Jumat, 18 Desember 2015

Dua Ulama Agung Yang "Tidak Sempat Melaksanakan" Ibadah Haji

Foto Rizalullah.

Al Qodli ibn Hani' berkata :

قال القاضي ابن هانئ : إمامان ما اتفق لهما الحج ، أبو إسحاق ، وقاضي القضاة أبو عبد الله الدامغاني . أما أبو إسحاق فكان فقيرا ، ولو أراده لحملوه على الأعناق . والآخر لو أراده لأمكنه على السندس والإستبرق .

[[Ada dua Imam besar yang belum sempat menjalankan ibadah haji, yaitu imam Abu Ishaq as-Syirozy & Qodli qudlot (gelar hakim tertinggi) Abu Abdillah Addamighoni.
Adapun Imam Abu Ishaq lantaran pilihan hidup beliau sebagai orang miskin, andai beliau mau, pastilah penduduk kota Baghdad tempat beliau menetap akan berebut memberangkatkannya.
Sedang Imam Abu Abdillah lantaran kesibukannya sebagai hakim tertinggi yang tidak memberinya kesempatan untuk menunaikannya]].

Imam Abu Ishaq Al Syirozy adalah pengarang kitab al MUHADZDZAB,
Nama lengkap beliau adalah Syeikh al-Imam Abu Ishaq, Ibrohim bib 'Ali bin Yusuf al-Fairuzabadi al-Syirozy

Demikian luas & detail sekali penjabaran beliau terkait ritual ibadah haji dalam kitabnya AL-MUHADZDZAB, yang jauh lebih lengkap dibanding buku-buku panduan haji milik KBIH manapun, bak seorang yang sudah puluhan kali menjalankan ibadah haji.
Dalam menjelaskan tempat-tempat bersejarah di tanah haram pun demikian gamblang sekali,seakan beliau melihat langsung tempat-tempat itu & memang begitulah adanya.
Dalam kitab "KAROMATUL AULIYA" disebutkankan bahwa diantara karomah beliau, bisa melihat langsung masjidil haram dan ka'bahnya dari kediaman beliau di Baghdad.
Jadi sekalipun secara lahiriyah dan jasmani beliau tidak penah terlihat melaksanakan ibadah haji, Namun dengan karomah yang beliau miliki, melaksanakan haji bukan hal yang sulit. SUBHANALLOH

Kesimpulan : Ibadah haji hanya wajib bagi yang telah MAMPU

Sumber : Siyar A'laami Nubalaa
karya Al-imam Muhammad bin Ahmad bin Utsman Al-dzahabi [Imam Dzahabi]

Wallohu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...