Rabu, 25 Januari 2017

IBADAH LAKSANA SEBUAH POHON



واعلم ان شرط قبول العبادة الاخلاص ، فلو عمل مع عدم الاخلاص لم ينل من الله ثوابا وان صح عمله ظاهرا باستيفاء الشروط والاركان ، فان الرياء حرام فى كل عمل . وقد شبه بعضهم جميع العبادة بشجرة مطلوب ثمرها، فالشروط كالعروق والاركان كاصول اغصانها والابعاض كاغصانها الكبيرة او كالاغصان مطلقا، والهيئات كاغصانها الصغيرة وكاوراقها، والاخلاص كثمرها، فلا تنبت شجرة الا بالعروق ولا يقال لها شجرة الا اذا كان فيها اغصان، واذا كثرت الاغصان كبرت الشجرة، واذا وجد ثمرها حصل مقصود المستنبت وهذه صورتها

Ketahuilah ! bahwa syarat diterimanya sebuah ibadah adalah ikhlas. Jika seorang beramal tanpa disertai ikhlas, maka ia tidak memperoleh ganjaran di sisi Allah SWT walaupun secara lahiriyah amalannya sah karena telah memenuhi syarat dan rukunnya.
Maka sesungguhnya riya` adalah haram (menghalangi untuk diterima) dalam setiap amalan.

Dan sebagian ulama menyerupakan seluruh ibadah dengan sebuah pohon yang dinantikan buahnya, maka Syarat diumpamakan sebagai akarnya, Rukun seumpama batang pohon, Sunah ab'ad laksana cabang ranting yang besar, Sunah hay`at umpama ranting yang kecil dan seumpama daun-daunnya.
Pohon tidak akan tumbuh tanpa akar, tidak dikatakan padanya Sebuah pohon kecuali ada rantingnya, bila rantingnya banyak maka pohonpun tumbuh besar, dan ketika pohon itu berbuah maka hasillah maksud orang yang menanamnya.

Wallahu a'lam. [Mbah Imam Nawawi al-Bantani - Sulamul munajat : 19]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...