. Dangan melihat contoh yang pernah beliau sampaikan adalah (pada daur awal 2, 5, 3 kemudian di daur kedua 2, 5, 3 ). Keterangan ini beliau sampaikan bertepatan pada tangal 13 dzulhijah tahun 1393 Hijriyah.

 

Maksud wanita yang lupa ‘intizhom’ atau runtutnya adat adalah wanita yang tidak mengetahui bagaimanakah daur yang ia alami itu berputar, dengan gambaran wanita tersebut tidak tahu persis bagaimanakah urutannya apakah 3, 5, 7 atau sebaliknya 7, 5, 3 atau kemungkinan-kemungkinan yang lain seperti 5, 3, 7 atau sebaliknya 7, 3, 5.

 

C. TIKROR

 

Pengertian ‘Tikrorud daur’(terulangnya daur) ialah kembalinya daur baik sekali atau lebih, walaupun tidak sebagaimana pola atau runtutan yang semula.

 

Klasifikasi Mu'taadah Ghoiru Mumayizah berikut hukumnya :

 

1.     Daur Terulang(‘tikrorru daur’), Adat Berpola(‘intizhom’) dan ingat polanya

 

يتكرر الدور وتنتظم عادتها وتذكر الإنتظام

 

Contoh :

Bulan 1 haid 3 hari

Bulan 2 haid 5 hari

Bulan 3 haid 7 hari

Bulan 4 haid 3 hari.

Bulan 5 haid 5 hari.

Bulan 6 haid 7 hari

Bulan 7 sampai 9 dia mengalami ‘istihadhoh’, maka haidlnya sebagai berikut;

Bulan 7 haid 3 hari.

Bulan 8 haid 5 hari.

Bulan 9 haid 7 hari.

 

Referensi :

 

التحرير مع حاشية الشرقاوي الجزء الاول ص ١٥٥-١٥٦ دار الفكر

)وإلا) بأن كانت غير المميزة معتادة (ف) ترد ( لعادتها) قدرا ووقتا إن كانت حافظة لذلك لكنها في الدور الأول تصير حتى يعبر الدم الخمسة عشر إن تقصت عنها عادتها فتغتسل وتقضي ما زاد على عادتها وفي الدور الثاني تغتسل بمجرد مضي عادتها وتثبت العادت بمرة ومحل ذلك إذا اتفقت عادتها أو اختلفت واتسقت فإن لم تتسق ردت لمتلو الاستحاضة أو نسيت اتساقها اغتسلت آخر كل نوبة.

)وله او اختلفت واتسقت) أي توالت وتتابعت على وزان ونسق واحد فلو حاضت في شهر ثلاثة وفي ثانية خمسة وفي ثالثة سبعة ثم عاد دورها هكذا ثم استحيضت في الشهر السابع ردت فيه إلى ثلاثة وفي الثامن إلى خمسة وفي التاسع إلى سبعة وهكذا لأن تغاقت الأقدار المختلفة قد صار عادة لها فلابد في رد هذه العادة من تكرار الدور مرتين ولا تثبت عادتها إلا بذلك

 

2.     Daur terulang siklusnya berpola, dan wanita tersebut lupa pola, baik ia ingat adat haidl sebelum ia mengalami istihadloh atau lupa, serta baik adat haidl sebelum istihadloh adalah yang terbesar ataupun terkecil.

 

يتكرر الدور وتنتظم عادتها وتنسى انتظام سواء أذكرت النوبة الآخيرة نسيتها وسواء أكانت الأخيرة أكثر النوب أو أقلها.

 

Contoh : Seorang wanita pernah mengalami haidl dengan formasi sebagai berikut :

Daur pertama (bulan 1, 2, 3) : 5, 6, 7

Daur kedua (bulan 4, 5, 6) : 5, 6, 7

Di bulan berikutnya ia mengalami pendarahan selama enam bulan, dan ia lupa susunan pola sebelumnya, maka untuk hukum haidl tiap bulannya adalah 5 hari, sedangkan hari berikutnya dihukumi istihadloh.

