Rabu, 02 Juli 2014

KEAGUNGAN KANJENG SYEIKH ABDUL QODIR JAILANI DAN ROMADHON

Bismillahir rohmaanir rohiim

HIBURAN AULIYA ALLAH

Tabarruk li shohibil qishoh " Syeik Abdul Qodir Al-Jailani " Qoddasallahu sirrohul aziz Wa ta'dziman li Syahril Mubaroki Hadzihi " Romadhon "




المنقبة التاسعة والثلاثون فى إفطاره فى رمضان ببيت سبعين رجلا فى آن واحد رضي الله تعالى عنه 

(ذكروا) أن فى يوم من رمضان دعاه سبعون رجلا فردا فردا ، بغير علم أحدهم بالآخر للافطار فى بيتهم لحصول البركة بحضوره ، فأجاب كل واحد منهم فحضر في بيوتهم وأفطر معهم فى آن واحد وأفطر أيضا في ذالك اليوم فى التكية العلية وشاع هذا الخبر فى بغداد، فخطر فى قلب خادم من الخادمين أن حضرة الغوث ما خرج من التكية فكيف يتصور رواحه إلى بيوتهم وأكل طعامهم فى آن واحد ، فتوجه الغوث اليه وقال هم صادقون فى قولهم  وإنى أجبت دعوة كل واحد منهم وحضرت وأكلت طعامهم فى بيوتهم فردا فردا رضي الله  تعالى عنه

Dalam kitab Tafrijul Khothir Hal 38-38  termaktub :

Manqobah ke 39 menerangkan Bahwa Tuan Syeikh berbuka puasa dirumah tujuh puluh orang yang mengundangnya dalam waktu yang sama.

Para murid tuan syeikh mengatakan : Bahwa pada suatu hari di bulan romadhon,beliau diundang oleh tujuh puluh orang muridnya untuk berbuka puasa di rumah mereka masing-masing,dan masing-masing dari tujuh puluh orang tsb tidak mengetahui bahwa temannya juga mengundang tuan syeikh pada hari dan waktu yang sama. Mengundang beliau tentunya mengharap keberkahan dengan kehadiran beliau di rumah mereka.

Subhanallah...! dengan karomah tuan syeikh,beliau menghadiri undangan ke tujuh puluh muridnya pada waktu bersamaan pada maghrib hari itu.beliau hadir dan memakan makanan yang telah disediakan masing-masing muridnya. Namun anehnya pula tuan syeikh pada maghrib hari itu berada di kediamannya dan disaksikan kehadirannya oleh segenap para murid di pesantrennya.

Maka tersebarlah cerita ini di kota baghdad,maka bergumam salah satu khodim beliau ( santri yang membantu beliau di kediaman beliau ) : " bagaimana bisa dijelaskan bahwa ruh tuan guru bisa menghadiri undangan berbuka puasa atas tujuh puluh orang paada waktu bersamaan namun tempat berbeda ? ".

Tuan Syeikh mengetahui apa yang dikatakan hati salah seorang khodimnya,kemudian beliau berkata : " Mereka (70 orang yang mengundang) berkata benar,Aku menghadiri undangan mereka dan aku memakan hidangan berbuka puasa mereka pada waktu bersamaan dari tempat berbeda , undangan mereka semua aku hadiri". [ Rodhiyallahu ta'ala 'anhu]

Jadi pada maghrib hari itu Tuan syeikh membelah dirinya menjadi  71 bagian....subhanallah !!!

Demikian salahsatu karomah tuan Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani QS

Semoga karomah beliau juga menyapa kita dan keberkahan romadhon memeluk kita , amin ya robbal 'alamin

Allahumma sholli 'ala Muhammad
Ya robbi sholli 'alaihi wa sallim
Quthub Robbani wal 'arifish shomadani
Sayyid syeikh muhyiddin abdul qodir jailani
Hasan wal husain ibnai 'Ali wal Fathimah
Binti Rosulillah Muhammad Ya Habiballah

Wallahu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...