Kamis, 06 Maret 2014

SEPUTAR JENAZAH BAGIAN 1

BUGHIYATU AL-MUSTARSYIDIN HAL 92

الجنائز
[فائدة]: الموت مفارقة الروح الجسد، والروح جسم لطيف لا يفنى أبداً، وصبيان الكفار كفار في أحكام الدنيا، مسلمون في أحكام الآخرة اهـ عباب.


(FAAIDATUN)
Maut adalah terpisahnya/terlepasnya ruh dari jasad,sedangkan ruh adalah jisim yang lembut yang tidak fana atau tidak rusak selamanya.Adapun anak-anak kecil yang terlahir dari orang tua yang kafir maka dihukumi kafir dlm hukum dunia dan dihikumi muslim menurut hukum akhirat.(selesai-'Ubaab)

فائدة]: سئل أبو بكر عن موت الأهل فقال: موت الأب قصم الظهر، وموت الولد صدع الفؤاد، وموت الأخ قص الجناح، وموت الزوجة حزن ساعة اهـ مغني. ويستحب الاستعداد للموت بالتوبة بشروطها، ولا يحرم التبرم من المقضي كالمرض والفرق دون القضاء ا هـ باعشن.


(FAAIDATUN)
Abu Bakr Shiddiq pernah ditanya tentang meninggalnya ahli atau keluarga,Beliau menjawab : wafatnya seorang ayah adalah pecahnya tulang punggung,wafatnya anak adalah flu nya hati ( kesedihan hati),wafatnya saudara adalah putusnya sayap,dan wafatnya isteri adalah keprihatinan sesaat. (selesai-Mughniy)
Dan disunahkan untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian dengan bertaubat beserta syarat-syaratnya.

فائدة]: ورد أن جبريل عليه السلام يحضر من مات على طهارة من الأمة، فليحرص المريض ومن حضره الموت على طهارته، ويسن أن يقرأ عنده يس لما ورد أنه يموت رياناً ويدخل قبره رياناً اهـ. باعشن. والحكمة قراءة يس على المحتضر اشتمالها على أحوال القيامة وأهواله، وتغير الدنيا وزوالها، ونعيم الجنة وعذاب النار، فيتذكر تلك الأحوال الموجبة للثبات، قيل: والرعد لأنها تسهل خروج الروح، ويجرع الماء ندباً بل وجوباً إن ظهرت أمارات تدل على احتياجه، كأن يهشّ إذا فعل به ذلك، لأن العطش يغلب لشدّة النزع، ولذلك يأتي الشيطان بماء زلال ويقول: قل لا إله غيري حتى أسقيك اهـ تحفة.
(FAAIDATUN)
Dan telah warid "Bahwa sesungguhnya malaikat jibril as turut hadir atas wafatnya seseorang yang dalam keadaan suci (punya wudhu),maka seyogyanya orang yang sedang sakit dan orang yang sedang menghadapi ajalnya untuk senantiasa bersuci.
Dan disunahkan membaca surat Yaasiin disampingnya,karna warid bahwa sesungguhnya ia akan meninggal dalam keadaan bahagia,dan memasuki kuburnya juga dalam keadaan bahagia (tiada keprihatinan).
Adapun hikmah dibacakannya surat Yaasiin disamping orang yang sedang sekarat adalah karna kandungan ayat-ayat dalam surat Yaasiin mencakup kejadian-kejadian pada hari kiamat dan dahsyatnya kiamat,kefanaan dunia,kenikmatan syurga dan adzab neraka,maka Jibril membantu mengingatkan kandungan ayat-ayat tersebut pada orang yang mengalami sekarat untuk tetapnya iman dan islam dalam hati (wafat membawa iman dan islam).
Dan menurut satu pendapat,sunah dibacakan surat Al-Ro'du.Karna surat tersebut memudahkan untuk keluarnya ruh.
Dan sunah hukumnya,bahkan wajib ! meneteskan air dimulut Muhtadhir bila ada tanda-tanda ia memerlukannya,seperti menjilatkan/mengeluarkan lidahnya,isyarat bahwa ia dalam kehausan.Karna orang yang sedang dicabut nyawanya akan merasakan kehausan yg teramat sangat.Dan dalam keadaan demikian,setan datang dengan membawa air yang sangat dingin.dan setan pun berkata : "Katakanlah...tiada tuhan selain aku,maka aku akan memberimu minum" (selesai-Tuhfah)

فائدة]: الأنين خلاف الأولى إن لم يغلبه، أو تحصل به استراحة من الألم، وإلا فمباح وإبداله بنحو تسبيح أولى اهـ باعشن. وقال الحبيشي: وورد أن أنين المريض تسبيح، وصياحه تهليل، ونفسه صدقة، ونومه عبادة، وتقلبه من جانب إلى جانب جهاد في سبيل الله تعالى، ومحل الأنين والصياح مع الغلبة إذ اختيار الأنين مكروه اهـ.

(FAAIDATUN)
Merintih dalam sakit itu khilaful awla dalam keadaan bisa menguasai rasa sakit,atau dalam keadaan reda rasa sakitnya.Namun bila rasa sakit itu teramat sangat,maka merintih dibolehkan.Namun akan lebih baik dari itu jika menggantinya dengan bacaan tasbih (dzikrullah).
Syeikh Al-Habisyi berkata : telah warid "Bahwa merintihnya orang sakit adalah bernilai bacaan tasbih,dan jeritannya bernilai tahlil,nafasnya bernilai shodaqoh,tidurnya bernilai ibadah,dan terbolak baliknya badan dari sisi kanan ke sisi kiri (dan sebaliknya) bernilai jihad fii sabilillah".
Dan kebolehan merintih dan menjerit adalah dalam keadaan menahan rasa sakit yang teramat sangat sehingga tidak bisa menguasai dirinya.jika tidak,maka memilih merintih adalah makruh.

Wallahu a'lamu wa ahkamu


salam : santrialit
malam jum'at yang berkah , 6 maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...