 

Referensi :

 

حاشية الشيخ عبد الحميد الشرواني ج ١ ص ٤٣٢ دار الفكر

وأما اذا تكرر الدور وتنتظمت ونسيت انتظامها فتحيض أقل انوب وان كانت ذاكرة للنوب الأخيرة اه

حاشية الشيخ سليمان الجمل ج ١ ص ٢٥١.

وأما إذا تكرر وانتظمت العادة ونسيت الانتظام فانها تحيض أقل النوب سواء أذكرت النوبة الاخيرة أو نسيتها وسواء أكانت الأخيرة أكثر النوب أو أقلها و حينئذ تحتاط للزائد

 

Tanbih:

Perlu untuk diperhatikan, bahwa kewajiban mandi dan melakukan rutinitas sebagaimana shalat dan lain lain bagi wanita ini di bulan pertama istihadloh (bulan ke-7) yaitu setelah darah melewati lima belas hari, sedangkan di bulan berikutnya kewajiban melakukan mandi ikhtiyat untuk melakukan rutinitas shalat dan lain lain, setelah ia melewati hari yang di hukumi haidl(akhir hari ke -5, ke-6 dan ke-7), selain itu pada tanggal tersebut dari segi hukum, satu sisi ia seperti orang haidl, dan di sisi lain seperti orang suci.

 

Referensi :

 

حاشية الشيخ سليمان الجمل ج ١ ص ٢٥١

فالمراد بهذ الاحتياط أنها تغسل عند كل نوبة من الزائد وتكون في هذاه المدة كحائض في أحكام وطاهر في أحكام إهى

 

الشرقاوي الجزء الاول ص ١٥٦ دار الفكر

)قوله أو نسيت انتساقها) أي ونسيت النوبة الأخيرة أيضا وإلا ردت لمتلو الاستحاضة كالذي قبله فترد في ذلك في ثلاث صور إن لم تنتسق عادتها أو لم يتكرر الدور أو تكرار وانتسق ونسيت انتساقها وقد عرفت النوبة الأخيرة في الثلاث وتغتسل آخر كل نوبة في الصور الثلاث المذكورة إن لم تعرف النوبة الأخيرة

 

3.     Daur berulang, adat tidak berpola, lupa pada adat haidl sebelum ia mengalami istihadoh.

 

يتكرر الدور ولم تنتظم عادتها ونسيت النوبة الآخيرة

 

Daur pertama bulan 1, 2, 3 haidlnya 6, 5, 7

Daur kedua bulan 4, 5, 6 haidl-nya 6, 5, 7

Di bulan ke-7 dan seterusnya ia mengalami istihadhoh maka hukum haidlnya di tiap bulan adalah 5 hari.

 

Referensi :

 

حاشية الجمل ج ١ ص ٢٥١-٢٥٢ دار الفكر

الثالثة أن يتكرر الدور ولم تنتظم العادة ، فإن نسيت النوبة الأخيرة حيضت أقل النوبة واحتاطت في الزائد.

4.     Daur berulang, adat tidak berpola, dan ingat adat sebelum ia mengalami istihadhoh.

 

يتكرر الدور ولم تنتظم عادتها ولم تنس النوبة الآخرة.

 

Contoh :

Daur pertama bulan 1, 2, 3 haidlnya 6, 5, 7

Daur kedua bulan 4, 5, 6 haidlnya 6, 5, 7

Di bulan 7 dan bulan-bulan setelahnya ia mengalami istihadhoh, maka yang di hukumi haidl adalah 7 hari dan bila adat sebelumnya ia mengalami istihadhoh dengan jumlah yang terkecil, maka ia harus mandi ihtiyat untuk kelebihannya.

 

Contoh

Bulan 1, 2, 3 haidl-nya 6, 7, 4

Bulan 4, 5, 6 haidl-nya 6, 7, 4

 

Dibulan ke-7 dan seterusnya ia mengalami istihadhoh maka yang dihukumi haidl adalah 4 hari. Dan dibulan ke-8 setelah melewati 3 hari ia harus mandi ketika hendak melaksanakan shalat.

