Sabtu, 22 Februari 2014

REVIEW TAHAFUT AL-FALASIFAH part I

                    SEKILAS TENTANG AL-GHOZALI

Tokoh yang juga sering disebut Al-Ghazali [za`tasydid] yang berasal dari kata ghozzal yang berarti
tukang pintal benang,karena ayahnya adalah tukang pintal benang wol,dilahirkan dikota thus [sekarang meshed,iran].Ia beranjak menjadi remaja yang terkenal cerdas dan berkemauan tinggi.Setelah belajar pada tokoh-tokoh yang berbeda dizamannya dikota thus,ia melanjutkan kehausannyaakan ilmu ke kota-kota di asia tengah.Baru setelah ia dikenal  saebagai toko yang kredibel,ia diangkat sebagai guru besar di madrasah An-Nidhomiyah Baghdad yang didirikan Wazir Nizam A-Mulk.
Pada masa diataslah al-ghozali menyampaikan pemikiran-pemikirannya dan serangan-serangannya pada paham non kerajaan [penganut madzhab syafi'i dan asy'ari] seperti aliran bathiniyyah yang dinilai telah lepas dari syari'at dan tiada mengindahkan perintah kerajaan sehingga membuat aliran bathiniyyah kebakaran jenggot.Serangannya berlanjut pada para filosof yang bagi al-ghozali selama ini sering dianggap sbg kelompok yg tidak tersentuh.Serangannya tersebut bisa kita lihat dalam bukunya tahafutil falasifah.

                 DUA PULUH SERANGAN AL-GHOZALI

Tahafutil falasifah adalah kitab yang dibuat al-ghozali saat ia menjabat di madrasah an-nidhomiyah-baghdad.Isi dari tahafutil falasifah adalah sanggahan-sanggahan al-gozali pada hasil pemikiran filsafat yunani yang dibawa oleh Ibnu Sina dan Ibn 'Aroby.
Terdapat dua puluh perkara pemikiran filsafat yang dikritik dan coba diruntuhkan oleh al-ghozali.Dalam dua puluh perkara tsbterdapat tiga persoalan yang oleh al-gozali dibantah
logikanya dan dibantah hasil pemikirannya serta dikafirkan jika mempercayainya.Yaitu : Keqodiman alam,Allah tidak mengetahui partikularia [tafshili],Dan pengingkaran filosof akan kebangkitan jasmani dihari akhir.Sedangkan 17 persoalan sisanya adalah persoalan-persoalan yang dibantah logikanya tapi belum tentu substansinya.
Sebenarnya logika al-ghozali dalam mengemukaka pendapatnya bukanlah hal yang asing bagi kita,karena para pakar ilmu kalam abad pertengahan yang belajar dipesantren juga mengunakannyadalam menjelaskan ilmu tauhid.

1.             SANGGAHAN ATAS KEQODIMAN ALAM

Disini al-ghozali menyanggah teori emanasi Ibnu Sina. bagi al-ghozali alam adalah sesuatu yang  baru [huduts] dan bermula.sedangkan yang qodim hanyalah Allah.

2.             SANGGAHAN TERHADAP TEORI KEABADIAN [ABADIYYAH] ALAM,                                   MASA DAN RUANG
a
Seperti kita ketahui dalam filsafat,benda [materi],masa [waktu] dan ruang adalah timbul pada saat bersamaan dengan materi,Masa adalah ukuran  jarak waktu dari materi,dan Ruang adalah dimana materi berada.Bagi filosof benda [materi] itu abadi [mungkin sama dengan keabadian energy dalam fisika].Al-ghozali membantahkeniscayaan tsb,baginya jika Allah berkehendak untuk menghancurkan alam dan meniadakannya [i'dam] maka hancurlah alam ini dan tiada pulalah ia.

 3.             KERANCUAN PARA FILOSOF DALAM MENJELASKAN BAHWA TUHAN ADALAH PENCIPTA ALAM DAN ALAM ADALAH CIPTAANNYA,DAN KETERANGAN BAHWA HAL TERSEBUTADALAH MAJAZ [PERUMPAMAAN] DAN BUKAN HAKIKATNYA   

Disini kritik al-ghozalilebih kepada pendapat filosofyg mengatakan bahwa Allah tidak  bersifat.Dan jika Allah adalah pencipta seperti apa yang kita ketahui selama ini,maka pencipta haruslah berkehendak [muriid] terlebih dahulu,yang memilih [mukhtar] dan mengetahui dgn apa yang di kehendakiNya.Dan bagi para filosof,Tuhan tiadalah dzat yg berkehendak,karena kehendak adalah sifat,sedangkan tuhan adalah dzat yang suci dari segala sifat.Dan segala sesuatu yang timbul dariNya adalah suatu konsekwensi yang mesti [luzum dhoruri].
Hal kedua bagi filosof yang tdk mungkin terjadikarena alam adalah qodim,adapun perbuatan [fi'il] adalah baru [hadits].
Ketiga,Tuhan itu satu dan tidak timbul dariNya kecuali yg satu,dan alam adalah Murokkab {berjumlah/bersusun] dari banyak segi ,maka menurut para filosof bagaimana mungikinsesuatu yg murokkab dapat timbul dari sesuatu yang satu.Dan al-ghozali menolak ketiga hal diatas [hal 134-154]

bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Qonun Asasi Nahdlatul 'Ulama

  MUQODDIMAH_QONUN_ASASI_NU (Pendahuluan Fondasi Dasar Jam'iyyah NU)   Jam'iyyah Nahdhotul 'Ulama' mempunyai garis...