Selasa, 05 Juli 2016

Terkait Sholat Sunnah (tahiyatul masjid atau sunah lainnya) Sebelum Dan Sesudah Sholat 'Ied

Terkait Sholat Sunnah (tahiyatul masjid atau sunah lainnya) Sebelum Dan Sesudah Sholat 'Ied


تحفة المحتاج ، ج٣ ، ص ٥٠ -٥١
(وَلَا النَّفَلُ قَبْلَهَا لِغَيْرِ الْإِمَامِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ) إذْ لَا مَحْذُورَ فِيهِ أَمَّا الْإِمَامُ فَيُكْرَهُ لَهُ التَّنَفُّلُ قَبْلَهَا وَبَعْدَهَا، وَمَنْ جَاءَ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فِي الصَّحْرَاءِ سَمِعَ إنْ اتَّسَعَ الْوَقْتُ إذْ لَاتَحِيَّةَ، أَوْ فِي الْمَسْجِدِصَلَّى الْعِيدَ لِحُصُولِ التَّحِيَّةِ فِي ضِمْنِهِ كَمَا مَرَّ وَيُكْرَهُ لَهُ تَنَفُّلٌ زَائِدٌ عَلَى ذَلِكَ إنْ سَمِعَ وَإِلَّا فَلَا.

Tuhfatul muhtaj, Jilid 3 Hal 50-51 (syafi'iyyah)
(Jangan mengerjakan sholat sunah sebelum sholat 'ied bagi selain imam).
Adapun Imam, makruh baginya melaksanakan sholat sunah sebelum dan sesudah sholat 'ied.
-----------------------

IKHTILAF MADZHAB

الكتاب : الموسوعة الفقهية الكويتية
ثانيا : أوقات الكراهة لأمر في غير الوقت
..............
الوقت السابع : قبل صلاة العيد وبعدها :
(8/224)
33 - ذهبت الحنفية إلى كراهة التنفل قبل صلاة العيد في المنزل والمسجد ، وبعد الصلاة يكره التنفل في المسجد ، ولا يكره في المنزل ، لأن « النبي صلى الله عليه وسلم كان لا يصلي قبل العيد شيئا ، فإذا رجع إلى المنزل صلى ركعتين » .
وذهب الحنابلة إلى كراهة التنفل قبل صلاة العيد وبعدها .
وذهب المالكية إلى كراهة التنفل قبلها وبعدها في المصلى في المسجد .
ومذهب الشافعية أنه لا يكره التنفل قبلها ولا بعدها بعد ارتفاع الشمس لغير الإمام

Kitab Al mausu'ah al-fiqhiyyah al-kuwaitiyyah 8/224
No 2 menerangkan waktu makruh untuk satu perkara diselain waktunya.
Waktu no 7 adalah waktu sebelum dan sesudah ied.

=> Hanafiyah :
Makruh mengerjakan sholat sunah sebelum sholat 'ied, baik dikerjakan dimesjid atau dirumah,.
Jika setelah sholat ied, Makruh mengerjakan sholat sunah di mesjid, namun boleh dikerjakandi rumah.
Hadits: " Sesungguhnya Nabi tidak melaksanakan sholat sebelum sholat ied, maka ketika Beliau pulang kerumah, beliau mengerjakan sholat sunah dua roka'at".

=> Hanabilah (ulama hanbaly):
Makruh mengerjakan sholat sunah sebelum dan sesudah sholat ied.

=> Malikiyyah:
Makruh mengerjakan sholat sunah sebelum dan sesudah sholat ied,jika dikerjakan di musholla atau di mesjid.

=> Syafi'iyyah:
TIDAK MAKRUH melaksanakan sholat sunah sebelum dan sesudah sholat 'ied, jika setelah matahari meninggi (sepenggalah/masuk waktu awal dhuha) bagi selain imam.

Wallohu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...