Sabtu, 15 Februari 2014

BEBERAPA FADHILAH DARI GUDANG FADHILAH SHODAQOH

BEBERAPA FADHILAH DARI GUDANG FADHILAH SHODAQOH

7 Februari 2014 pukul 21:28
Termaktub dalam kitab "DURROTUN NASHIHIN" Hal 23-24 dalam kitab tersebut menggunakan lafadz "Waruwiya 'An Al-Nabi SAW "

ﻗﺪ ﻭﺭﺩ ﺃﻥ ﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﺇﺫﺍ ﺧﺮﺟﺖ ﻣﻦ ﻳﺪ ﺻﺎﺣﺒﻬﺎ ﺗﻜﻠﻤﺖ ﺑﺨﻤﺲ ﻛﻠﻤﺎﺕ: الأولى كانت صغيرة فكرتنى والثانية كنت حارسى فالآن صرت حارسك والثالثة كنت عدوا فأحببتنى والرابعة كنت فانية فأبقيتنى والخامسة كنت قليلة فكثرتنى

Diriwayatkan dari baginda Nabi SAW Sesungguhnya beliau berkata : Shodaqoh itu ketika keluar dari tangan pemiliknya,maka ia (shodaqoh) berkata pada pemiliknya dengan lima kalimat.

PERTAMA
Ditanganmu aku kecil,kini engkau telah membuat aku besar.
KEDUA
Ditanganmu aku selalu engkau jaga,sekarang akulah yang menjadi penjagamu
KETIGA
Ditanganmu aku ini musuhmu,kini engkau telah menjadikan aku kekasihmu (kini aku menjadi kekasihmu)
KEEMPAT
Ditanganmu aku hanya barang yang fana,kini engkau menjadikan aku kekal.
KELIMA
Ditanganmu aku ini sedikit,kini engkau melipat gandakanku.

=================================
ﻓﺎﺋﺪﺓ (ﺫﻛﺮ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻲ ﻓﻲ ﺧﻤﺎﺳﻴﻪ ﺃﻥ ﺛﻮﺍﺏ ﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﺧﻤﺴﺔ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﺑﻌﺸﺮﺓ ﻭ ﻫﻲ ﻋﻠﻰ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺴﻢ ﻭ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﺑﺘﺴﻌﻴﻦ ﻭ ﻫﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﻋﻤﻰ ﻭ ﺍﻟﻤﺒﺘﻠﻰ ﻭ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﺑﺘﺴﻊ ﻣﺎﺋﺔ ﻭ ﻫﻲ ﻋﻠﻰ ﺫﻱ ﻗﺮﺍﺑﺔ ﻣﺤﺘﺎﺝ ﻭ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﺑﻤﺎﺋﺔ ﺃﻟﻒ ﻭ ﻫﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺑﻮﻳﻦ ﻭ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﺑﺘﺴﻌﻤﺎﺋﺔ ﺃﻟﻒ ﻭ ﻫﻲ ﻋﻠﻰ ﻋﺎﻟﻢ ﺃﻭ ﻓﻘﻴﻪ ~ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ ١٠٧ ~

)faidah) Imam As-Suyuthi dalam kitab khumasinya membagi shadah menjadi 5 :
1. shadaqah yg pahalanya 10 x lipat,yaitu shadaqah kpd orang yg sehat wal afiyat
2. shadaqah yg pahalanya 90 x lipat,yaitu shadaqah kpd orang buta dan yg terkena musibah
3. shadaqah yg pahalanya 900 x lipat,yaitu shadaqah kpd kerabat yg membutuhkan
4. shadaqah yg pahalanya 100 rb x lipat,yaitu shadaqah kpd kedua orang tua
5. shadaqah yg pahalanya 900 rb x lipat,yaitu shadaqah kpd ulama atau fuqaha'

kitab Bughyatul Mustarsyidin : 107
------------------------------------------
semoga bermanfa'at
Salam @ santrialit buat hamba Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...