Jumat, 13 November 2015

Da'wah Dengan Lemah Lembut Dan Bijaksana Itu Lebih Efektip

Allah Ar-rohmaan Al-hakiim Al-haadiy

حكي ان مجوسيا اتى ابرهيم عليه السلام فاستضافه، فقال له ابرهيم عليه السلام: ما اضيفك حتى تخرج عن دينك وتترك المجوسية وانصرف. فأوحى الله يا ابرهيم ما تضيفه حتى يخرج عن دينه ما ضرك لو اضفته هذه الليلة ونحن نطعمه ونسقيه سبعين سنة وهو يكفر بنا، فلما اصبح ابرهيم عليه السلام طلب المجوسى فوجده فحلف عنه. فقال له المجوسى: ما اعجب امرك بالأمس تطردنى واليوم تطلبنى. فأخبره ابرهيم عليه السلام: أن الله تعالى أوحى الي فى امرك كذا وكذا، فقال المجوسى أيعاملنى رب الأرباب بهذه المعاملة وأنا اكفره. أمدد يدك أشهد ان لا إله إلا الله وأنك رسول الله.
والله اعلم
درة الناصحين ، ص : ٤٩


*** Nabi Ibrohim as di kenal dengan abu dloyif karena beliau sangat menghormati tamu-tamu nya. Bahkan ada dikisahkan bahwa jika isteri beliau selesai memasak,maka nabi ibrohim tidak akan makan sebelum ia pergi dan mencari seseorang untuk ia ajak makan bersama.

SUATU KETIKA
Dikisahkan: Ada seorang majusi (penyembah api) datang kepada Nabi Ibrohim as, ia bertamu kepada nabi Ibrohim as dan meminta suguhan tamu (makanan dan minuman).
Nabi Ibrohim as : "Aku tak akan memberimu makanan atau minuman hingga engkau keluar dari agamamu dan meninggalkan dari menyembah api, jika engaku tidak lakukan hal itu maka tidak ada suguhan untukmu dan silahkan pergi".
Si majusi pun keluar dari rumah nabi Ibrohim tanpa mendapat makanan atau minuman.

Maka kemudian Allah SWT memberikan wahyu kepada Nabi Ibrohim as: " Wahai ibrohim...mengapa engkau hanya akan memberi makan dan minum kepada si majusi tersebut jika ia meninggalkan agamanya, tiada madlorat yang menghampirimu jika engkau memberi makan dan minum pada majusi malam ini (sekalipun orang tersebut tetap penyembah api), Sedangkan aku memberinya makan dan minum selama tujuh puluh tahun padahal ia kufur padaku (ia menyembah api)".

Dan ketika pagi harinya, nabi Ibrohim as mencari si majusi dan ketika beliau menemukannya, beliau mengikutinya dari belakang, rupanya si majusi tahu kalau ia sedang di ikuti oleh nabi Ibrohim.
Majusi berkata: "Mengherankan sekali engkau ini, kemarin engkau mengusirku namun hari ini engkau mencariku".

Kemudian nabi Ibrohim menceritakan bahwa Allah telah memberikan wahyu (Menegur nabi Ibrohim atas perlakuan beliau pada majusi, teguran mengapa nabi ibrohim meminta majusi keluar dari agamanya hanya untuk mendapat suguhan tamu,sedangkan allah tidak meminta apapun kepada si majusi,tetap memberi rizqi makan dan minum sekalipun si majusi kufur selama tujuhpuluh tahun).
Berkata majusi: "Apakah tuhanmu (Allah) sedemikian besarnya memberikan perhatianNya kepadaku selama ini,walau aku kufur kepadaNya (aku malah menyembah api) ?, Wahai ibrohim... ulurkan tanganmu, saksikanlah keimananku pada Allah.
أشهد ان لا إله إلا الله وأنك رسول الله
"Aku bersaksi tiada tuhan yang haq di sembah kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah"

Wallohu a'lam


#‎DurrotunNaashihiin_Hal49‬

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...