Rabu, 09 April 2014

SYARAH 'UQUUDUL LUJAIN BAG 7.

(وَاعْلَمْ أَنَّهُ أي الشأن  (يَنْبَغِيْ) أي يطلب  (لِلرَّجُلِ أَنْ يُوْصِيَ امْرَأَتَ أي يأمرها،  ويُذكّرها ويستعطف بها. وفي الحديث: {رَحِمَ اللهُ رَجُلاً قَالَ: يَا أَهْلاَه، صَلاَ تَكُمْ، صِيَامَكُمْ، زَكَاتَكُمْ، مِسْكِيْنَكُمْ، يَتِيْمَكُمْ، جِيْرَانَكُمْ، لَعَلَّ اللهَ يَجْمَعُكُمْ مَعَهُمْ فِيْ الجَنَّةِ}   

 
Ketahuilah,bahwa seyogyanya (disunahkan,wajah inbighoo) kepada suami untuk berwasiat dan atau memerintahkannya,mengingatkannya,dan berlaku lemah lembut kepadanya.Dalam sebuah hadits :Allah merahmati yang berkata kepada ahlinya, "Wahai m,tegakkan sholat,laksanakan puasa,tunaikan zakat,kasihi dan sayangi orang miskin dan yatim,serta tetangga,semoga Allah mengumpulkan kalian bersama mereka dalam syurga.

(وَأَنْ يُنْفِقَ عَلَيْهَا عَلَى قَدْرِ وُسْعِه) أي طاقته وقوته  (وَأَنْ يَسْتَحْمِلَ عَلَيْهَا) إذا آذته، بأن < ص 6 > يصبر على إيذائها  (وَيَتَلَطَّفَ بِهَا) بأن يداريها بالمعروف، فإنهن ناقصات عقل ودين. وفي الحديث: {لَوْلاَ أَنَّ اللهَ سَتَرَالْمَرْأَةَ بِالْحَيَاءِ لَكَانَتْ لاَ تُسَاوى كَفًّا مِنْ تُرَابٍ} (وَأَنْ يُسْلِكَهَا سَبِيْلَ الْخَيْرِ) قال الرملي في عمدة الرابح: “ليس له ضربها على ترك الصـلاة  أي بل يقتصر على الأمر، كما قاله عطية”  (وَأَنْ يُعَلِّمَهَا مَا تَحْتَاجُ إِلَيْهِ فِيْ الدِّيْنِ، مِنْ أَحْكَامِ الطَّهَارَةِ)  كالغسل من الحيض والجنابة، وكالوضوء والتيمم  
 
Dan suami diperintahkan untuk menafkahi isterinya/ahlinya dengan kemampuannya,dan seyogyanya menanggung atas isterinya dengan berlaku sabar atas perilaku menyakitkan dari isterinya,dan berlaku lemah lembut  pada isterinya,karena wanita adalah makhluk yang kurang dalam akal dan agamanya.
Imam romli berkata dalam kitab umdatur roobih : tidak diperbolehkan kepada suami memukul isterinya karena ia meninggalkan sholat,namun hanya boleh sampai memerintahkannya dengan cara yang baik.
dan suami diperintahkan untuk mengajari isterinya akan hal-hal yang wajig ia ketahui dalam agama,diantaranya hukum yang berkaitan dengan cara dan kaifiyat bersuci seperti mandi besar dari haidh dan junub,dan seperti hukum serta kaifiyat wudhu dan tayamum

(وَالْحَيْضِ) أي من كل ما يتعلق به، فالذي لا بد من إرشاد النساء إليه في الحيض بيان الصلوات التي تقضيها، فإنها مهما انقطع دمها قبيل المغرب بمقدارركعة فعليها قضاء الظهر والعصر، وإذا انقطع قبيل الصبح بمقدار ركعة فعليهاقضاء المغرب والعشاء. وهذا أقل ما يراعيه النساء. كذا في الإحياء  
 
Dan tentang apa-apa yang berkaitan dengan haidh,Dan sebagian pengetahuan yang harus disampaikan dalam masalah haidh mengqodho sholat (ketika datang haidh setelah masuk waktu dan belum sempat melaksanakan sholat,dan atau ketika terhenti darah haidh sesaat sebelum masuk waktu maghrib,kira-kira tersisa waktu yang cukup melaksanakan satu rokaat sholat,maka wajib si wanita tersebut mengqodho sholat dzuhur dan ashar.atau terhenti darah haidh sesaat sebelum waktu shubuh,kira-kira menyisakan waktu yang cukup untuk satu rokaat,maka wajib atas wanita tersebut mengqodo solat maghrib dan isya,dan hal seperti ini adalah minimal yang harus dipelihara oleh wanita,demikian Imam ghozali menjelaskan dalam kitab Al-Ihya


(وَالْعِبَادَاتِ) أي فرضها وسننها، من صلاة وزكاة وصوم وحج. فإن كان الرجل قائما بتعليمها، فليس لها الخروج لسؤال العلماء. وإن قصر علم الرجل، ولكن ناب عنها في السؤال فأخبرها بجواب المفتي، فليس لها الخروج، فإن لم يكن ذلك فلها الخروج للسؤال، بل عليها ذلك، ويعصى الرجل بمنعها. ومهما تعلمت ما هو من الفرائض عليها فليس لها أن تخرج إلى مجلس علم إلا برضاه.
 
Dan mengajari isteri tentang ibadah,baik yang fardhu maupun yang sunah,baik sholat,zakat,puasa dan ibadah haji.Bila seorang suami bisa memberikan ilmu tersebut kepada isterinya,maka tidak diperbolehkan isteri keluar rumah untuk menanyakannya pada ulama,walaupun kemampuan atau ilmu suami akan hal itu terbatas,Namun diperbolehkan mengutus seseorang untuk bertanya kepada ulama atas pertanyaan atau masalah yang belum diketahui si isteri,dan nanti utusan mengabarkan kembali jawaban dari ulama atas pertanyaan si isteri ,jika ini bisa dilakukan maka seorang isteri dilarang keluar.
Jika suami tidak bisa memberikan ilmu-ilmu yang wajib diketahui oleh isterinya (suaminya bukan seorang aalim) maka diperbolehka pada si isteeri keluar rumah dalam rangka bertanya kepada ulama (menghadiri ta'lim atau majlis-majlis ilmu) bahkan wajib hukumnya.Dan dosa jika suaminya melarangnya.
Namun demikian ketika isteri akan keluar rumah untuk belajar hal-hal yang wajib,maka tetap harus atas ridho dan izin suaminya.
 
(قَالَ اللهُ تَعَالَى) في سورة التحريم  (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا) أي أقرّوا بالإيمان  (قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ) أي من النساء والأولاد وكل من يدخل في هذا لإسم  (نَارًا. قَالَ) ترجمان القرآن سيدنا عبد الله  (ابْنُ عَبَّاسٍ) في معنى ذلك  (فَقِّهُوْهُمْ) أي علموهم شرائع الإسلام  (وَأَدِّبُوْهُمْ) أي علموهم محاسن الأخلاق. وقيل: {أَشَدُّ النَّاسِ عَذَابًا يَوْمَ القِيَامَةِ مَنْ جَهِلَ أَهْلُهُ}.   

Wallahu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...