Rabu, 16 Juli 2014

SANDAL JELEK....AKU IRI PADAMU


Bismillahir Rohmaanir Rohiim
حدثنا إسحاق بن نصر حدثنا  أبو أسامة عن أبي حيان عن أبي زرعة عن  أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لبلال عند صلاة الفجر يا بلال حدثني بأرجى عمل عملته في الإسلام فإني سمعت دف نعليك بين يدي في الجنة قال ما عملت عملا أرجى عندي أني لم أتطهر طهورا في ساعة ليل أو نهار إلا صليت بذلك الطهور ما كتب لي أن أصلي قال أبو عبد الله دف نعليك يعني تحريك


Dari Abu Hurairah radhiyallaahu anhu, Bahwasanya Nabi SAW pernah bersabda kepada Bilal selepas shalat subuh : "Ceritakan kepada saya satu amalan yang paling engkau andalkan dalam Islam, karena sesungguhnya pada suatu malam saya mendengar suara sandal kamu berada di pintu surga", Bilal berkata : “Saya tidak melakukan sesuatu apapun yang lebih baik melainkan saya tidak pernah bersuci dengan sempurna pada setiap saat, baik malam maupun siang hari kecuali saya selalu melakukan sholat sebanyak yang mampu saya kerjakan”. (HR. Al-Bukhari)

ilustrasi santrialit : sandal wong sugihilustrasi santrialit : sandal wong sugihilustrasi santrialit : sandal wong kereilustrasi santrialit : sandalku

Suatu hari secara tidak sengaja sepasang sandal petani bertemu dengan teman lamanya, sandal raja.
Sandal raja tampak sangat sehat, sama seperti terakhir kali sandal petani menjumpainya di toko. Berbeda dengan sandal petani, terlihat lusuh dan kurus.
Sandal raja bertanya kepada sandal petani "Mengapa badanmu terlihat lusuh dan sangat kurus?"
Dijawablah olehnya "Aku begitu keluar dari toko lansung diinjak-injak oleh kaki kasar tuanku. Dibawa kemana-mana. Tubuhku selalu kotor oleh tanah. Sesampainya di rumah tuanku, aku dibersihkan, tapi aku dibiarkan saja di luar.
Lalu sandal petani bertanya balik "Mengapa kamu tetap baru, rapi dan begitu sehat?"
Dijawabnya "Hahaha kasihan kamu,
Aku begitu keluar dari toko, lansung diberi parfum oleh orang-orang yang tak kukenal. Sesampainya di sebuah rumah yang sangat indah (istana) aku ditempatkan di salah satu ruangannya. Dipakai oleh kaki mulus dan wangi tuanku. Perpindahanku cuma disekitar kamar tidur dan ruang tamu saja.
"Pernahkah engkau mampir ke Masjid?" tanya sandal petani.
"belum pernah" jawab sandal raja
Sandal petani berkata lagi,
"Ketahuilah, walaupun keadaanku seperti ini adanya, setiap hari aku selalu mampir di Masjid-Masjid.
Dipinjam teman-teman tuanku bila aku senggang. Meskpun aku jelek tapi aku selalu bersyukur kepada Tuhan karena aku tidak dipandang manusia bukan karena nilai tapi yang dipandang adalah sebuah manfaat."
Akhirnya menangislah sandal raja karena merasa besar, hebat, tinggi tapi tidak begitu bermanfaat selama ini.

Hikmah dan kesimpulan

Jadi bukan seberapa besar anda,tapi seberapa bermanfaat anda.
Karena kebesaran anda bukanlah untuk kesombongan.


Sumber Hadits
- Fathul baari
*** http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=2123&idto=2124&bk_no=52&ID=741
*** http://www.sonnaonline.com/DisplayExplanation.aspx?ExplainId=95312,121212&HadithID=373229

- Hadits tersebut diatas,selain dimuat dalam Fathul Baari juga dimuat dalam kitab-kitab hadits mu'tabaroh

*** Shohih Muslim
*** Sunan Turmudzi
*** Sunan Ibnu Majah
*** Musnad Imam Ahmad
*** Syarah Imam Nawawi 'Ala Muslim
*** Hasyiyah As-Sanadi 'ala Ibni Majah
*** Tuhfatul Ahwadzi
*** Al-Bidayah Wan-Nihayah
*** Mustadrok 'Ala Al-Shohihaini
*** Mirqotul Mafatih Syarh Misykatul Mashobih
*** Al-Mu'jam Al-Kabir
*** Al-Mu'jam Al-Ausayh
*** Al-Mu'jam Al-shoghir
*** Majma'u Al-Zawaaid wa Manba'ul Fawaaid
*** Hilyatul Auliya Wa Thobaqotul Ashfiya
http://library.islamweb.net/newlibrary/TreeCategory.php?ID=31558

- Tabarrukan pada shohabat nabi yang mulia "Bilal Bin Robbaah Al-Habsyi" , berikut biografinya :
http://library.kiwix.org/wikipedia_ar_all/A/html/%D8%A8/%D9%84/%D8%A7/%D9%84/%D8%A8%D9%84%D8%A7%D9%84_%D8%A7%D9%84%D8%AD%D8%A8%D8%B4%D9%8A.html

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang selalu mensyukuri nikmat dan memberi manfaat untuk semesta alam serta dijauhkan dari sifat sombong


santrialit , kamis 17 juli 2014 M 00:15 / malam ke 19 romadhon 1435 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...