 

حاشية الجمل ج ١ ص ٢٥١-٢٥٢ دار الفكر

الثالثة أن يتكون الدور ولم تنتظم العادة ،فإن نسيت النوبة الأخيرة حيضت أقل النوب واحتاطت في الزائد ، وإن لم تنسها ردت إليها واحتاطت في الزائد إن كان بأن كانت النوبة الأخيرة في مثالها ثلاثة

 

5.     Daur tidak berulang, dan ia lupa adat haid sebelum ia mengalami istihadhoh.

 

لم يتكرر الدور ونسيت النوبة الاخيرة

 

Contoh :

Bulan 1 haid 5 hari

Bulan 2 haid 6 hari

Bulan 3 haid 7 hari

Dibulan ke-4 dan selanjutnya ia mengalami istihadhoh, maka haidlnya tiap bulan adalah 5 hari(adat haid paling sedikit).

 

Referensi :

حاشية الجمل ج ١ص ٢٥٢ دار الفكر

الرابعة أن لا يتكرر الدور ، فإن نسيت النوبة الأخيرة حيضت أقل النوب واحتاطت في الزائد

 

6.     Daur tidak berulang dan ia ingat adat haid sebelum ia mengalami istihadhoh.

 

لم يتكرر الدور وذكرت النوبة الآخرة

 

Contoh

Bulan 1 haid 7 hari

Bulan 2 haid 6 hari

Bulan 3 haid 5 hari

Bulan ke-4 dan seterusnya ia mengalami istihadhoh, maka yang di hukumi haidl adalah 5 hari.

 

حاشية الجمل ج ١ ص٢٥٢ دار الفكر

الرابعة أن لا يتكرر الدور ، فإن نسيت النوبة الأخيرة حيضت أقل النوب واحتاطت في الزائد ، وإن ذكرتها حيضت سواء كانت أكثر أو أقل ولا احتياط خلافا للشارح ، لأن العادت الأخيرة تنسج ما قبلها كما ذكره سم والشيخ سلطان وغيرهما فتأمل اهى شيخنا الأشبولي غن شيخنا الحفني

 

5. MU’TADAH GHOIRU MUMAYYIZAH yang lupa adatnya baik kadar lamanya atau waktunya.

 

الصورة الخمسة هي المعتادة غير المميزة الناسية لعادتها قدرا ووقتا بأن سبق لها حيض وطهر ولم تعلم عادتها قدرا ووقتا فهي كحائض في أحكام كحرمة التمتع بها والقرأة في غير الصلاة احتياطا لأن كل زمن يمر عليها يحتمل الحيض وكطاهر أحكام كوجوب الصلاة والصوم احتياطا لأن كل زمن يمر عليها يحتمل الطهر

 

Mustahadloh yang kelima, adalah Mu'tadaah Ghoiru Mumayizah yang lupa kebiasaan haidlnya, baik dari segi kadar lamanya atau waktunya, mustahadloh ini juga dikenal dengan mutahayiroh. Maksudnya ia dalam keadaan kebingungan. Sebab hari-hari yang ia lalui mungkin haidl dan mungkin suci. Sehingga ia dihukumi sebagaimana orang haidl dalam masalah-masalah sebagai berikut :

§  Bersentuhan kulit dengan suaminya pada anggota yang berada di antara pusar dan lutut.

§  Membaca Al-Qur'an diluar sholat.

§  Menyentuh Al-Qur'an.

§  Membawa Al-Quran.

§  Berdiam di dalam masjid selain untuk ibadah yang tidak dapat dikerjakan di luar masjid.

§  Lewat masjid jika khawatir darahnya akan menetes di masjid.

 

Dan dia dihukumi sebagaimana orang yang suci, dalam masalah:

§  Sholat, baik fardbu atau sunah.

§  Thawaf, baik fardlu atau sunah.

§  Berpuasa, baik fardlu atau sunah.

§  l'tikaf.

§  Thalaq.

§  Mandi.

 

Referensi :

 

البحيرمي على الخطيب الجزء الأول ص ٣٤٧-٣٤٦دار الفكر

فإن نسيت عادتها قدرا ووقتا وهي مميزة فكحائض في أحكامها السابقة لاحتمال كل زمن يمر عليها الحيض لا في طلاق وعبادة تفتقر لنية كصلاة وتغتسل لكل فرض إن جهلت وقت انقطاع الدم.

