Selasa, 24 Januari 2017

STOP HOAX !!! - STATUS FACEBOOK DAN MEDSOS LAINNYA TETAP AKAN DI HISAB Nasihat Buat Diri Pribadi


Ibnu hajar al-asqolani dalam fathul baari memberikan syarah atas sebuah hadits ; [ kata "lisan" secara khusus disebutkan karena ia yang di i'tibar dan menjadi cerminan apa yang ada dalam diri, demikian pula kata "tangan" karena banyak pekerjaan yang dikerjakannya, dan hadits ini (... المسلم من سلم المسلمون من لسانه ويده ) berlaku umum dengan nisbat pada lisan, tidak pada tangan.
 

Karena LISAN sangat memungkinkan mengucapkan (kebaikan atau keburukan) apa yang telah terjadi, sedang terjadi dan apa yang akan datang setelahnya, beda dengan tangan.
Dengan demikian sangat memungkinkan apa yang dikerjakan lisan juga tertuang dalam bentuk tulisan. dan efek sebuah tulisan terlihat sangat dahsyat. [Ibnu Hajar - Fathul Baari]


وخص اللسان بالذكر لأنه المعبر عما في النفس ، وهكذا اليد لأن أكثر الأفعال بها ، والحديث عام بالنسبة إلى اللسان دون اليد ; لأن اللسان يمكنه القول في الماضين والموجودين والحادثين بعد ، بخلاف اليد ، نعم يمكن أن تشارك اللسان في ذلك بالكتابة ، وإن أثرها في ذلك لعظيم .
--------- 

Adab Kedua Tangan

Adapun kedua tangan, peliharalah keduanya dari memukul seorang muslim, atau dipergunakan untuk memperoleh harta yang haram, atau digunakan untuk menyakiti sesama makhluq, atau digunakan dalam berkhianat atas sebuah amanah dan titipan, ATAU MENULIS SESUATU YANG TIDAK BOLEH DI UCAPKAN, KARENA PENA ADALAH SALAHSATU DARI DUA LISAN.
JADI... JAGA DAN PELIHARA PENA/TULISAN DARI APA YANG MENJADI KEWAJIBAN LISAN UNTUK MEMELIHARANYA. [Imam Ghozali - Bidayatul Hidayah]

آداب اليدين
؟وأما اليدان: فاحفظهما عن أن تضرب بهما مسلما، أو تتناول بهما مالا حراما، أو تؤدي بهما أحدا من الخلق، أو تخون بهما في أمانة أو وديعة، أو تكتب بهما ما لا يجوز النطق به، فإن القلم أحد اللسانين، فاحفظ القلم عما يجب حفظ اللسان عنه.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...