Selasa, 16 Desember 2014

KALAM HIKMAH


Aku menjalin hubungan dengan empat macam manusia
Pertama , Dengan orang yang lebih pengetahuannya daripadaku,darinya aku mendapat banyak faidah.
Kedua , Dengan orang yang selevel/semitsil pengetahuannya denganku, dengannya aku bisa mudzakaroh (mengingatkanku/saling mengingatkan).
Ketiga , Dengan orang yang mau belajar bersama denganku,darinya aku mendapat ganjaran dan pahala
Keempat , Dengan orang yang lebih rendah pengetahuannya dariku,Namun ia menilai dirinya lebih mengetahui dariku, darinya aku tidak melihat sesuatu yang bisa aku ambil manfaatnya.
________________
Syu'bul Iman _ Imam Baihaqy

أخبرنا أبو عبد الله الحافظ ، قال : سمعت أحمد بن الفضل الأديب بهمدان ، يقول : حدثنا الصولي ، حدثنا أبو العباس ، قال : حدثنا أبو عثمان المازني ، حدثنا أبو الحسن الأخفش ، عن الخليل بن أحمد ، أنه قال : « إنما كنت ألقى من الناس أربع رجال : رجلا أعلم مني فهو فائدتي ، أو رجلا مثلي فهو يوم مذاكرتي ، أو رجلا متعلما مني فهو ثوابي وأجري ، ورجلا دوني يرى أنه فوقي فذلك الذي لا أنظر إليه »
_________________
شعب الايمان للبيهقي

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...