)قوله في أحكامها السابقة) كتمتع وقراءة في غير صلاة أي كحرمة تمتع وقراءة لأن التمتع والقراءة ليسا حكما فتحرم عليها القراءة وإن خافت نسيان القرآن لتمكنها من إجرائه على قلبها أما في الصلاة فجائزة مطلقا أي فاتحة وغيرها ولو جميع القرآن لأن حدثها غير محقق في كل وقت بخلاف فاقد الطهورين ح ل وق ل. والمراد بالتمتع التمتع بما بين السرة والركبة. والحاصل أنما كالحائض في التمتع والقراءة والمكث في المسجد ومس المصحف وحمله وكالطاهر في الطلاق والصلاة والصوم والاعتكاف والطواف ومحل جواز دخولها المسجد إذا كان لعبادة متوقفة على دخوله كالطواف والاعتكاف ولو مندوبين، وإذا أجرت القرآن على قلبها فتثاب على ذلك لعذرها كما قرره شيخنا ح ف قال ع ش على م ر. فلو لم يكف في دفع النسيان إجراؤه على قلبها ولم يتفق لها القراءة في الصلاة لمانع بها كا شتغالها بصنعة تمنعها من تطويل الصلاة والنافلة جاز لها القراءة، ويجوز لها القراءة للتعلم لأن تعلم القراءة من فروض الكفايات وينبغي جواز مس المصحف وحمله إن توقفت قراءتها عليهما، وإذا قلنابجواز القراءة خوف النسيان فهل يجب عليها أن تقصد بتلاوتها الذكر أو تطلق لحصول المقصود من دفع النسيان مع ذلك؟ قلت: الظاهر انه لا يجب عليها ذلك بل يجوز لها قصد القراءة لأن حدثها غير محقق والعذر قائم بها فلا تمنع من قصد القراءة المحصل للثواب ثم إن كانت قراءتها مشروعة سن للسامع لها سجود التلاوة وإلا فلا كما في ع ش على م ر

 

Tanbih:

Menurut sebagian Ulama: Mutahayyiroh haidlnya adalah hari pertama ia mengeluarkan darah, bahkan ada juga yang mengatakan bahwa hukum haidlnya dikembalikan pada umumnya haidl yaitu enam atau tujuh hari.

 

Referensi :

المجموع شرح المهذب ج ٢ ص٤٣٣ دار الفكر

فإن كانت ناسية للوقت والعدة هي المتحيرة ففيها قولان أحدهما أنها كالمبتدأة التي لا تمييز لها نص عليه في العدد فيكون حيضها من أول كل هلال يوما و ليلة أحد القولين وستا أو سبعا في الآخر.

وتغتسل لكل فرض في وقته لاحتمل الانقطاع حينئذ إن جهلت وقت انقطاع الدم فإن علمته كأن عرفت أنه كان ينقطع عند الغروب فلا يلزمها الغسل الا عند الغروب وتتوضاء لباقي الفرائض لاحتمال الإنقطاع عند الغروب دون ما عداه

                                         

Wanita ini tiap ingin melakukan shalat fardlu, ia harus mandi di waktunya, ketentuan seperti ini jika ia tidak tahu waktu terhentinya darah saat haidl sebelum istihadhoh, sehigga jika ia mengetahui waktu terhentinya, seperti disaat terbenamnya matahari bukan di waktu lainnya, maka kewajiban mandi hanya di saat terbenamnya matahari, sedangkan untuk melakukan shalat fardlu dan lainya, ia cukup wudlu' karena kemugkinan terhentinya darah hanya di saat terbenamnya matahari.

