Jumat, 19 Desember 2014

AKU DAN KUTUB-ku.

Aku dan Kutub-ku





إذا اعتللت فكتب العلم تشفيني  ***  فيها نز اهة الحاظي وتزييني
 
إذا اشتكيت إليها الهم من حزن  ***  مالت إلي تعزيني و تسليني

حسبي الدفاتر من دنيا قنعت بها  ***  لا أبتغي بدلا منها ومن ديني


Apabila aku sakit maka kitab-kitab ilmu dapat menyembuhkanku ***
Di dalamnya terdapat kesenangan pandangan dan perhiasanku.

Apabila keluhan rasa sedih dan gundah terasa olehku ***
Ia akan menuju kepadaku untuk berbelasungkawa dan menghiburku.

Cukuplah kitab-kitab itu bagiku dari dunia yang aku telah puas dengannya ***
Aku tidak ingin mencari penggantinya dan tidak pula aku mengganti agama
".

sumber : Taqyidul 'Ilmi Lil-Khothib Al-Baghdadi

ياسمين عزة الحق


 اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا وَأَوْلاَدَنَا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَالْخَيْرِ وَلاَ تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِّ وَالضَّيْرِ.

Ya Allah, jadikanlah kami dan anak-anak kami ahli ilmu dan kebaikan, dan jangan jadikan kami dan mereka orang-orang yang selalu berbuat kejelekan dan kejahatan.

اَللَّهُمَّ انْفَعْناَ بِمَا عَلَّمْتَناَ وَعَلِّمْناَ مَا يَنْفَعُناَ وَزِدْناَ عِلْماً.

Ya Allah, berikanlah kemanfaatan apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami, ajarilah kami sesuatu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu kami.
Amin.

Dalam kalimah lain yang biasa dibaca guru kami adalah

اللهم انفعنا بما علمتنا وعلمنا بما ينفعنا وارزقنا علما ينفعنا
Allahumma nfa'naa bimaa 'allamtanaa , wa 'allimnaa bimaa yanfa'unaa , warzuqnaa 'ilman yanfa'unaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...