 

وتصوم رمضان ثم شهرا كاملا فيبقى عليها يومان لاحتمال أن يطرأ عليها الحيض في اثناء اليوم الأول مع احتمال كونها تحيض أكثر الحيض فيرتفع على هذا الاحتمال يوم السادس عشر فيصح لها أربعة عشر من كل شهر من الشهرين بثمانية وعشرين يوما فيبقى عليها يومان فتصوم لهما من ثمانية عشر ثلاثة أولها وثلاثة أخرها فيحصلان وهذه المرأة الناسية تسمى متحيرة اه ( الباجوري ج ١ص١١١

 

Ketika hal itu terjadi di bulan ramadhan, maka ia harus puasa sebulan penuh dan ditambah sebulan lagi, sehingga masih dua hari yang semestinya harus di qodho'i karena haidl mungkin terjadi dipertengan hari pertama, juga mungkin itu terjadi selama lima belas hari, sehingga haidl bisa dipastikan berakhir pada pertengahan hari keenam belas.

Dari uraian tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa : Puasa dua bulan yang ia lakukan setiap bulannya, yang dianggap sah hanyalah empat belas hari, dan tentunya ia masih punya kewajiban qodlo dua hari. Sebab mungkin saja dia

sebenarnya haidl 15 hari 15 malam(batas maksimal haidl), sehingga semisal ramadlan 29 hari, puasa yang sah ia lakukan adalah 13 hari, sebab seumpama haidl yang ia alami mulai tanggal 1 siang, haidl tersebut akan berakhir pada tanggal 16 siang. Dan seumpama haidl yang ia alami mulai tanggal 2, maka akan berakhir tanggal 17, dan seterusnya. Sehingga puasa yang sah tetap 13 hari.

Jadi sama halnya, 29 dikurangi 16 hari = 13 hari, puasa yang 13 hari ini, sah secara yakin.

Bila ramadlan berumur 30 hari maka sama halnya : 30 dikurangi 16 hari = 14 hari, puasa yang 14 hari ini, sah secara yakin.

Dari tata cara puasa tersebut, ia masih mempunyai hutang puasa 2 hari, baik usia ramadlan 29 hari ataupun 30 hari.

 

Dengan kalkulasi sebagai berikut:

Jika usia Ramadlan 29 hari, maka 13 (29-16) + 14 (30-16) = 27

Jika usia Ramadlan 30 hari, maka 14 (30-16) + 14 (30-16) = 28

Sedangkan cara menggodlo' yang dua hari, bisa ia lakukan dalam lingkup delapan belas hari, tiga di awal, dan tiga diakhir.

 

Dengan cara seperti ini, hutang puasa 2 hari sudah terpenuhi, sebab:

Jika mulai haidlnya sebenarnya terjadi pada puasa ke-1, maka masa haidl akan berakhir pada puasa ke-4, sehingga puasa yang ke-5 dan ke-6 dihukumi sah, karena jarak antara puasa ke-1 dan ke-4 sudah lebih dari kemungkinan paling  lamanya haidl(15 hari).

Jika mulai haidlnya sebenarnya terjadi pada puasa ke-2, maka puasa yang ke-1 dan ke-6 di hukumi sah.

Jika mulai haidlnya sebenarnya terjadi pada puasa ke-3, maka puasa yang ke-1 dan ke-2 dihukumi sah.

 

Referensi :

روضة الطالبين الجزء الأول صــ ١٨٨ دار الفكر

أما إذا أرادت قضاء أكثرمن يوم فتضعف ما عليها وتزيد يومين فتصوم نصف المجموع متواليا متى شاءت وتصوم النصف الآخر من أول السادس عشر، فإذا أرادت

يومين صامت ثلاثة متوالية متى شاءت ثم أفطرت تمام خمسة عشر ثم صامت السادس عشر والسابع عشر والثامن عشر وإن أرادت ثلاثة صامت أربعة ثم أربعةأولها

السادس عشر وإن أرادت أربعة عشر صامت الشهر كله ولو أنما صامت ما عليها على الولاء متى شاءت من غير زيادة وأعادته من أول السابع عشر وصامت بينهما يومين مجتمعين أو متفرقين إما متصلين بالضوم الأول أو الثاني وإما غير متصلين الخرجت من العهدة. هذا كله في قضاء الصوم الذي لا تتابع فيه وأما المتتابع بنذر أو

غيره فإن كان قدرا يقع في شهر صامت على الولاء ثم صامت مرة أخرى من السابع عشر

تخنة المحتاج الجزء الأول ص ٤٣٧ دار الفكر

)وتصوم رمضان) لاحتمال أنها طاهر جميعه (ثم )تصوم (شهرا)آخر (كاملين) إلى أن قال- (فيحصل) لها بفرض أن رمضان ثلاثون يوما (من كل )منهما (أربعةعشر) يوما لاحتمال أن حيضها الأكثر وأنه طرأ أثناء يوم وانقطع أثناء السادس عشر فيبطل منه ستة عشر يوما فإن نقص رمضان حصل لها منه ثلاثة عشر وبقي عليها ستة عشر فإذا صامت شهرا كاملا بقي عليها يومان هنا أيضا فالكمال في رمضان قيد لغرض حصول الأربعة عشر لا لبقاء اليومين كما هو واضح فلا اعتراض على المتن كما لا يعترض عليه بأنه لا يبقى عليها شيء إذا علمت أن الانقطاع كان ليلا لوضوحه أيضا (ثم) إذا بقي عليها يومان (تصوم من ثمانية عشر) يوما ستة أيام )ثلاثة أولها وثلاثة آخرها فيحصل اليومان الباقيان) لأن الحيض إن طرأ أثناء أول صومها حصل الأخيران أو ثانيه فالأول والثامن عشر او ثالثه فالأولان أو أثناء السادس عشر حصل الثاني والثالث أو السابع عشر فالثالث والسادس عشر أو الثامن عشر فالسادس عشر والسابع عشر ولا تتعين هذه الكيفية كما هو مبسوط في المطولات بل بالغ بعضهم فقال يمكن تحصيلها بكيفيات تبلغ الف صورة وصورة ولعله جميع مسائل الصوم بأنواعه لا في هذه الصورة بخصوصها لبداهة فساده (ويمكن قضاء في يوم) عليها بنذر مثلا (بصوم يوم ثم) صوم (الثالث ) من الأول (والسابع عشر) منه لوقوع يوم من الثلاثة في الطهر بكل تقدير كما علم مما مر ولا يتعين هذا أيضا.

 

6. MUSTAHADHOH MU'TADAH GHOIRU MUMAYYIZAH yang ingat adatnya hanya dalam hal kadar lamanya bukan waktunya.

 

الصورة السادسة هي الذاكرة لعادتها قدرا لا وقتا كأن تقول كان حيضي خمسة في العشر الأول من الشهر لا أعلم ابتداءها وأعلم أني في اليوم الأول طاهرة بيقين والسادس حيض بيقين فالأول طهر بيقين والعشرين الأخيرين والثاني إلى أخر الخامس محتمل للحيض والطهر دون الإنقطاع والسابع إلى أخر العاشر محتمل للحيض والطهر والإنقطاع فلليقين من حيض وطهر حكمه وهي في المحتمل كناسية لهما فيما مر ومعلوم أنه لايلزمها الغسل إلا عند احتمال الإنقطاع ويسمى ما يحتمل الإنقطاع طهرا مشكوكا فيه وما لا يحتمله حيضا مشكوكا فيه إهى ( الباجوري ج ١ص١١١(

 

Mustahadloh keenam, adalah wanita yang ingat kadar lamanya, ia megeluarkan darah, namun ia lupa kapankah darahnya mulai keluar.

 

Contoh : Seorang wanita menyatakan: ‘Saya pernah haidl selama lima hari dalam lingkup sepuluh hari yang awal’(antara tanggal 1-10), namun saya tidak tahu kapankah darah itu mulai keluar, tapi saya benar-benar yakin bahwa tanggal satu suci, sedangkan tanggal enam haidl’.

Jika demikian, maka tanggal 1 di hukumi suci, tanggal 2 sampai 5 adalah hari yang memungkinkan ia haidl dan suci, tanggal 6 dihukumi haidl, sedangkan tanggal 7 adalah hari yang memungkinkan ia haidl dan suci.

 

Perlu difahami bahwa:

·        Hari yang ia yakini suci (tanggal 1), ia harus menjalani hal-hal yang harus dijalani orang suci.

·        Hari yang ia yakini haidl (tanggal 6), ia harus menjalani hal-hal yang harus dijalani orang yang chaidl

·        Pada hari - hari yang ada kemungkinan suci dan haidl (tanggal 2-5 dan tanggal 7-10) ia harus menjalani seperti Mutahayiroh dan kewajiban mandi hanya pada waktu yang memungkinkan darah terhenti (yakni tanggal 7-10).

 

Referensi :

 

البجيرمي على الخطيب الجزء الاول ص ٣٤٨-٣٤٩ دار الفكر

فإن ذكرت الوقت دون القدر أو بالعكس فلليقين من حيض وطهر حكمه وهي في الزمن المحتمل للحيض والطهر كناسية لهما فيما مر. ( قوله فإن ذكرت الوقت الخ) والذاكرة للوقت كأن تقول كان حيضي يبتدئ أول الشهر فيوم وليلة منه حيض بيقين ونصفه الثاني طهر بيقين وما بين ذلك يحتمل الحيض والطهر والإنقطاع . شرح المنهج أي فتغتسل فيه لكل فرض . والذاكرة للقدر كأن تقول كان حيضي خمسة في العشر الأول من الشهر لا أعلم ابتداءها وأعلم أني في اليوم الأول طاهر فالسادس حيض بيقين والأول طهر بيقين كالعشرين الأخيرين والثاني إلى أخر الخامس محتمل للحيض والطهر أي فتتوصأ لكل فرض ولاتغتسل والسابع إلى أخر العاشر محتمل لهما واللانقطاع للأنه إن طرأ الحيص في الثاني فينقطع في السابع وإن طرأ في الثالث انقطع في الثامن وإن طرأ في الرابع انقطع في التاسع وإن طرأ في الخامس ينقطع في العاشر فتغتسل لكل فرض فيها لأنها لاتغتسل إلا عند احتمال الانقطاع

 

7. MUSTAHADHOH MU'TAADAH GHOIRU MUMAYYIZAH yang ingat adatnya hanya dalam hal waktu bukan kadar lamanya.

 

الصورة السابعة هي الذاكرة لعادتها وقتا لا قدرا كأن تقول كان حيضي يبتدئني أول الشهر ولا أعلم قدره فيوم وليلة منه حيض بيقين ونصفه الثاني طهر بيقين وما بين ذلك محتمل للحيض والطهر والإنقطاع فلليقين من حيض وطهر حكمه وهي في المحتمل كناسية لهما كما مر في التي قبلها اهى (الباجوري ج ١ ص ١١١(

 

Mustahadloh ketujuh, adalah wanita yang ingat kebiasaan haidlnya, namun dari segi waktunya saja, tidak kadar lamanya.

 

Contoh:

Seorang wanita menyatakan bahwa haidl yang pernah dialami, mulai dari awal bulan, namun dia tidak tahu berapa lamanya, maka sehari semalam dari awal bulan dihukumi haidl, tanggal 16-30 dihukumi suci, sedang tanggal 2-15 ada kemungkinan haidl, suci dan terhenti.

Dengan demikian maka :

·        Hari yang ia yakini suci (tangral 16-30), ia harus menjalani sebagaimana orang yang suci.

·        Hari yang ia yakini haidl (tanggal 1), ia harus meninggalkan hal-hal yang ditinggalkan wanita haidl.

·        Hari hari yang mungkin haidl dan suci (tanggal 2-15), maka dihukumi seperti mutahayiroh.

Wallahu a’lam.

Post kiriman akun Siti Nur Hidayah di Piss-KTB

 

1. https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/1702746086414859/

2. https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/1702753633080771/

3. https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/1702758086413659/





 

4 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.. Mau tanya ketika haid sudah 8 hari tapi masih keputihan berwarna coklat apakah itu termasuk darah haid atau sudah wajib sholat?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Wr.Wb.
    Pengampuntene Gus..... Dalem Izin Copy Paste

    BalasHapus
  3. Assalamu alaikum... nuwun pangapunten izin copy paste. mugi barokah manfaat

    BalasHapus

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...